Putin mengatakan Rusia tidak akan pernah menyerah dalam pidato Tahun Baru

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menyerukan persatuan dan ketekunan di antara rakyat Rusia menjelang tahun 2024.

“Kita telah menunjukkan lebih dari sekali bahwa kita dapat menyelesaikan tugas-tugas paling sulit dan tidak pernah mundur, karena tidak ada kekuatan yang dapat memisahkan kita,” kata pemimpin Kremlin ini dalam pidato televisinya, tanpa secara eksplisit menyebut perang di Ukraina dalam konteks tersebut.

Pidato ini pertama kali disiarkan di Timur Jauh Rusia pada hari Minggu, ketika semenanjung Chukotka dan Kamchatka menyambut Tahun Baru. Pidato ini kemudian akan ditayangkan beberapa saat sebelum tengah malam di setiap zona waktu negara tersebut hingga tiba giliran ibu kota Moscow.

Bagi rakyat Rusia, ini adalah perayaan Tahun Baru kedua mereka dalam perang melawan Ukraina yang berbatasan dengan Rusia yang diperintahkan oleh Putin. Sehari sebelumnya, warga sipil Rusia mengalami korban jiwa utama pertama mereka, dengan lebih dari 20 orang tewas di Belgorod di perbatasan dengan Ukraina.

Presiden tidak membahas hal ini selama penampilannya di latar belakang Kremlin yang dingin. Menurut kantor berita Ria Novosti, juru bicaranya Dmitry Peskov membantah bahwa ada perubahan yang dilakukan pada pidato yang telah direkam sebelumnya.

Putin, yang berusia 71 tahun, berterima kasih kepada prajurit yang sedang bertugas dan mengatakan bahwa mereka berada di garis depan dalam perjuangan “untuk kebenaran dan keadilan.”

MEMBACA  Raffi Ahmad Akan Menanggung Biaya Persalinan Mpok Alpa, Bisa Memilih Rumah Sakit Sendiri