Cara Melihat Meteor Quadrantid pada Tahun 2024

Berharap memulai tahun baru dengan pemandangan indah dari hujan meteor? Anda bisa dibilang beruntung karena malam tanggal 3 Januari dan pagi awal tanggal 4 Januari akan memberikan kesempatan lumayan untuk melihat Quadrantids.

Semakin terang bulan di langit, semakin sedikit detail yang akan Anda lihat, dan dalam hal itu, tahun ini akan baik tetapi tidak begitu bagus untuk para penggemar Quadrantids. Tahun lalu, sebaliknya, bulan hampir purnama saat puncak Quadrantids – berita buruk bagi para pengamat bintang. Tahun 2024 terlihat sedikit lebih baik, dengan bulan pada tingkat penerangan sekitar setengah.

Kapan melihat Quadrantids

SEE ALSO:

Pengamat asteroid amatir yang waspada memantau batu-batu ruang yang mengancam

Setiap tahun, sekitar tanggal 1 hingga 5 Januari, hujan meteor ini tiba, dan akan ada beberapa aktivitas meteor yang terlihat setiap malam selama jendela waktu tersebut – meskipun malam tanggal 3 Januari dan pagi awal tanggal 4 Januari adalah waktu terbaik. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah setelah tengah malam, atau setiap kali titik radiasi meteor, konstelasi Bootes, terlihat di langit malam.

Menurut American Meteor Society, jam puncaknya adalah “antara jam 1-5 pagi setempat” untuk lokasi di Amerika Utara, tetapi seperti biasa, periksa jadwal lokal Anda, dan ingatlah bahwa cuaca tidak mengikuti keinginan kalender pengamatan bintang.

Mashable Light Speed

Apa itu ‘Quadrantid’?

Jika pelajaran astronomi terakhir Anda sudah berdekade lalu, mungkin Anda sudah lupa apa itu meteor, dan tidak ada yang memalukan dalam hal itu. Ya, mereka adalah hal yang sama dengan “bintang jatuh,” tetapi nama itu sangat menyesatkan karena meteor hanyalah partikel debu angkasa kecil yang terbakar di atmosfer Bumi. Mereka juga tidak berjarak tahun cahaya dari mata kita seperti bintang-bintang. Sebaliknya, mereka berjarak beberapa puluh mil.

MEMBACA  Rapat Jumat: Sam Bankman-Fried Dihukum 25 Tahun

Partikel debu angkasa khusus ini kemungkinan besar berasal dari komet bernama 2003 EH1, ditemukan pada tahun yang sama dengan namanya. Ketika orbit Bumi membawa kita berulang kali melalui jejak sisa-sisa kosmik komet tersebut, partikel debu – atau meteoroid – bertabrakan dengan atmosfer kita, menghasilkan pertunjukan cahaya yang kita sebut hujan meteor.

Cara melihat Quadrantids

Untuk berharap melihat pertunjukan yang mengagumkan, Anda perlu menjauh dari cahaya kota. Meteor ini berasal dari posisi konstelasi Bootes di langit, dan aplikasi pengamatan bintang mungkin dapat membantu jika Anda tidak tahu cara menemukan Bootes. Namun, jangan terpaku pada Bootes, karena meteor akan tampak di mana-mana di atas kepala Anda. Cukup bersandar, tetap hangat, biarkan mata Anda terbiasa dengan kegelapan, dan teruslah melihat ke atas.

Kecuali ada awan yang menutupi, dengan cukup waktu, Anda akan melihat sesuatu yang menarik.