Menyelam dengan Manta Rays di Perjalanan Kapal Ekspedisi ke Kepulauan Batu Palau

Michael Dunker/Getty

Onboard Obsession adalah seri baru yang mengeksplorasi sorotan tak boleh dilewatkan dari kapal pesiar terbaik—dari wisata darat yang harus dipesan hingga perawatan spa yang terlalu santai untuk dilewatkan.

Segera setelah kepala saya tenggelam di bawah air hangat Taman Nasional Bunaken, Indonesia, saya mendengar suara misterius berderit-berderit, pop-pop yang belum pernah saya alami sebelumnya saat snorkeling. Saya segera menggerakkan kaki saya untuk naik. Ketika telinga saya mencapai permukaan, saya mendengar seorang pemimpin Ekspedisi Lindblad menjelaskan kepada beberapa penumpang kapal National Geographic Resolution bahwa suara samar tersebut adalah tanda lingkungan karang yang sangat sehat.

Saya sedang melakukan perjalanan 12 hari dari Vietnam ke Palau di atas kapal Resolution berkapasitas 138 penumpang, yang dibangun khusus untuk mengakses jalur air yang tidak mungkin diakses tanpa teknologi posisi dinamis, konstruksi X-bow, dan tim pemimpin ekspedisi yang menegosiasikan “penambatan” seperti ini, mengapung dalam cagar laut yang dilindungi tanpa ada kapal lain di sekitar.

Saya menyelam lagi di bawah permukaan ke persimpangan bawah laut yang setara dengan Shibuya Crossing di Tokyo. Beberapa penyu hijau dan penyu karah sedang bergerak masuk dan keluar dari tebing karang yang penuh warna dengan jutaan spesies, dari ikan sculpin hingga karang matahari dan segala hal di antaranya. Saya memaksakan mata saya dan mendorong otak saya untuk mencerna setiap detail dan somehow menyimpan setiap adegan dalam bank memori saya. Seringkali saya mengulangi karakteristik kehidupan laut untuk diri sendiri saat snorkeling sehingga saya dapat mengidentifikasi spesies tersebut nanti di kapal, dengan bantuan tim ekspedisi dan pusat sains yang didedikasikan. Setiap tendangan menyusul tendangan saya melihat ikan yang tidak pernah saya kira akan saya lihat di luar dokumetasi alam: di sebelah kiri ada ikan badut di rumah anemonnya, ditambah dengan ikan singa, ikan buntal, gurita, sekolah ribuan ikan Niger triggerfish yang mengibaskan sirip mereka seperti kupu-kupu.

MEMBACA  Jamie Dimon bergabung dengan pemimpin bisnis top lainnya di mewahnya makan malam di Gedung Putih. Lihat siapa saja yang bergabung dengannya di daftar tamu. Jamie Dimon bergabung dengan pemimpin bisnis top lainnya di mewahnya makan malam di Gedung Putih. Lihat siapa saja yang bergabung dengannya di daftar tamu.

Setelah seperti berjam-jam bermain versi bawah laut dari Where’s Waldo, saya menyadari bahwa saya telah menjauh dari kelompok. Saya memutuskan untuk berbalik dan mengapung di punggung saya sebelum mengejar ketinggalan dalam upaya terakhir untuk menyerap segalanya. Pemandangan tropis yang terkena matahari terasa seperti gerakan lambat tiba-tiba, membuat saya merasa kebingungan dengan cara yang belum pernah saya rasakan sejak saya masih kecil.

Segitiga Karang di Pasifik barat adalah rumah bagi hampir 600 spesies karang dan lebih dari 2.000 jenis ikan karang yang berbeda. Getty

“Itu snorkeling paling beragam yang pernah saya lihat,” kata Brett Garner, salah satu tim ekspedisi National Geographic Resolution, saat kami naik zodiak kembali ke kapal. Itu banyak dikatakan dari seorang ahli biologi laut yang telah menghabiskan bertahun-tahun hidupnya dengan topeng dan sirip. Bahkan, sebagian besar tim ekspedisi belum pernah menyelam di pusat Segitiga Karang karena sifatnya yang sangat terpencil, dan mereka juga terkejut.

Saat saya bersantai di hammock di balkon kamar saya nanti malam, menikmati sepotong kue kue pendek buatan rumah yang berbentuk ikan parrot, saya merasa sangat reflektif. Saya tumbuh sebagai bayi air, snorkeling dan menyelam di Karibia dengan keluarga saya—hampir setiap liburan kami berada di tempat yang bisa membawa kami ke bawah air. Tapi saya tidak benar-benar pernah snorkeling sejak itu, selama hampir 16 tahun. Melihat formasi batu kapur berbentuk jamur menjulang keluar dari laut, masing-masing dengan selendang vegetasi, membuat saya sedih menyadari bahwa kekaguman saya yang baru untuk aktivitas itu mungkin adalah yang terbaik yang akan saya alami.

Ketika saya masuk ke sarapan keesokan paginya, saya melihat ahli biologi laut Heather Denham dan asisten pemimpin ekspedisi Alexandra Kristjánsdóttir dan mengambil kursi kosong di meja mereka. Saya berbagi kesedihan saya dengan mereka—bahwa saya baru saja terinspirasi tetapi merasa seolah-olah saya sudah melihat puncak snorkeling. Mereka berdua tertawa dan meyakinkan saya bahwa selalu ada kejutan di bawah permukaan.

MEMBACA  Rusia Menutup Pendaftaran Kandidat Pemilihan Presiden dengan Putin dan 3 Orang Lainnya - TASS

Mereka benar. Beberapa jam kemudian, di Kepulauan Rock Palau, saya berenang dengan penumpang lain yang berusia pertengahan 20-an hingga 70-an, melihat hiu punah hitam, karang otak psychedelic, kerang raksasa, dan bermain dengan ubur-ubur tanpa sengatan. Pada satu titik, kapten speedboat melihat seekor pari manta. Meskipun kami telah snorkeling sepanjang hari, kami bergerak lebih cepat dari yang saya lihat dalam 11 hari sebelumnya, dengan cepat memakai topeng dan sirip kami dan melompat ke dalam biru laut. Arus segera menarik kami saat kami mencoba untuk tetap dekat satu sama lain dalam pencarian untuk pari. “DISINI!,” teriak Heather, dan saya berbalik untuk melihat pari manta 11 kaki langsung di depan saya. Saya membeku dalam gerakan saat itu berputar ke permukaan dalam lingkaran besar, menunjukkan sisi bawahnya, sebelum menukik ke dalam.

Saya disambut di permukaan dengan suara sorak-sorai kebahagiaan yang tak terelakkan karena melihat makhluk begitu megah dalam habitat alaminya. Heather membungkuk ke arah saya dalam perjalanan kembali ke kapal, “Lihat, tidak ada yang lebih baik dari ini, kan?” Dan sebagai seseorang yang sulit berada dalam keadaan sekarang, saya hanya bisa tersenyum dan menyadari bahwa saya belum pernah begitu terasa saat ini dalam beberapa tahun.