Pidato Tahun Baru Vladimir Putin Jarang Menyinggung Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengeluarkan seruan untuk mendukung bersama pasukannya dalam pidato tahun baru tahunannya, tanpa secara eksplisit menyebut perang yang sedang ia jalani di Ukraina.

Pemimpin Kremlin itu memuji para prajuritnya sebagai “pahlawan… yang berada di garis depan perjuangan untuk kebenaran”.

Ia juga menyentuh isu ekonomi, topik penting bagi banyak warga Rusia, dan menyatakan tahun 2024 sebagai “tahun keluarga”.

Pidato tersebut lebih tenang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun lalu, Putin menyampaikan pidatonya ditemani oleh para prajurit dan memberikan seruan keras untuk pengorbanan demi kelangsungan hidup. Tahun ini, ia kembali ke latar belakang tradisional Kremlin, sendirian.

“Bagi semua orang yang berada di pos pertempuran, di garis depan perjuangan untuk kebenaran dan keadilan: Kalian adalah pahlawan kami, hati kami bersamamu,” katanya, menambahkan: “Kami bangga denganmu, kami mengagumi keberanianmu.”

Itu adalah ungkapan terdekat yang dilontarkan Putin mengenai ribuan korban Rusia dalam perang dengan Ukraina, termasuk lebih dari 20 orang yang tewas di kota perbatasan Belgorod akhir pekan lalu.

“Kami telah membuktikan berkali-kali bahwa kami dapat mengatasi masalah paling sulit dan tidak akan mundur, karena tidak ada kekuatan yang dapat memisahkan kita,” kata presiden Rusia.

“Kita bersatu dalam pikiran, dalam kerja dan dalam pertempuran, pada hari biasa dan hari libur, menunjukkan sifat terpenting dari rakyat Rusia – solidaritas, belas kasihan, ketabahan,” katanya.

Pidato yang direkam sebelumnya ditayangkan di televisi negara tepat sebelum tengah malam di setiap zona waktu Rusia.

Pidato ini adalah tradisi yang dimulai oleh pemimpin Soviet Leonid Brezhnev, dan merupakan acara liburan penting di Rusia yang ditonton oleh jutaan orang.

MEMBACA  Bitcoin Untuk $40,000? David Portnoy Membagikan Strategi BTC Baru Oleh U.Today

Pada awal Desember, Putin mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima dalam pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2024.

Dengan hampir tidak adanya oposisi dan media Rusia sepenuhnya di bawah kendalinya, dipercaya secara luas bahwa kemenangan Putin tidak dapat dihindari.