Nvidia memicu pembicaraan tentang kemungkinan inklusi di Dow setelah pemecahan saham

(Reuters) – Pembagian saham 10 banding 1 oleh Nvidia yang bertujuan untuk menarik investor ritel telah berlaku, memicu spekulasi mengenai peluang inklusi perusahaan tersebut dalam indeks blue-chip Dow.

Pembagian saham ini bertujuan untuk menurunkan nilai per saham agar lebih terjangkau bagi karyawan dan investor, meningkatkan jumlah saham yang beredar tanpa mengubah valuasi saham.

“Efek samping dari pembagian saham Nvidia akan membuatnya menjadi kandidat untuk mengikuti jejak Amazon dan Apple masuk ke dalam Dow, yang potensial akan menggeser saham chip lainnya yaitu Intel yang saat ini memiliki bobot terendah,” kata Ben Laidler, strategist pasar global di perusahaan pialang digital eToro.

Saham tersebut turun 0,5% dalam perdagangan premarket pada hari Senin, setelah naik hampir 27% sejak perusahaan mengumumkan pembagian saham dan proyeksi yang kuat bulan lalu. Perusahaan pembuat chip AI dominan ini juga telah mencapai nilai pasar $3 triliun dan melampaui Apple untuk menjadi perusahaan kedua terbesar di dunia, hanya kalah dari Microsoft.

Analis pasar mengatakan pembagian saham cenderung menarik investor individu yang bertransaksi dalam jumlah kecil dan memiliki modal yang lebih sedikit daripada investor institusi.

Namun, para strategi Goldman Sachs yang dipimpin oleh David Kostin mengatakan dalam sebuah catatan bahwa sebagian besar pembagian saham terbaru tidak menghasilkan peningkatan signifikan dalam aktivitas perdagangan ritel, namun ada beberapa pengecualian yang mencolok seperti pembagian saham Amazon pada tahun 2022 dan pembagian saham Nvidia pada tahun 2021.

Lebih lanjut, “investor biasanya memberikan valuasi yang lebih tinggi pada saham-saham likuid karena biaya perdagangan yang rendah dan fleksibilitas dalam berbagai lingkungan pasar,” kata para strategis.

Sejak beberapa tahun terakhir, volume perdagangan secara singkat meningkat setelah pengumuman pembagian saham namun menunjukkan sedikit perubahan selama dan setelah pembagian saham berlaku, menurut analisis Goldman terhadap 45 pembagian saham Russell 1000 sejak tahun 2019.

MEMBACA  Wawasan Ekonomi Mikro tentang Pasar Asuransi Kesehatan

Saham Nvidia terakhir diperdagangkan pada harga $120 per saham setelah pembagian, dibandingkan dengan $1,200 pada hari Jumat, menjadikannya sebagai kandidat potensial untuk masuk ke dalam indeks Dow yang terdiri dari 30 saham yang dihitung berdasarkan harga.

Juru bicara S&P Dow Jones Indices pada akhir Mei mengatakan bahwa pihaknya tidak memberikan komentar atau berspekulasi mengenai penambahan atau penghapusan dari indeks.

(Pelaporan oleh Medha Singh di Bengaluru; pelaporan tambahan oleh Pranav Kashyap; Penyuntingan oleh Devika Syamnath)