Sidang pengadilan pembunuhan Alec Baldwin berkisar pada senjata Wild West oleh Reuters

Oleh Andrew Hay

SANTA FE, New Mexico (Reuters) – Cara kerja dalam sebuah revolver Colt .45 “Peacemaker”, simbol Amerika Wild West, telah menjadi fokus dari persidangan Alec Baldwin atas penembakan fatal 2021 terhadap sinematografer “Rust” Halyna Hutchins di lokasi syuting film di New Mexico.

Baldwin dan istrinya Hilaria Baldwin adalah di antara mereka yang menyaksikan di pengadilan ketika para pengacara pada hari Selasa memeriksa 70 juri calon tentang masalah seperti pengetahuan mereka tentang kasus tersebut dan sikap terhadap ahli senjata api, awal dari proses pemilihan juri 12 orang.

Hakim Mary Marlowe Sommer berharap dapat menetapkan juri dan memulai persidangan pada hari Rabu, hampir tiga tahun setelah Baldwin menunjukkan senjatanya kepada Hutchins ketika dia sedang menyiapkan pengambilan gambar kamera di dalam gereja set film sekitar 20 mil barat daya Santa Fe.

Kematian Hutchins pada tahun 2021 adalah kecelakaan penembakan pertama di Hollywood dalam tiga dekade dan sejenak memicu seruan untuk mengakhiri penggunaan senjata api sungguhan di lokasi syuting film.

Persidangan pembunuhan tidak disengaja Baldwin di sebuah pengadilan modern berlapis coklat di pusat kota Santa Fe diharapkan berlangsung selama delapan hari dan berakhir pada 19 Juli.

Hal ini luar biasa karena tidak ada atau sangat sedikit preseden dalam sejarah AS untuk seorang aktor menghadapi penuntutan pidana atas kematian penembakan di lokasi syuting. Aktor \”30 Rock\” bisa dipenjara hingga 18 bulan jika dinyatakan bersalah.

Pada bulan Maret, “Rust” armorer Hannah Gutierrez, karyawan set yang bertanggung jawab atas keselamatan senjata api, dinyatakan bersalah atas pembunuhan tidak disengaja oleh juri Santa Fe, New Mexico, karena secara keliru memasukkan peluru hidup ke dalam senjata Baldwin. Gutierrez menerima hukuman maksimal 18 bulan.

MEMBACA  Pembukaan box office 'Bagian Dua' memicu minat pada 'Bagian Tiga'

Analis hukum dan spesialis senjata api telah lama memperkirakan kasus Baldwin akan bergantung pada apakah dia seharusnya memeriksa senjata setelah diberitahu bahwa itu “dingin,” istilah industri yang berarti senjata tersebut kosong atau berisi peluru inert, dummy.

Tetapi dalam wawancara penting pada bulan Desember 2021, Baldwin memberitahu George Stephanopoulos dari ABC News bahwa dia tidak menarik pelatuk, mengirim jaksa penuntut dan pengacara bela ke dalam dunia pengujian forensik senjata api.

Baldwin, 66 tahun, mengatakan dia mengeluarkan ulang pistol reproduksi 1873 Single Action Army sebelum melepaskan peluru hidup yang membunuh sinematografer berbakat dan melukai sutradara Joel Souza.

Polisi Santa Fe berusaha untuk menguji klaim Baldwin. Pemeriksaan FBI menemukan bahwa senjata tersebut berfungsi normal dan tidak akan melepaskan tembakan jika tidak ditarik pelatuknya. Jaksa penuntut negara menempuh jalur pengadilan setelah itu, menuduh Baldwin berbohong tentang pelatuk.

Tim hukum Baldwin tahun lalu menanggapi dengan bukti fotografi bahwa tanda penuh kok senjata buatan Italia tersebut telah dihaluskan, membuatnya lebih mudah untuk ditembak. Ini memungkinkan kegagalan mekanis atau “pemutusan tidak sengaja” tanpa menarik pelatuk, kata mereka.

MELEWATI BUKIT

Apakah revolver itu dimodifikasi atau tidak, para ahli hukum melihat rintangan berat bagi jaksa penuntut untuk membuktikan bahwa Baldwin tahu dia bisa membunuh Hutchins tetapi menunjukkan sikap tidak peduli terhadap risiko – tingkat kelalaian pidana yang diperlukan untuk vonis pembunuhan tidak disengaja.

“Senjata mungkin menjadi pertahanan terbaik, karena tidak ada cara untuk dengan pasti mengatakan kondisi senjata itu,” kata sejarawan senjata Ashley Hlebinsky yang juga merupakan direktur eksekutif Pusat Penelitian Senjata Api Universitas Wyoming.

Jaksa penuntut tahun lalu menarik kembali tuduhan, yakin senjata itu dimodifikasi, hanya untuk memiliki juri grand mengembalikannya pada bulan Januari setelah ahli senjata independen Lucien Haag mengkonfirmasi temuan pemeriksaan FBI.

MEMBACA  Dua Saham yang Hampir Bergabung dengan S&P 500

FBI menghancurkan senjata itu selama pengujian dan pengacara aktor mengatakan mereka tidak memiliki cara untuk membuktikan bahwa itu dimodifikasi.

“Bukti terburuk terhadap Baldwin adalah laporan balistik FBI yang mengatakan dia menarik pelatuk, dan wawancara ABC-nya di mana dia mengatakan sebaliknya,” kata Neama Rahmani, seorang pengacara pengadilan Los Angeles dan mantan jaksa federal.

Hambatan lain yang mungkin bagi jaksa penuntut adalah meyakinkan juri bahwa Baldwin bersalah atas kelalaian pidana setelah Gutierrez dan asisten sutradara pertama Dave Halls dinyatakan bersalah atas penembakan tersebut. Halls menerima kesalahan dalam kesepakatan plea, mengakui bahwa dia tidak memeriksa peluru di senjata Baldwin. Dia dinyatakan bersalah atas tuduhan pelanggaran ringan dan diberi hukuman penangguhan enam bulan.

“Juri kesulitan dengan gagasan bahwa orang bisa berbagi kesalahan,” kata profesor hukum Universitas New Mexico Joshua Kastenburg, mantan pengacara dan hakim di Angkatan Udara AS.

Meskipun demikian, juri mungkin tidak membeli argumen Baldwin bahwa, sebagai seorang aktor, dia tidak bertanggung jawab atas keselamatan senjata api dan mengandalkan para ahli set seperti Gutierrez dan Halls.

Pemilikan senjata api umum di Barat Daya Amerika Serikat di mana ada norma budaya untuk memeriksa senjata dan tidak pernah menunjukkannya pada seseorang dan menarik pelatuknya, menurut Hlebinsky.

Kemudian ada perilaku Baldwin di lokasi syuting.

Dengan menggunakan video dan foto dari syuting “Rust”, jaksa negara Morrissey akan mencoba menunjukkan bahwa Baldwin adalah seorang pria yang “tidak memiliki kendali atas emosinya,” yang penembakan “di luar skrip”, menunjukkannya pada orang lain, dan terburu-buru kepada Gutierrez untuk mengisi ulang senjata berkontribusi pada keruntuhan keselamatan senjata api, menurut berkas pengadilan.

Hakim dalam kasus ini memutuskan pada hari Senin bahwa peran produser Baldwin tidak dapat dikaitkan dengan kematian Hutchins, menandai kemungkinan kemunduran bagi jaksa penuntut yang berpendapat bahwa aktor tersebut adalah “bos” de facto dari set dan bertanggung jawab atas keselamatan senjata secara keseluruhan.

MEMBACA  Amanda Knox kembali ke pengadilan di Italia, dalam pengadilan pencemaran nama baik

Dua orang terkuat lainnya di lokasi, Souza dan Halls, kemungkinan besar akan membela aktor tersebut. Keduanya telah dipanggil sebagai saksi oleh pembelaan dan penuntutan, masing-masing.

Selama persidangan Gutierrez, Souza dan Halls menolak tindakan di luar lokasi Baldwin sebagai sesuatu yang lazim bagi aktor berpengaruh tinggi.

Mungkin pembelaan terbaik Baldwin adalah keraguan yang dapat disebarkan oleh pengacaranya tentang mekanisme pistol, menurut Hlebinsky.

“Saya tidak berpikir ada yang bisa mengatakan dengan 100% apa yang terjadi,” kata sejarawan senjata, yang telah berperan sebagai ahli dalam kasus pengadilan tentang revolver tipe Colt .45 tunggal serupa dengan milik Baldwin.