Pejuang Tegar China Utama akan Pensiun, Membuka Kursi di Medan Pertempuran Wisconsin

Anggota Dewan Mike Gallagher, R-Wis., terlihat di luar Capitol AS setelah pemungutan suara terakhir minggu ini pada hari Kamis, 15 Juni 2023.

Tom Williams | CQ-Roll Call, Inc. | Getty Images

Anggota Dewan Mike Gallagher, R-Wi., ketua Komite Pemilihan tentang Partai Komunis Tiongkok, mengumumkan pada hari Sabtu bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali tahun ini, meninggalkan kursi yang terbuka di negara bagian penuh perubahan penting ketika perlombaan tahun 2024 memasuki tahap tinggi.

Mantan perwira Korps Marinir ini bergabung dengan puluhan anggota kongres Republik lainnya yang berencana meninggalkan jabatannya, masing-masing memperlebar jalan bagi Demokrat untuk mencoba merebut kembali mayoritas di Dewan. Kursinya di distrik kongres ke-8 Wisconsin sangat berharga, mengingat status pertempuran negara bagian tersebut dan mayoritas tipis di Dewan yang saat ini dimiliki oleh Partai Republik.

“Politik pemilihan seharusnya bukanlah sebuah karier dan, percayalah, Kongres bukanlah tempat untuk menua,” kata Gallagher dalam sebuah pernyataan mengumumkan kepergiannya.

Kadang-kadang, Gallagher berbeda pendapat dengan partainya. Dia merupakan salah satu dari tiga anggota Partai Republik pada hari Selasa yang melawan pimpinan partai dan memberikan suara menentang pemakzulan Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas, sehingga usulan tersebut gagal.

Dia juga merupakan kritikus vokal terhadap keterlibatan mantan Presiden Donald Trump dalam pemberontakan pada 6 Januari 2021, meskipun dia menentang pemakzulan Trump yang menyusulnya.

Meskipun kadang-kadang memberontak terhadap partainya, Gallagher tetap menjadi suara penting dari Partai Republik yang mewakili negara bagian penting yang berada dalam situasi perubahan. Trump memenangkan Wisconsin pada tahun 2016 tetapi kalah dari Presiden Joe Biden pada tahun 2020.

Kepergian Gallagher kemungkinan akan memicu kehebohan di Kongres dari kedua belah pihak untuk mengisi kursinya.

MEMBACA  Berita baik tentang sistem pertahanan udara akan segera datang

Distrik ke-8 Wisconsin adalah wilayah yang sedikit lebih cenderung ke Partai Republik di Negara Bagian Badger. Pada tahun 2022, Gallagher memenangkan sekitar 72% suara melawan beberapa kandidat partai ketiga tetapi tidak ada lawan Demokrat resmi.

Kali ini bisa berbeda, namun, dengan mata Demokrat yang sudah siap untuk menggantikannya. Kristin Lyerly, seorang OBGYN Wisconsin, mengatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri menggulingkan kursi Gallagher.

Gallagher telah menjabat selama empat periode di Kongres. Kepergiannya dari Washington tidak terduga mengingat statusnya sebagai bintang muda Partai Republik. Partai Republik tahun lalu mempertimbangkan Gallagher sebagai calon Senat yang mungkin, yang dia tolak.

Dia juga ditunjuk sebagai ketua komite China bergengsi di Dewan, yang dibentuk pada awal tahun lalu.

Komite Pemilihan tentang Partai Komunis Tiongkok adalah kelompok bipartisan anggota kongres yang bertujuan untuk pengawasan dan regulasi hubungan Amerika Serikat-Tiongkok. Komite ini membuat berita pada bulan Januari ketika Direktur FBI Christopher Wray mengumumkan bahwa penyidik AS telah menargetkan dan menetralkan kelompok peretasan yang didukung oleh Tiongkok bernama “Volt Typhoon”.