Sunak mengumumkan potongan pajak pensiunan sebesar £2.4 miliar dalam upaya untuk menstabilkan kampanye pemilihan

Unlock the Editor’s Digest secara gratis

Rishi Sunak akan mengumumkan pemotongan pajak sebesar £2.4 miliar untuk para pensiunan pada hari Selasa, dalam upaya untuk menguatkan suara kunci Partai Konservatif “grey vote” dan menstabilkan awal kampanye pemilihan umum yang kacau.

Perdana Menteri Inggris akan mengumumkan rencana untuk membekukan penambahan penghasilan pribadi bagi para pensiunan, dalam upaya untuk mencegah jutaan orang yang menerima pensiun negara dasar dari terjerumus ke dalam sistem pajak.

Sunak mengatakan langkah tersebut akan bernilai £100 untuk 8 juta pensiunan tahun depan, naik menjadi sekitar £300 setahun pada akhir parlemen berikutnya. “Tindakan berani ini menunjukkan bahwa kami berada di pihak para pensiunan,” tambahnya.

Pemotongan pajak sebesar £2.4 miliar ini kemungkinan akan disambut baik oleh banyak anggota parlemen Konservatif. Kelompok usia di atas 70 tahun adalah satu-satunya kelompok usia yang lebih cenderung memilih Tory daripada Buruh, menurut jajak pendapat YouGov.

Namun, kampanye Sunak mengalami masalah di beberapa front, termasuk kritik terhadap rencananya untuk menghabiskan £2.5 miliar untuk skema dinas nasional yang dihidupkan kembali, dengan meminta anak muda berusia 18 tahun untuk melayani dengan militer selama setahun atau melakukan 25 hari pekerjaan “sukarela” wajib tanpa bayaran.

Steve Baker, menteri Konservatif Irlandia Utara, mengatakan dalam sebuah posting pada X pada hari Senin bahwa ide dinas nasional “tiba-tiba” diluncurkan kepada para kandidat, beberapa di antaranya adalah menteri terkait. Ide remaja di Irlandia Utara melayani dengan Tentara Inggris sangat politis.

Sebagai indikasi tambahan dari kekacauan Konservatif, Lucy Allan, anggota parlemen Tory yang akan mengundurkan diri dari Telford, dihentikan dari partai setelah mendukung kandidat Reform UK untuk konstituensinya.

MEMBACA  Elon Musk Tiba di Bali Indonesia untuk Peluncuran Starlink yang Direncanakan oleh Reuters

Terdapat ketegangan yang semakin meningkat antara kandidat Tory dan Markas Besar Kampanye Konservatif, dengan beberapa mengklaim bahwa “toolkit” CCHQ untuk merancang literatur pemilu mengalami crash. Seorang pejabat Tory mengatakan masalah tersebut hanya berlangsung sesaat dan disebabkan oleh “penyedia”.

Kantor Pusat Tory juga mengakui bahwa mereka “secara tidak sengaja” mengirimkan email kepada anggota parlemen Konservatif yang menyalahkan mereka atas kegagalan untuk “mendukung” kampanye dan mengungkapkan informasi pribadi — sebuah kesalahan yang pertama kali dilaporkan oleh The Times.

“Menetapkan tanggal pemilu pada 4 Juli seharusnya membuat lawan-lawan kami salah langkah, tetapi sepertinya kami yang salah langkah,” kata seorang mantan menteri Tory.

Seorang menteri mengatakan bahwa kampanye tersebut memiliki kesan “1997 ditulis di seluruhnya”, sebagai referensi kepada kekalahan telak yang dialami oleh John Major dari Tony Blair.

Sunak berharap langkah barunya untuk membantu para pensiunan akan disambut baik oleh para pemilih dan membuat Buruh terpojok.

Dalam rencananya, penambahan penghasilan pribadi bagi para pensiunan akan meningkat sejalan dengan “gembok tiga” pensiun, yang menjamin kenaikan pensiun negara dengan tertinggi dari pendapatan, upah, atau 2.5 persen.

Konservatif telah membekukan ambang batas pajak dan tunjangan hingga April 2028. Hal itu menimbulkan kemungkinan bahwa pensiun negara dasar sebesar £11,540 dapat melebihi ambang batas pajak pribadi sebesar £12,570 pada April 2027.

Dengan meningkatkan ambang batas pribadi bagi para pensiunan, perubahan tersebut akan menghilangkan kemungkinan jutaan orang harus mengisi laporan pajak dan membayar pajak penghasilan atas pensiun mereka.

Paul Johnson, direktur Institute for Fiscal Studies, sebuah lembaga pemikir, mengatakan bahwa ia tidak melihat alasan yang baik untuk memberikan ambang batas pribadi yang lebih tinggi kepada para pensiunan daripada non-pensiunan, namun ia menambahkan: “Saya bisa melihat alasan untuk memiliki suatu pengecualian yang terkait dengan pensiun negara dan bergerak bersamanya.”

MEMBACA  Gary Shilling, Nabi Pasar, Memperingatkan Saham Bisa Jatuh 30% - dan mengatakan peluang 'sangat mendukung resesi'

Sunak sekarang akan menantang Buruh untuk mengatakan apakah mereka akan menyamakan kebijakan tersebut, yang katanya akan menghabiskan £2.4 miliar setahun pada tahun 2029-30 dan akan didanai melalui penindakan terhadap penghindaran dan penggelapan pajak — sumber pendapatan yang populer bagi kedua partai.

Namun, suasana hati yang suram masih menyelimuti kamp Konservatif. Lord Zac Goldsmith, seorang bangsawan Tory, mengatakan pada X bahwa partai tersebut menuju kekalahan, menambahkan: “Harapannya adalah ketika Sunak pergi ke California dalam beberapa minggu, setidaknya ada beberapa anggota parlemen yang baik yang tersisa untuk membangun kembali.”

Sunak, yang diwawancarai di ITV, mengatakan tentang komentar Goldsmith: “Ini tidak benar.”

Ditanya apakah ia berniat tinggal di Inggris selama bertahun-tahun terlepas dari hasil pemungutan suara pada 4 Juli, perdana menteri mengatakan: “Ya.”