Penawaran tender Figma menilai perusahaan sebesar $12.5 miliar

Dylan Field, co-founder dan CEO dari Figma, berbicara di konferensi Config startup di San Francisco pada 10 Mei 2022.

Figma

Figma, perusahaan desain berbasis cloud, mengatakan Kamis bahwa mereka akan memungkinkan investor, termasuk karyawan saat ini dan mantan karyawan, untuk menjual saham mereka dalam tawaran tender yang menilai perusahaan tersebut sebesar $12.5 miliar.

Angka tersebut naik 25% dari penilaian di mana perusahaan mengumpulkan dana pada tahun 2021, tetapi di bawah tawaran akuisisi $20 miliar yang diajukan oleh Adobe pada tahun 2022. Adobe dan Figma membatalkan rencana akuisisi tersebut pada bulan Desember setelah mengalami penyelidikan regulasi.

Startup yang berbasis di San Francisco ini mengharapkan ukuran tawaran tender berada antara $600 juta dan $900 juta, dengan dukungan dari lebih dari 25 investor saat ini dan baru. A16z, Sequoia, dan Kleiner Perkins turut berpartisipasi dalam tawaran ini.

Figma digunakan oleh puluhan ribu karyawan di dalam Microsoft, yang menghabiskan jutaan dolar per tahun untuk pengimplementasiannya. Google, Oracle, dan Salesforce juga menggunakan perangkat lunak perusahaan ini.

Pada bulan Juni 2021, saat masa keemasan pendanaan mega, Figma dinilai sebesar $10 miliar dalam putaran pendanaan yang melibatkan partisipasi dari Counterpoint Global milik Morgan Stanley. Hal ini terjadi sebelum terjadinya penurunan pasar pada tahun 2022 yang membuat banyak saham cloud turun lebih dari setengahnya dan sebagian besar menghentikan putaran pra-IPO.

Awalnya, Adobe mengatakan bahwa mengakuisisi Figma akan menjadi pelengkap alami untuk portofolio perusahaan, seperti yang tertulis dalam pengumuman asli bahwa “kombinasi Adobe dan Figma akan membawa masuk era baru kreativitas kolaboratif.” Pada bulan Desember, sebuah pengajuan regulasi mengatakan bahwa Adobe akan membayar biaya pemutusan sebesar $1 miliar kepada Figma.

MEMBACA  Penawaran iPhone terbaik saat ini

— Kontribusi dari Jordan Novet dari CNBC untuk laporan ini.