‘Laporan Kerusakan Signifikan’ Terjadi Saat Badai Gerrit Melintasi Britania

Badai dahsyat dengan angin kencang yang bergerak melintasi Britania Raya telah menyebabkan ribuan pelanggan di Wales dan Inggris kehilangan pasokan listrik, hujan deras dan peringatan banjir, serta mengganggu perjalanan kereta menjelang akhir pekan Tahun Baru.

Angin topan kemungkinan merusak beberapa rumah di area Manchester Raya, Inggris, yang pada satu titik menyebabkan lebih dari 3.000 rumah kehilangan pasokan listrik pada hari Kamis, menurut para pejabat.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran di area Manchester mengatakan mereka menerima laporan yang banyak pada Rabu malam tentang “kerusakan signifikan” pada properti yang terkena dampak cuaca buruk yang mungkin menyebabkan terjadinya tornado kecil. Petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam dan pagi hari, kata pejabat.

Pejabat di Tameside, Inggris, sebuah daerah di sebelah barat Manchester, mengatakan pada hari Kamis bahwa petugas sedang membersihkan puing-puing dan pohon-pohon tumbang. Foto-foto menunjukkan atap-atap terbang dan sejumlah orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Tidak ada laporan tentang korban luka, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Meskipun tornado bukanlah hal yang tidak biasa di Britania Raya – sekitar 30 kasus dilaporkan setiap tahunnya rata-rata – mereka sering terjadi di daerah yang jarang penduduknya atau berlangsung sebentar dan menyebabkan kerusakan kecil hingga tidak ada kerusakan, kata Stephen Dixon, juru bicara Meteorological Office Britania Raya. Menurutnya, Britania Raya mengalami lebih banyak badai besar dalam periode mulai 1 September hingga akhir Desember daripada tahun lain sejak badai mulai diberi nama pada tahun 2015.

Badai yang diberi nama Gerrit oleh Met Office juga menyebabkan kerusakan di bagian lain Britania Raya. Lebih dari 800 rumah di Wales kehilangan pasokan listrik pada hari Kamis, menurut National Grid. Pembatalan dan penundaan perjalanan kereta juga tercatat.

MEMBACA  Penduduk Gaza Mengatakan Penuntutan Pengadilan ICC terhadap Pemimpin Hamas Tidak Tepat

Cuaca buruk lainnya diharapkan melanda Britania Raya dalam beberapa hari mendatang, dengan diperkirakan akan ada angin kencang dan hujan deras, saat daerah tekanan rendah lainnya bergerak dari barat. Kata Mr. Dixon.

“Ini adalah periode cuaca yang tidak stabil untuk Britania Raya, tetapi tidak jarang bagi kami untuk melihat angin dan hujan seperti ini,” tambahnya.

Tahun ini merupakan tahun terpanas di Britania Raya sepanjang sejarah, dengan suhu yang meningkat akibat perubahan iklim, menurut Met Office. Bulan Desember tidak biasa hangat dan basah, tetapi tidak memecahkan rekor, dengan Britania Raya menerima 20 persen lebih banyak hujan dari rata-rata, dan bagian Utara Inggris menerima 40 persen lebih banyak dari rata-rata.

Suhu rata-rata untuk Britania Raya bulan ini 1,6 derajat Celsius (4,9 derajat Fahrenheit) lebih tinggi dari rata-rata, dengan suhu rata-rata sekitar 42 derajat Fahrenheit.

Met Office mengatakan hari terpanas dalam setahun terjadi pada bulan September, hal itu telah terjadi sebanyak lima kali dalam catatan pengamatan.