Microsoft dilaporkan melepas kursi pengamatnya di dewan OpenAI

Microsoft dilaporkan mengatakan bahwa mereka akan melepaskan kursi pengamatnya di dewan OpenAI amid pemeriksaan regulasi terkait kecerdasan buatan generatif di Eropa dan Amerika Serikat.

Wakil Kepala Hukum Microsoft Keith Dolliver menulis surat kepada OpenAI pada Selasa malam, menurut laporan media yang berbeda, mengatakan bahwa posisi tersebut memberikan wawasan tentang aktivitas dewan tanpa mengorbankan independensinya.

Tetapi surat tersebut menambahkan bahwa kursi tersebut tidak lagi diperlukan karena Microsoft telah “melihat kemajuan signifikan dari dewan yang baru terbentuk,” menurut Financial Times.

UE sebelumnya mengatakan bahwa Microsoft bisa menghadapi penyelidikan persaingan tidak sehat, karena melihat pasar dunia maya dan kecerdasan buatan generatif.

Komisi, yang merupakan lengan eksekutif UE, mengatakan pada bulan Januari bahwa mereka “sedang meneliti beberapa perjanjian yang telah dicapai antara pemain pasar digital besar dan pengembang dan penyedia kecerdasan buatan generatif” dan menyoroti kemitraan Microsoft-OpenAI sebagai kesepakatan tertentu yang akan mereka pelajari.

Pada bulan Juni, regulator persaingan UE mengatakan akan mencari pandangan pihak ketiga tambahan tentang kesepakatan tersebut.

Microsoft menduduki kursi dewan yang tidak memiliki hak suara di OpenAI kembali pada bulan November dalam upaya untuk meredakan beberapa pertanyaan tentang minat Microsoft dalam startup tersebut, menyusul periode yang bergejolak di mana CEO OpenAI Sam Altman dipecat, kemudian segera dipekerjakan kembali.

Altman mengatakan dalam catatan kepada staf saat itu bahwa OpenAI “jelas telah membuat pilihan yang tepat untuk bermitra dengan Microsoft dan saya senang bahwa dewan baru kami akan mencakup mereka sebagai pengamat non-voting.”

OpenAI muncul sebagai salah satu startup paling panas secara global setelah merilis chatbot ChatGPT-nya pada akhir 2022. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan pertanyaan teks sederhana dan mendapatkan jawaban cerdas dan kreatif yang dapat mengarah pada percakapan yang lebih mendalam.

MEMBACA  Donald Trump mengatakan imigrasi merampas 'pekerjaan Orang Kulit Hitam.' Para ekonom terkemuka: Tidak

Microsoft telah mengalirkan miliaran dolar ke dalam startup tersebut, dengan total investasinya hingga saat ini dilaporkan mencapai $13 miliar. Raksasa teknologi ini telah secara efektif menjadi pemimpin dalam dorongan menuju model AI dasar mengingat investasinya di dan kemitraannya dengan OpenAI.

Ini adalah berita yang sedang berkembang dan sedang diperbarui.