Ruto Kenya memecat hampir seluruh kabinet setelah protes di seluruh negeri | Berita Protes

Keputusan presiden datang setelah minggu protes memaksa dia untuk meninggalkan rencana kenaikan pajak yang diusulkan.

Presiden Kenya William Ruto telah mengumumkan pemecatan hampir seluruh kabinetnya dan konsultasi untuk membentuk pemerintahan “berbasis luas” menyusul protes anti-pemerintah yang meluas.

Ruto mengatakan keputusannya akan berlaku untuk semua menteri, termasuk jaksa agung, tetapi tidak termasuk Menteri Luar Negeri Musalia Mudavadi.

“Saya akan segera melakukan konsultasi yang luas di berbagai sektor dan formasi politik dan warga Kenya lainnya, baik secara publik maupun pribadi, dengan tujuan membentuk pemerintahan berbasis luas,” kata Ruto dalam pidato televisi kepada bangsa pada hari Kamis, menambahkan bahwa dia akan mengumumkan langkah-langkah tambahan nanti.

Negara Afrika Timur itu terguncang setelah aksi unjuk rasa damai bulan lalu untuk menentang rencana kenaikan pajak yang tajam berkembang menjadi kekerasan mematikan, dengan polisi menembaki kerumunan yang menyerbu Parlemen Kenya, membuatnya sebagian terbakar.

Dipimpin oleh kaum muda, protes tersebut menjatuhkan pemerintahan Ruto ke dalam krisis paling serius selama kepemimpinannya, memaksa dia untuk meninggalkan kenaikan pajak dan berusaha untuk mengatasi kerusakan.

Malcolm Webb dari Al Jazeera, melaporkan dari Nairobi, mengatakan ketidakpuasan kaum muda terhadap Ruto dimulai sebelum kenaikan pajak kontroversial diusulkan.

“Ruto terpilih dua tahun yang lalu,” kata Webb, “dengan janji untuk memerdekakan kaum miskin Kenya… dia memenangkan pemilihan itu dengan sedikit dan dengan partisipasi rendah”.

Sejak saat itu, kondisi ekonomi di Kenya semakin memburuk, menyebabkan kritik yang semakin meningkat, terutama di media sosial, terhadap pemerintah, yang juga dituduh melakukan “tunjangan kemewahan yang mencolok… dugaan ketidakmampuan” dan dilanda skandal, kata Webb.

Protes berserakan saat polisi Kenya menyemprotkan water canon pada mereka selama protes terhadap rencana kenaikan pajak dalam sebuah RUU keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya, pada 25 Juni 2024 [File: Brian Inganga/AP Photo]

MEMBACA  Starmer dari UK menyatakan 'penciptaan kekayaan' sebagai prioritas utama dalam ajang pemilihan kepada pemilih | Berita Bisnis dan Ekonomi

Protes terhadap kenaikan pajak dimulai pada bulan Juni dan meluas menjadi kampanye lebih luas menentang Ruto dan pemerintahnya, dengan beberapa demonstrasi berubah menjadi kekerasan yang telah menewaskan puluhan orang.

Minggu lalu, pemimpin Kenya mengumumkan pemotongan tajam belanja pemerintah sebagai respons terhadap kemarahan yang semakin meningkat atas anggaran perjalanan dan renovasi kabinetnya sementara warga biasa berjuang menghadapi krisis biaya hidup.

Selain membatalkan RUU keuangan tahunan, termasuk kenaikan pajak, Ruto juga mencoba berinteraksi dengan beberapa pengunjuk rasa, mengadakan acara di platform media sosial X dengan kaum muda Kenya minggu lalu.

Tetapi ini gagal untuk menenangkan beberapa demonstran, yang terus menyerukan dia untuk mengundurkan diri, menggunakan tagar #RutoMustGo dan menggelar unjuk rasa kecil di berbagai kota Kenya.

Hutang publik Kenya mencapai 10 triliun shilling ($78 miliar), sekitar 70 persen dari produk domestik bruto (PDB) nya.

Keputusan pemerintah untuk meminjam lebih banyak akan mengakibatkan defisit fiskal meningkat dari 3.3 persen menjadi 4.6 persen, menurut Ruto.