Cara menghapus cache pencarian Google di Android (dan mengapa Anda harus melakukannya)

Apakah kamu tahu bahwa perangkat Androidmu menyimpan pencarian Googlemu? Banyak situs dan layanan dapat menggunakan data tersebut untuk mempersonalisasi iklan dan rekomendasi lainnya.

Untuk beberapa orang, tingkat personalisasi tersebut membuat penggunaan platform menjadi lebih mudah. Namun, di era modern ini, dimana perusahaan dan situs dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat gambaran yang sangat spesifik tentang kamu dan penggunaan webmu, hal tersebut bisa dianggap sebagai pelanggaran privasi. Ini bisa menjadi masalah jika kamu secara tidak sengaja mencari hal yang salah, hanya untuk kemudian menemukan iklan terkait yang masuk dalam kategori, “Kenapa saya melihat ini?” Saya pernah melihat mata orang lain melebar ketika iklan muncul di ponsel mereka yang seharusnya atau tidak seharusnya mereka lihat. Bagi mereka yang menghargai privasi, penting untuk mengambil kembali kendali atas seberapa banyak riwayat pencarian browser yang disimpan dan kapan itu dihapus.

Saya akan membimbing kamu melalui proses keduanya – menghapus cache pencarian itu secara manual dan mengonfigurasi Android untuk menghapus data yang disimpan secara otomatis.

Juga: Ponsel Android terbaik saat ini

Saya akan membimbing kamu melalui proses keduanya – menghapus cache pencarian itu secara manual dan mengonfigurasi Android untuk menghapus data yang disimpan secara otomatis.

Juga: Cara menghapus cache di ponsel atau tablet Androidmu

Bagaimana cara menghapus cache pencarian Google secara manual

Apa yang kamu butuhkan: Untuk melakukan ini, kamu membutuhkan perangkat Android yang terhubung ke akun Googlemu. Saya akan memperlihatkannya pada Pixel 6 Pro yang menjalankan Android 14 dengan patch keamanan terbaru yang diterapkan.

Juga: Cara mengaktifkan Riwayat Pemberitahuan di Androidmu

Proses ini seharusnya berfungsi sama pada sebagian besar perangkat Android modern. Namun, jika kamu menemukan instruksi tersebut tidak berlaku untuk perangkatmu, mungkin perlu sedikit riset untuk mengetahui cara melakukannya pada versi Android yang lebih lama.

MEMBACA  Memahami Permintaan dan Penawaran Agregat

Mari mulai bekerja.

Dari App Drawer Androidmu, buka aplikasi Google. Pada jendela yang muncul, ketuk gambar profilmu di sudut kanan atas.

Aplikasi Google berjalan pada Pixel 6 Pro.

Dari menu yang muncul, ketuk Riwayat Pencarian.

Menu aplikasi Google memudahkan untuk dengan cepat menghapus 15 menit terakhir riwayat pencarianmu.

Sebelum kamu bisa mendapatkan akses ke dropdown Hapus, kamu harus memverifikasinya. Untuk melakukannya, ketuk tombol Verifikasi dan kamu akan diminta untuk memasukkan PIN, pola, kata sandi, sidik jari, atau pemindaian wajah (tergantung pada bagaimana kamu mengonfigurasi Android untuk proses penguncian).

Setelah verifikasi berhasil, kamu seharusnya melihat dropdown Hapus.

Setelah kamu memverifikasi bahwa itu adalah kamu, dropdown Hapus akan menjadi tersedia. Pilih rentang waktu yang ingin kamu hapus (Hapus Hari Ini, “Hapus rentang kustom,” “Hapus semua waktu,” atau “Hapus secara otomatis.”) dan Android akan mengosongkan cache untuk rentang yang ditentukan tersebut. Kamu tidak akan diminta untuk menyetujui penghapusan, itu hanya akan terjadi. Setelah dihapus, cache tersebut hilang.

Juga: Cara menghapus cache di iPhone-mu

Dari jendela yang sama ini, kamu dapat menjelajahi riwayatmu dan menghapus pencarian tertentu.

Kamu harus memverifikasi terlebih dahulu bahwa itu adalah kamu sebelum melanjutkan.

Penyiapan penghapusan otomatis

Jika kamu lebih suka hal-hal dilakukan secara otomatis, Google telah membuatnya mungkin untuk mengatur cache untuk dihapus secara otomatis. Untuk melakukannya, kembali ke tempat yang sama di mana kamu menjalankan penghapusan manual dan ketuk entri Hapus Otomatis (Matikan). Pada jendela yang muncul, ketuk untuk mengaktifkan Aktivitas Hapus Otomatis dan kemudian, dari dropdown, pilih rentang tanggal yang akan dihapus.

Mengaktifkan penghapusan otomatis sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang mengurus proses tersebut secara manual.

MEMBACA  Bagaimana Stres Dapat Membuat Kanker Menyebar

Kamu dapat memilih dari tiga, 18, atau 36 bulan. Setelah kamu membuat pilihanmu, ketuk Lanjutkan lalu ketuk Konfirmasi untuk menyelesaikan penyiapan.

Juga: Cara menghapus cache browser Opera

Dan itulah semua yang perlu dilakukan untuk menghapus cache pencarian Googlemu (baik secara manual maupun otomatis). Jika kamu khawatir tentang privasi onlinemu, pertimbangkan ini sebagai keharusan. Dan ingat, karena kamu hanya bisa mengatur penghapusan otomatis untuk minimum tiga bulan, kamu mungkin ingin secara teratur kembali ke layar tersebut dan menghapus cache secara manual (untuk menjaga perangkat Androidmu agar tidak menyimpan item yang sudah dicache yang tidak lebih dari tiga bulan).