Musk menyangkal menjual terminal Starlink ke Rusia setelah Kyiv mengklaim penggunaannya.

Pada tanggal 27 Februari 2023, roket Falcon 9 meluncurkan misi Starlink dari Florida.

SpaceX

Badan intelijen militer utama Ukraina menuduh pasukan Rusia menggunakan terminal Starlink yang diproduksi oleh SpaceX milik Elon Musk di daerah yang diduduki.

Starlink telah teguh menyatakan bahwa jaringan satelitnya tidak pernah dioperasikan atau dipasarkan di Rusia, setelah terminalnya dikirim ke Ukraina setelah invasi pada bulan Februari 2022, untuk memfasilitasi komunikasi medan perang bagi pasukan Ukraina.

“Sejumlah berita palsu mengklaim bahwa SpaceX menjual terminal Starlink ke Rusia. Ini adalah kabar yang kategoris tidak benar,” tulis Musk pada hari Minggu di platform media sosial X, yang juga dimilikinya.

“Sejauh pengetahuan kami, tidak ada Starlink yang dijual secara langsung maupun tidak langsung ke Rusia.”

Main Directorate of Intelligence (GUR) Kyiv mengklaim pada hari Minggu bahwa ada bukti yang semakin banyak menunjukkan penggunaan peralatan tersebut oleh pasukan Rusia di wilayah Ukraina timur yang sebagian diduduki, yaitu Donetsk.

“Ya, telah tercatat kasus penggunaan perangkat ini oleh okupan Rusia. Ini mulai mengambil sifat sistemik,” kata juru bicara GUR Andriy Yusov kepada RBC-Ukraine.

Dalam pernyataan di situs webnya, GUR mengatakan bahwa intersepsi radio percakapan antara pasukan Rusia menunjukkan bahwa terminal Starlink telah dipasang di unit Brigade Serbu 83 Rusia yang beroperasi di Donetsk dekat desa Klischiivka dan Andriivka.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera memberikan tanggapan ketika CNBC mencoba menghubungi mereka untuk komentar.

Pada tanggal 8 Februari, Starlink mengatakan dalam postingannya di X bahwa “SpaceX tidak melakukan bisnis dengan Pemerintah Rusia atau militer Rusia dalam bentuk apapun.”

“Starlink tidak aktif di Rusia, yang berarti layanan tidak akan berfungsi di negara tersebut. SpaceX tidak pernah menjual atau memasarkan Starlink di Rusia, dan juga tidak pernah mengirim peralatan ke lokasi di Rusia. Jika toko-toko Rusia mengklaim menjual Starlink untuk layanan di negara tersebut, mereka sedang menipu pelanggan mereka.”

MEMBACA  Saham Nvidia Tidak Bisa Terus Meningkat. Aturan Ini Akan Memberitahu Anda Kapan Waktunya Untuk Menjual.