Ukraina tidak disebutkan dengan nama dalam pidato Tahun Baru Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menyebutkan Ukraina secara langsung, juga tidak menyebut “operasi militer khusus” – istilah meragukan Kremlin untuk perang mereka melawan Ukraina – dalam pidato Tahun Baru singkat dan terdiam pada 31 Desember.

Pidato yang direkam sebelum tengah malam saat wilayah timur Rusia memasuki tahun 2024 berlangsung kurang dari empat menit, yang jauh lebih pendek dibandingkan dengan pidato tahun lalu. Putin hanya menyebut perang secara sekilas dengan mengucapkan terima kasih kepada prajurit Rusia.

“Hari ini, saya ingin menyampaikan pesan kepada para prajurit kita, kepada semua yang bertugas, di garis depan dalam perjuangan untuk kebenaran dan keadilan: Kalian adalah pahlawan kita dan hati kami bersama kalian,” kata Putin dalam rekaman pidato yang dipublikasikan.

Dalam pidatonya, Putin mengklaim bahwa 2023 adalah tahun kesatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam masyarakat Rusia.

“Apa yang menyatukan kita dan terus menyatukan kita adalah nasib Tanah Air, pemahaman mendalam tentang arti tertinggi tahapan sejarah yang dilalui Rusia,” katanya.

“Kami telah membuktikan berulang kali bahwa kami dapat menyelesaikan masalah paling sulit dan tidak akan pernah mundur karena tidak ada kekuatan yang dapat memisahkan kita dan membuat kita melupakan ingatan dan keyakinan bapak-bapak kita.”

Putin juga tidak menyebutkan insiden pada 30 Desember di kota Belgorod di Rusia barat di mana Moskow mengklaim serangan udara Ukraina menewaskan setidaknya 20 orang dan melukai lebih dari 100 orang.

Berbeda dengan pidato tahun lalu yang diberikan oleh Putin bersama prajurit Rusia dan mengajukan pengorbanan, Putin membuat pidato singkatnya dengan latar belakang tradisional dinding Kremlin.

Di tengah perang yang sedang berlangsung, otoritas di beberapa kota di Rusia, termasuk di Moskow, membatalkan pertunjukan kembang api sambil berjanji untuk mengirim uang ke garis depan daripada membeli dekorasi Tahun Baru.

MEMBACA  Prediksi Penduduk China Akan Menurun 60% pada Akhir Abad Ini

Baca juga: Putin bermain aman dengan menunda mobilisasi baru menjelang pemilihan di Rusia

Kami telah bekerja keras untuk menyajikan berita independen dan berbasis lokal dari Ukraina. Pertimbangkan untuk mendukung Kyiv Independent.