Nvidia memimpin Nasdaq dan S&P 500 ke rekor tertinggi Menurut Reuters

Oleh Noel Randewich dan Ankika Biswas

NEW YORK (Reuters) – Nasdaq dan mencapai rekor tertinggi pada hari Rabu didorong oleh kenaikan saham Nvidia dan perusahaan-perusahaan besar Wall Street lainnya menjelang data inflasi dan laporan keuangan triwulanan yang akan dirilis pekan ini.

Ini adalah hari kelima berturut-turut rekor intraday untuk S&P 500 dan Nasdaq. S&P 500 melampaui 5.600 untuk pertama kalinya karena harapan akan pemotongan suku bunga pada bulan September meningkat setelah komentar pekan ini oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Powell mengatakan dalam kesaksian Kongres keduanya bahwa dia belum siap untuk menyimpulkan bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan turun ke level 2%, meskipun dia menyatakan \”sedikit keyakinan akan hal tersebut\”.

Indeks semikonduktor Philadelphia melonjak 2% ke rekor tertinggi setelah produsen kontrak Taiwan Semiconductor Manufacturing Co mencatat pendapatan triwulanan yang kuat.

\”Laporan TSMC mendukung narasi kecerdasan buatan, jadi lebih dari hal lain hari ini adalah titik data yang cukup penting,\” kata Thomas Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investments di Atlanta.

Micron Technology melonjak hampir 4%, sementara Nvidia naik 2,3% ke level tertinggi dalam tiga minggu.

Apple naik 1,4% ke rekor tertinggi, mengerek nilai pasar sahamnya menjadi hampir $3,6 triliun.

Dari 11 indeks sektor S&P 500, 10 naik, dipimpin oleh teknologi informasi, naik 1,24%, diikuti oleh kenaikan 0,97% di sektor material.

Dengan hanya beberapa saham besar yang mendorong reli Wall Street tahun ini, beberapa investor khawatir tentang potensi penjualan jika pendapatan perusahaan-perusahaan tersebut tidak memenuhi harapan yang tinggi.

S&P 500 naik 0,69% menjadi 5.615,50 poin.

Nasdaq menguat 0,99% menjadi 18.610,88 poin, sementara Dow Jones naik 0,48% menjadi 39.482,11 poin.

MEMBACA  Aplikasi desktop ChatGPT sangat membantu daripada yang saya kira - inilah alasannya dan bagaimana cara mencobanya

Data inflasi AS yang akan dirilis pekan ini termasuk Consumer Price Index pada hari Kamis dan laporan Producer Price Index pada hari Jumat.

Harapan akan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan September naik menjadi 74% dari sekitar 70% pada hari Selasa dan 45% sebulan yang lalu, menurut FedWatch CME.

Musim laporan keuangan kuartal kedua, yang dimulai pekan ini dengan bank-bank besar melaporkan pada hari Jumat, akan menguji apakah megacaps yang sedang naik daun dapat membenarkan valuasi yang mahal dan memperpanjang kinerja kuat mereka.

Intuit turun 3% setelah pemilik TurboTax mengatakan akan merumahkan sekitar 10% dari karyawannya.

Perusahaan pembuat peralatan sekuensing gen, Illumina, naik 6,5% atas rencana untuk mengakuisisi Fluent BioSciences yang tidak terdaftar.

Saham yang naik outnumbered yang turun dalam S&P 500 dengan rasio 2,3 banding 1.

S&P 500 mencatat 27 rekor baru dan 10 rekor terendah; Nasdaq mencatat 54 rekor baru dan 104 rekor terendah.