Ringkasan Hari Selasa: Israel Menyerang Gaza untuk Menyelamatkan Sandera

Militer Israel mengatakan mereka telah meluncurkan serangkaian serangan untuk mengalihkan perhatian dan memberikan perlindungan bagi serangan pasukan operasi khusus yang berhasil menyelamatkan dua sandera di Rafah, di Gaza Selatan. Kementerian kesehatan Gaza mengatakan puluhan warga Palestina tewas di kota yang padat, di mana lebih dari satu juta orang pengungsi mencari perlindungan.

Berikut informasi terbaru.

Dua pria yang diselamatkan – Fernando Simon Marman, 60 tahun, dan Louis Har, 70 tahun – merupakan warga negara ganda Israel dan Argentina. Mereka dalam kondisi baik dan sedang menjalani tes di rumah sakit di Tel Aviv, kata otoritas Israel. Ini hanya merupakan penyelamatan kedua yang diketahui di Gaza sejak perang dimulai.

Warga Palestina menggambarkan “malam penuh dengan teror” saat Israel membombardir kota tersebut. Direktur sebuah rumah sakit di sana mengatakan rumah sakit tersebut menerima 100 orang terluka semalaman, bersama dengan 52 mayat. Kementerian kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 67 orang tewas secara keseluruhan, jumlah yang tidak dapat diverifikasi secara independen.

Penyelamatan ini dilakukan saat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menunjukkan tanda-tanda bahwa pasukan darat Israel akan segera memasuki Rafah, meskipun mendapat kritik dan kekhawatiran dari AS dan sekutu lainnya. Kemungkinan pertempuran jalanan di dalam kota yang dikelilingi oleh perbatasan Mesir yang tertutup telah menciptakan kekhawatiran global tentang risiko bagi warga sipil.

Kisah seorang yatim piatu: Dareen al-Bayaa, 11 tahun, kehilangan puluhan anggota keluarganya dalam satu serangan udara di Gaza. Dalam sebuah video, dia berbicara dengan The Times tentang kesedihannya dan pemulihannya.


Dua hakim di New York bisa menghancurkan minggu Donald Trump.

MEMBACA  Sulawesi Selatan: 2.354 petugas pemilu dan pemilih melaporkan sakit pada hari pemungutan suara

Ancaman hukum terpisah ini mencerminkan titik balik dalam perjalanan pengadilan Trump, dan mereka bisa mengubah nasib pribadi dan presidennya saat dia menuju pencalonan Partai Republik.

Pada hari Kamis, seorang hakim mungkin menjadwalkan persidangan pidana pertama mantan presiden AS itu secepat bulan depan. Kemungkinan ini menimbulkan ancaman bahwa Trump akhirnya bisa berada di balik jeruji, yang akan mengirim politik yang sudah pahit di negara ini ke wilayah yang belum terjamah.

Keesokan harinya, seorang hakim kedua diperkirakan akan memberikan putusan dalam kasus penipuan sipil yang tidak mengancam kebebasan Trump, tetapi akan menghabiskan uangnya dan melemahkan bisnis keluarganya. Hakim tersebut sedang mempertimbangkan permintaan untuk menghukum Trump ratusan juta dolar dan memisahkannya dari perusahaan yang telah diajalani selama puluhan tahun.

Apa lagi: Masalah hukum Trump tidak berhenti di New York. Dia menghadapi 91 tuduhan kejahatan di empat kasus pidana. Juga dalam hal perdata, dia harus menghadapi $83,3 juta yang dia hutang dari kasus pencemaran nama baik baru-baru ini.


BYD, perusahaan kendaraan listrik China, melampaui Tesla dalam penjualan mobil listrik di seluruh dunia setelah penjualannya meningkat sejuta mobil dalam dua tahun terakhir.

Perusahaan ini memiliki kota berpagar di Shenzhen, di mana monorel mengangkut pekerja dari apartemen 18 lantai, dan sedang membangun kapal pengangkut mobil terbesar di dunia. BYD juga telah mulai mendirikan jalur perakitan di seluruh dunia: Lebih dari 80 persen penjualannya ada di China, tetapi ekspor ke Eropa semakin berkembang.

“Saya pikir jika tidak ada hambatan perdagangan yang dibangun, mereka akan menghancurkan sebagian besar perusahaan lain di dunia,” kata Elon Musk, chief executive Tesla, pada bulan Januari.

MEMBACA  Pemerintah menunjuk Pahlawan Ukraina Oleksandr Porkhun sebagai Menteri Sementara Urusan Veteran

THE LATEST NEWS

Peter Wang tewas pada tahun 2018 oleh penembak di sekolahnya di Parkland, Florida. Orang tua Peter telah menghabiskan enam tahun berduka dalam kesendirian: Mereka berimigrasi dari China, tidak fasih berbahasa Inggris, dan merasa terisolasi dari advokasi dan komunitas orang tua korban lainnya.

“Yang saya inginkan adalah dapat melakukan sesuatu untuk Peter,” kata ayahnya, Kong Feng Wang, kepada The Times. “Tapi bagaimana caranya? Kami tidak bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Kami tidak mengenal budayanya.”

Kehidupan yang dijalani: Kelvin Kiptum, pelari Kenya yang memecahkan rekor maraton dunia di Chicago tahun lalu, meninggal dalam kecelakaan mobil pada usia 24 tahun.

ARTS AND IDEAS

Stadion telah menjadi dasar dari upaya diplomatik China di Afrika sejak tahun 1970-an. Jumlah stadion tersebut meningkat sejak awal tahun 2000-an, sebagai bagian dari strategi China untuk membangun infrastruktur sebagai imbalan pengaruh diplomatik atau akses ke sumber daya alam. Arena tersebut populer di kalangan penggemar Afrika dan biasanya didonasikan atau dibiayai melalui pinjaman lunak.

Namun, stadion-stadion tersebut sering kurang memiliki infrastruktur yang mendukung. Para kritikus telah mempertanyakan nilai proyek-proyek ini, mencatat bahwa mereka memberikan manfaat ekonomi jangka panjang yang meragukan. Biaya pemeliharaan signifikan, dan beberapa telah rusak. Negara-negara seringkali mengalami kesulitan untuk mengisi kursi kosong.

“China tidak bertanya mengapa Anda membutuhkan stadion,” kata seorang peneliti. “Mereka hanya membiayai dan membangunnya.”

REKOMENDASI