Uji Coba Jangka Panjang Nissan Ariya 2024

Mengapa Kami Menulis Ini: Dibutuhkan waktu 11 tahun bagi Nissan untuk memberikan kami EV keduanya. Apakah menunggu itu sebanding?

Bulan 1 – Spesifikasi Hidup dengan Nissan Ariya: Bulan Pertama

Selamat datang Ariya dalam tim – 14 November 2023

James Hunt, Alan Jones, Gilles Villeneuve… dan saya. Apa yang kami miliki kesamaan? Tidak, Anda salah. Kami semua telah menguasai sirkuit balap Jarama di Spanyol.

Terlepas dari itu, ketika saya mengendarainya, saya berada di balik kemudi Nissan Ariya lengkap dengan zona keruntuhan, bantuan mengemudi, airbag, dan AC. Tapi tetap saja, saya berhasil.

Anda tahu, saya pergi ke peluncuran awal Ariya, yang dilakukan di sirkuit San Sebastian. Sejauh pengalaman mengemudi, Jarama dengan SUV listrik adalah pengalaman aneh. Tentu saja saya bisa mengenalinya sebagai mobil dasar serta seperti apa rasanya ketika hampir mencapai batas (seperti yang Anda harapkan dari SUV berpenggerak roda depan), tetapi permukaan yang halus seperti meja biliar tidak memberi tahu saya banyak tentang seperti apa mobil ini dalam kehidupan nyata.

Inti dari semua ini adalah bahwa saya sangat senang bisa menjalankan mobil ini selama beberapa bulan agar saya dapat merasakan seperti apa mobil ini dalam kehidupan sehari-hari. Melihat bagaimana rasanya saat melakukan perjalanan jauh, bahkan bagaimana mobil ini melintasi jalan yang berliku menuju Asda. Siapa tahu, mungkin saya bahkan akan membandingkannya dengan sesuatu dari katalog Nissan.

Impresi awal? Desain luar dengan kombinasi warna merah muda dan hitam terlihat menarik. Seperti jika Elon Musk meminta Mrs. Hinch untuk menciptakan kendaraan pengiriman pribadi otonom bagi penduduk baru Mars. Saya pikir memilih opsi cat seharga £1225 adalah pilihan yang akan dilakukan kebanyakan orang.

MEMBACA  Salah satu speaker Bluetooth paling keras yang pernah saya uji bukan dibuat oleh Bose atau Klipsch

Di dalamnya juga terasa sangat modern. Seperti banyak mobil listrik lainnya, ada banyak ruang di dalamnya dan kadang-kadang terasa hampir kosong. Ada celah besar antara konsol tengah dan dashboard yang realistisnya saya tidak akan pernah menggunakan. Tapi saya suka ide itu.

Saya menyukai tombol kamera. Hal yang sangat kecil, saya tahu, tetapi itu memungkinkan Anda, sebagai pengemudi, memberitahu mobil bahwa Anda ingin melihat kamera depan atau belakang. Daripada harus bergantung pada otak mobil untuk menebak mana yang ingin Anda lihat.

Pengaturan pemanas yang tidak ada di layar juga merupakan bonus. Meskipun mereka agak aneh. Lebih banyak tentang itu di pembaruan lain.

Pada versi mewah Ariya, konsol tengahnya dapat diatur secara elektrik. Yang kami miliki adalah model Advance dengan baterai 63kWh. Ini adalah yang kedua termurah dan tidak cukup mewah bagi saya untuk dapat melakukannya, yang membuat saya sedih karena sebenarnya itu adalah over-engineering yang luar biasa dan gimmick yang sangat menyenangkan.

Meskipun status rendah mobil kami di antara spesies Ariya, mobil ini tidak kekurangan fitur. Ini dilengkapi dengan velg berukuran 19 inci, teknologi semi-otonom Nissan yang mudah digunakan, layar infotainment 12,3 inci, dan kamera parkir depan dan belakang.

Salah satu hal yang dimiliki oleh model kami – dan sesuatu yang saya ingat ketika mencoba meniru James Hunt di lintasan – adalah karpet mewah. Penutup yang lebih tebal ini sangat terasa ketika Anda masuk. Tentu, itu digunakan karena kualitas peredam suaranya bukan sebagai upaya untuk membuatnya seperti Rolls-Royce. Tetapi itulah yang biasa orang biasa, misalnya ibu saya, perhatikan pada hal-hal kecil seperti itu.

MEMBACA  Laptop Acer seharga $749 ini diam-diam menjadi salah satu gadget paling inovatif yang saya uji tahun ini

Ariya hadir dengan dua ukuran baterai dan yang kami miliki adalah yang lebih kecil. Ini berarti jarak tempuh yang lebih pendek (secara resmi 250 mil), tetapi waktu pengisian yang lebih cepat. Nissan juga menawarkan empat pilihan tenaga, tetapi model baterai yang lebih kecil hanya tersedia dengan satu keluaran – 215bhp.

Mobil dengan baterai yang lebih besar (87kWh) mendapatkan tenaga 239bhp dalam bentuk roda belakang standar, sementara model dengan penggerak empat roda mendapatkan dua motor dan tenaga 302bhp atau 389bhp dalam spesifikasi Performance.

Jadi, mobil ini memiliki banyak kelebihan, dan saya sangat menantikan kesempatan untuk tinggal bersamanya, karena saya telah mengemudikan dan tinggal bersama sebagian besar pesaingnya.

Kebanyakan orang yang berada dalam posisi saya telah melakukannya juga. Pasar SUV listrik sangat kompetitif, dalam segala arti kata. Sebagian besar produsen memiliki satu dalam gudang senjata mereka dan Ariya menemukan dirinya menghadapi persaingan yang sengit.

Skoda Enyaq mengesankan dengan penggunaan ruang yang cerdas, sementara Ford Mustang Mach-e memikat dan memiliki harga yang kompetitif.

Tetapi favorit saya adalah Kia EV6. Itu adalah mobil yang sangat baik dengan manajemen baterai yang hebat dan prediksi jarak tempuh yang andal. Jika tampilan menunjukkan bahwa Anda memiliki jarak tempuh sejauh 200 mil, kemungkinan Anda memang memiliki jarak tersebut.

Inilah ukuran standar yang akan saya gunakan untuk mengukur Ariya. Jika mobil ini dapat secerdas Kia dalam hal penggunaan baterai, saya pikir ia dapat menawarkan persaingan nyata melawan mobil yang sangat dihargai.

Maksud saya, Nissan pasti sudah cukup lama untuk memperbaiki segalanya. Pada awalnya, mereka berhasil mengejutkan produsen mobil lain pada tahun 2011 dengan Leaf Hatchback, tetapi sejak itu, kemajuan Tesla telah sangat pesat dan produsen mobil Korea telah menghabiskan miliaran dolar untuk kendaraan listrik.

MEMBACA  Meskipun permintaan perawatan jangka panjang meningkat, penyedia kesulitan mencari pekerja.

Nissan sedang mengalami masa yang menarik saat ini. Hanya lima tahun yang lalu, mereka menjual Nissan Pulsar yang sangat mudah dilupakan (ya, saya harus mencarinya di Google) dan sekarang, mereka membangun SUV listrik super modern dengan karpet mewah dan tenaga hampir 400bhp.

Dan saya memiliki kesempatan untuk melihat apakah Ariya membawa awal baru bagi Nissan di era mobil listrik atau hanya catatan kecil dalam sejarah mobil ini, serta menjadi pemegang rekor tidak resmi sebagai mobil paling tidak sporty yang menghadapi Jarama.

Pendapat Kedua

Ariya membuat saya terkesan dan kecewa pada saat yang bersamaan. Interior yang menarik dan kemampuan mengemudi di kecepatan rendah yang hebat, tetapi saya kagum bahwa Nissan, yang biasanya memperhatikan hal-hal kecil, puas dengan kontrol tubuh yang rapat: Saya merasa mobil ini terlalu sensitif, membuat kepala terguncang-guncang dan secara umum agak aneh.

Matt Saunders

Kembali ke atas

Spesifikasi Nissan Ariya 63kWh Advance:
Harga baru £43,845 Harga saat diuji £46,365 Opsi: cat Akatsuki Copper dengan atap Pearl Black £1225, Paket Sky £1295

Data Pengujian: Mesin Motor AC tunggal, terpisah Daya 215bhp Torsi 222lb ft Berat kosong 1914kg Kecepatan maksimal 100mph 0-62mph 7,5 detik Efisiensi 3,5 mil per kWh CO2 0g/km Cacat Tidak ada Pengeluaran Tidak ada

Kembali ke atas