Badai dengan angin seperti taifun melanda China Selatan, menewaskan 7 orang.

Badai langka dengan angin mirip taifun telah menewaskan setidaknya tujuh orang di provinsi Jiangxi selatan China sejak akhir pekan, tiga di antaranya tertiup keluar dari apartemen tinggi mereka saat tidur.

Cuaca ekstrem yang dimulai pada 31 Maret telah melanda sembilan kota termasuk Nanchang dan Jiujiang dengan 93.000 orang di 54 kabupaten terkena dampak, kata markas darurat banjir Jiangxi.

Pada hari Minggu, badai aneh menyebabkan angin kencang yang merobek jendela ukuran pintu dari bingkai di dua apartemen di gedung pencakar langit di Nanchang, ibu kota provinsi. Tiga orang ditarik dari tempat tidur mereka melalui lubang-lubang tersebut, jatuh ke kematian, menurut laporan media lokal.

Pejabat pada hari Rabu mengatakan tujuh orang telah meninggal di seluruh provinsi dan 552 harus dievakuasi darurat. Mereka juga mengatakan 2.751 rumah rusak.

Ditemani kilat dramatis, hujan deras, dan batu es sebesar bola golf, badai kuat – yang paling parah dalam lebih dari satu dekade – juga menyebabkan kerugian ekonomi sebesar 150 juta yuan ($21 juta), kata pejabat setempat.

Biro cuaca China telah mengeluarkan peringatan angin kencang dengan kecepatan hingga level 12 pada skala angin lokal, sama dengan topan Kategori I.

Angin dengan intensitas seperti itu umum terjadi saat taifun, seperti yang disebut topan di China dan negara lain di Asia Timur, mendarat tetapi jarang ditemukan di daratan seperti Jiangxi yang terletak di pedalaman.

Pengamat cuaca nasional China tetap memberikan peringatan cuaca konvektif parah tertinggi mereka – oranye – di beberapa wilayah di tenggara China saat angin kencang, batu es, dan badai petir terus berlangsung hingga Rabu.

Pengamat cuaca pada hari Selasa mengeluarkan peringatan oranye pertama untuk cuaca konvektif parah sejak 2013, melaporkan media negara.

MEMBACA  Menyamakan perdamaian dengan penyerahan adalah perilaku hipokrit

China memiliki sistem peringatan cuaca tiga tingkat berkode warna untuk cuaca konvektif parah, dengan oranye mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh kuning dan biru.

($1 = 7.2348 yuan renminbi China)