Vladimir Putin bertemu dengan Xi Jinping dalam kunjungan kenegaraan ke China saat Ukraina mengalami kemunduran perang

Getty ImagesCopyright: Getty Images

Di Prancis, Xi mendapat tekanan dari para pemimpin Eropa untuk menggunakan pengaruhnya pada Putin untuk mengakhiri perang di UkrainaGambar keterangan: Di Prancis, Xi mendapat tekanan dari para pemimpin Eropa untuk menggunakan pengaruhnya pada Putin untuk mengakhiri perang di Ukraina

Putin tiba di Tiongkok hanya seminggu setelah Xi Jinping mengunjungi Prancis, Serbia, dan Hungaria – sebuah perjalanan yang menunjukkan perbedaan pendapat dalam persatuan Eropa, menurut beberapa analis.

“Tujuan Xi adalah untuk merusak hubungan antara Amerika Serikat dan Eropa dan menunjukkan bahwa ada batasan untuk persatuan trans-Atlantik terkait China,” tulis Tara Varma, seorang fellow tamu di The Brookings Institution.

Di Prancis, Xi mendapat tekanan dari para pemimpin Eropa untuk menggunakan pengaruhnya pada Putin untuk mengakhiri perang di Ukraina. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen juga mengulang seruan untuk perdagangan yang lebih seimbang dengan Beijing.

Namun Xi menawarkan sedikit konsesi. Dia membantah bahwa China memiliki masalah kelebihan kapasitas. Tentang Ukraina, dia menekankan bahwa China “tidak berada di titik awal krisis ini, bukan pihak yang terlibat, bukan peserta”. Tidak ada sinyal bahwa dia akan meminta Moskow untuk menghentikan perang.

Xi menerima sambutan merah-merah di Serbia dan Hungaria, di mana dia berjanji untuk memperdalam hubungan politik dan ekonomi. Peneliti dari Institut Studi Politik Internasional Italia (ISPI) menggambarkannya sebagai “tampilan persaudaraan yang hati-hati terhadap China oleh dua negara Eropa yang paling pro-China”.

Namun, meskipun upaya pesona, Xi tampak “lebih bertekad untuk memanfaatkan pandangan yang berbeda di UE mengenai cara menghadapi China daripada mencari titik temu,” tulis peneliti ISPI.

MEMBACA  17 Penyakit yang Tidak Disarankan saat Berpuasa, dari Diare hingga Alzheimer

Getty ImagesCopyright: Getty Images

Di Hungaria, pendukung China mengibarkan bendera China dan menyusun rute mobil Presiden Tiongkok Xi Jinping\”Gambar keterangan: Di Hungaria, pendukung China mengibarkan bendera China dan menyusun rute mobil Presiden Tiongkok Xi Jinping”