Kebakaran Hutan Mendekati Kawasan Produksi Minyak Terbesar Kanada — Lagi

Sebuah kebakaran hutan di dekat wilayah produsen minyak terbesar Kanada memaksa evakuasi sekitar 6.600 orang dari Fort McMurray, Alberta. Beberapa ribu warga lainnya dari kota tersebut diminta untuk bersiap-siap meninggalkan kapan saja.

Evakuasi pada hari Selasa telah membangkitkan ingatan yang menakutkan dari kebakaran besar pada tahun 2016 yang menghancurkan sekitar 2.400 rumah dan bisnis, memaksa 90.000 orang melarikan diri dan menjadi bencana alam termahal dalam sejarah Kanada.

Musim kebakaran hutan di Kanada mengikuti tahun 2023 yang memecahkan rekor ketika sekitar 45 juta hektar hutan terbakar, peningkatan besar dari rata-rata tahunan sebesar 6,1 juta.

Kebakaran besar tidak lazim melanda Kanada tahun lalu dari Nova Scotia di pantai Atlantik hingga British Columbia di Pasifik. Asap yang menyengat dari kebakaran di Quebec memenuhi langit Kanada Timur dan menyaring ke bawah dan merusak kualitas udara di sepanjang pantai timur Amerika Serikat.

Pada puncak musim di pertengahan Juli, ada 29 mega-kebakaran, yang pemerintah definisikan sebagai yang meluas lebih dari 100.000 hektar, atau sekitar 247.000 hektar.

Pejabat federal minggu lalu mengatakan bahwa kondisi kering yang berkepanjangan di Alberta dan British Columbia telah menciptakan musim kebakaran yang berpotensi berbahaya di daerah tersebut serta ke utara.

Perintah evakuasi minggu ini adalah salah satu dari beberapa perintah yang dikeluarkan dalam beberapa hari terakhir di utara Alberta dan bagian tetangganya di British Columbia, sebuah daerah yang sangat terkena kebakaran tahun lalu dan berada dalam tahun ketiga kekeringan.

Pagi Rabu, bibir api kebakaran berjarak sekitar tiga mil dari sebagian wilayah Fort McMurray, Alberta Wildfire mengatakan bahwa angin yang melemah dan suhu yang lebih dingin mengurangi tingkat keparahan kebakaran.

MEMBACA  Pasar-pasar di China Sepertinya Membutuhkan Libur Lagi

Api telah mengonsumsi sekitar 52.000 hektar pada hari Rabu pagi, Christie Tucker, juru bicara Alberta Wildfire, sebuah lembaga provinsi, mengatakan kepada para wartawan. Tetapi dia mengatakan bahwa angin kencang yang memperbesar ukuran kebakaran sambil mendorongnya menuju Fort McMurray telah melemah dan arahnya berbalik pada hari Rabu. Penurunan suhu juga membantu petugas pemadam kebakaran.

Pesawat, termasuk helikopter dengan sistem visi malam, masih terus menjatuhkan air ke kebakaran dan langkah-langkah untuk melindungi bangunan di Fort McMurray diterapkan.

Namun, sebagian besar kebakaran melanda wilayah yang terbakar pada 2016, mengurangi jumlah bahan bakar yang tersedia untuk kebakaran saat ini, kata pejabat.

Jody Butz, kepala pemadam kebakaran Regional Municipality of Wood Buffalo, mengatakan dalam konferensi pers pada hari Selasa bahwa dia “memiliki tingkat kepercayaan yang sangat tinggi” bahwa petugas pemadam kebakaran akan menjauhkan kebakaran dari Fort McMurray.

Dia mengatakan kota tersebut telah membersihkan lebih banyak area di luar kota untuk menjaga kebakaran agar tidak terjadi daripada pada tahun 2016, dan juga memiliki jumlah petugas pemadam kebakaran dan peralatan yang lebih besar tersedia.

Dua lingkungan di bawah perintah evakuasi saat ini termasuk di antara wilayah yang paling parah terbakar pada 2016 dan kemudian dibangun kembali.

Untuk menghindari kekacauan di jalan raya yang ditandai evakuasi pada tahun 2016, pejabat meminta penduduk lingkungan yang tidak dalam perintah evakuasi untuk tetap di rumah mereka sampai area yang lebih berbahaya dibersihkan.

“Silakan, izinkan komunitas ini dievakuasi terlebih dahulu,” kata Kepala Butz kepada penduduk dalam konferensi pers pada hari Selasa. “Penting bagi kita untuk mendekati ini dengan cara yang aman, teratur, dan hormat.”

MEMBACA  Taiwan Bergumul dengan Sejarah yang Memecah Belah Saat Presiden Baru Bersiap untuk Berkuasa | Berita Sejarah

Aleks Mortlock, yang rumahnya hancur dalam kebakaran 2016, mengatakan kepada CBC, penyiar publik Kanada, bahwa pengalamannya sebelumnya tidak membuat evakuasi Selasa lebih mudah.

Dia mengatakan bahwa dia “merasakan kecemasan yang sama, hal yang sama melintas di pikiran Anda, dan kali ini, saya memiliki anak-anak yang harus dikhawatirkan.”

Pak Mortlock mengatakan bahwa dua anaknya yang berusia di bawah enam tahun “tidak benar-benar memahami” situasi berbahaya yang diciptakan kebakaran.

Orang-orang yang telah meninggalkan daerah mencari tempat perlindungan sejauh Edmonton, ibu kota provinsi, yang berjarak sekitar 280 mil ke selatan.

Kebakaran hutan lain di dekat Fort Nelson, British Columbia, telah menyebabkan evakuasi sekitar 4.700 orang sejak akhir pekan lalu. Angin yang lebih menguntungkan di sana telah membantu petugas pemadam kebakaran dalam upaya mereka untuk mengendalikan kebakaran, yang sudah berjarak sekitar satu mil dari komunitas dan dekat dengan Fort Nelson First Nation tetangga.

Lebih jauh ke timur dari Fort Nelson, seluruh populasi Cranberry Portage, Manitoba, sekitar 700 orang, dievakuasi karena kebakaran hutan. Komunitas di utara Manitoba telah diancam oleh kebakaran di masa lalu.

Kebakaran di Fort McMurray tahun 2016, yang dikenal sebagai “The Beast,” menyebabkan sekitar 4 miliar dolar Kanada dalam penyelesaian asuransi dan mengganggu produksi di tar sand, sumber minyak impor terbesar Amerika Serikat.

Evakuasi last minute dari kebakaran tersebut memaksa banyak penduduk untuk melewati dinding api di satu-satunya jalan raya ke selatan. Meskipun api tidak langsung menyebabkan kematian di antara penduduk atau kru pemadam kebakaran, dua orang yang sedang mengungsi meninggal dalam kecelakaan di jalan raya.