Mengambil perjalanan dengan satu anak pada satu waktu: liburan ikatan orang tua-anak

Seorang jurnalis berpengalaman yang bernama Sonja Prokopec melakukan perjalanan “solo” pertamanya bersama anak laki-lakinya ketika ia berusia enam tahun.

Mereka pergi ke Roma, dan pengalaman itu begitu berkesan sehingga Prokopec mengatakan bahwa ia sekarang merencanakan perjalanan kedua mereka pada musim panas ini.

“Saya sangat menikmati waktu berdua yang kami miliki saat bepergian sendirian,” katanya. “Tidak ada gangguan, tidak ada pertengkaran di antara saudara, waktu yang dihabiskan bersama memiliki kualitas yang tinggi… Anak saya masih sering bercerita tentang waktu kami di Roma dan tak sabar untuk perjalanan [kami] ke London bulan Juni ini.”

Prokopec dan suaminya memiliki tiga anak — putranya yang kini berusia 10 tahun, dan dua putri yang lebih muda. Mereka bepergian bersama, tetapi waktu bersama hanya satu anak dan satu orang tua memiliki keuntungan yang jarang diberikan oleh perjalanan keluarga, katanya.

“Mengunjungi dengan hanya satu anak memungkinkan Anda untuk fokus pada kebutuhan hanya anak tersebut,” katanya. “Selain itu, karena saya tidak direpotkan oleh mengelola permintaan yang berbeda, saya merasa menjadi orang tua yang lebih baik — lebih sabar, lebih bermain, dan lebih dalam momen.”

“Anak saya sangat menyukai perhatian dan senang bahwa kami bisa menjelajah bersama, hanya berdua,” katanya.

Sonja Prokopec bersama suaminya — yang “selalu bersikeras untuk melakukan segala sesuatu bersama, termasuk bepergian” — kini juga telah menjadi pendukung, katanya.

“Suami saya juga pernah membawa anak laki-laki saya sendirian ke Turki dan sangat menyukainya… bahkan dia juga melihat nilai dari itu,” katanya kepada CNBC Travel.

Sonja Prokopec dan anak laki-lakinya, Laith, dalam perjalanan mereka ke Roma.

Sumber: Sonja Prokopec

Prokopec belum melakukan perjalanan solo dengan kedua anak bungsunya, terutama karena Covid-19, katanya. Tetapi itu mungkin segera berubah.

“Saya pasti akan melakukan lebih banyak,” katanya.

MEMBACA  TCL Memperluas Kemitraan Global dengan FIBA untuk Terus Menginspirasi Kehebatan di Lapangan Basket

Sebuah tren yang berkembang

Perusahaan perjalanan mewah Scott Dunn menamai “liburan ikatan orangtua-anak” sebagai salah satu tren perjalanan teratas tahun 2023.

Perjalanan ibu-dan-anak khususnya sedang meningkat, meskipun perjalanan ayah-dan-anak juga semakin populer, menurut perusahaan tersebut.

“Duo orangtua-anak sering memilih destinasi dan mengikutsertakan pengalaman berdasarkan minat bersama mereka,” kata Mike Harlow, General Manager Scott Dunn.

Mike Harlow dari Scott Dunn merekomendasikan Norwegia (ditunjukkan di sini) untuk hiking dan bersepeda, Finlandia untuk melihat Aurora Borealis dan Afrika, yang telah populer bagi orangtua yang bepergian dengan remaja. Untuk opsi yang lebih ramah anggaran, ia merekomendasikan Kamboja, Vietnam, Thailand, atau Sri Lanka.

Nadezhda1906 | Istock | Getty Images

Harlow mengatakan perusahaannya baru-baru ini membantu seorang duo ayah-dan-anak untuk memesan perjalanan ke Kamboja yang difokuskan pada sejarah negara dan taman nasionalnya.

“Kami juga memiliki duo ibu-dan-anak yang pergi ke Korea Selatan untuk perjalanan berdasarkan tema K-drama dan K-pop, sementara duo ibu-dan-anak lainnya melakukan perjalanan ke India untuk menjelajahi segitiga emas klasik bersama,” katanya.

Gajah dan ‘gelembung hutan’

Tahun lalu, saya memutuskan untuk memesan perjalanan ibu-dan-anak sendiri dengan anak tertua saya. (Untuk memenuhi keluhan ketidakadilan dari saudara-saudaranya yang lebih muda, saya berjanji kepada semua orang perjalanan “solo” saat ulang tahun ke-10 mereka juga.)

Untuk memutuskan ke mana pergi, saya menanyakan serangkaian pertanyaan sederhana kepada putri saya: pantai atau gunung, cuaca dingin atau hangat, hewan atau olahraga petualangan?

Berdasarkan jawabannya, saya menawarkan beberapa ide padanya. Dia memilih Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort, di luar Chiang Rai, Thailand. Kami memesan beberapa malam di hotel utama, dan satu malam di “Jungle Bubble” hotel — sebuah tenda sferis dengan tempat tidur king size dan kamar mandi yang memiliki pemandangan ke bagian dari area 168 hektar hotel di mana gajah-gajahnya dapat berkeliaran.

MEMBACA  Trump menang dalam inflasi saat Biden berfokus pada tarif, pekerjaan: jajak pendapat NBC NewsTrump memenangkan inflasi sementara Biden berpusat pada tarif, pekerjaan: jajak pendapat NBC News

Di siang hari, kami berjalan bersama gajah-gajah melalui ladang dan melihat mereka mandi di sungai di perbatasan Myanmar. Kami menyiapkan makanan untuk gajah-gajah dan memberi makan mereka, tetapi kami tidak menungganginya, sebuah praktik yang tidak diizinkan oleh hotel atau didukung oleh para pendukung hak-hak hewan.

Pada malam hari, kami berenang di kolam renang hotel dan mengadakan “spa night” di kamar kami, dengan masker wajah dari rumah dan garam mandi serta losion dari hotel. Di malam hari, kami duduk di luar dan melihat bintang-bintang.

Tamu di Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort dapat menyiapkan “power balls” yang terbuat dari pisang, dedak beras, biji bunga matahari, beras ketan, asam jawa, dan garam untuk diberikan kepada gajah-gajah.

Sumber: Monica Pitrelli

Suatu pagi, saya menyarankan kami memesan kelas memasak. Tetapi putri saya sangat ingin mencoba tinju Muay Thai sebagai gantinya. Menahan keinginan untuk memberitahunya bahwa dia tidak akan menyukainya (baca: saya tidak akan menyukainya), saya memesan sesi tersebut. Dia menyukai setiap menitnya.

Bagi saya, saya sangat menikmati waktu yang begitu banyak dengan putri saya, tanpa harus mengurus kebutuhan orang lain. Saya menemukan diri saya menceritakan kisah-kisah dari masa lalu — milik saya dan suami saya — hanya karena, tanpa suara bersaing di sekitar, saya bisa.

Anantara Golden Triangle Elephant Resort & Camp saat ini memiliki 20 ekor gajah, termasuk pasangan induk dan bayi. Hotel tersebut mengatakan bahwa mereka tidak membeli gajah-gajah tersebut, dan menungganginya dilarang.

Sumber: Monica Pitrelli

Waktu itu juga memberikan banyak momen-momen yang dapat diajarkan — pelajaran yang sejak lama perlu diajarkan. Saat istirahat di kamar kami suatu hari, saya tiba-tiba ingat bahwa kami perlu memesan makan siang untuk periode sekolah berikutnya putri saya.

MEMBACA  Ukraina mendesak India untuk memikir ulang 'warisan Soviet' dari hubungan dengan RusiaUkraina mendesak India untuk mempertimbangkan kembali 'legacy Soviet' dari hubungan dengan Rusia

“Mama,” katanya, menatap saya dari bukunya. “Kita bisa melakukannya saat kita pulang ke rumah.”

Sebagai bonus, suami saya melaporkan bahwa dia menghabiskan waktu yang menyenangkan di rumah dengan anak-anak kami yang lain — menikmati momen-momen spesial mereka sebagai trio, tanpa komplikasi yang biasanya muncul dengan keluarga berjumlah lima orang.

Kenangan yang abadi

Madeline Austin, asli California, juga tumbuh dengan lima orang dalam keluarganya. Dia mengatakan bahwa dia dengan jelas mengingat perjalanan yang dia lakukan sebagai seorang anak dengan ibu dan neneknya.

Perjalanan tersebut “berpusat di sekitar sesuatu yang mereka tahu saya minati. Misalnya, saya membuat laporan tentang Taman Nasional Yellowstone di sekolah dasar dan menjadi terobsesi dengan geiser, jadi mereka membawa saya dalam perjalanan akhir pekan panjang untuk mengunjungi dan melihatnya secara langsung,” katanya.

Foto terbaru dari Madeline Austin dan ibunya sebelum mereka pergi ke Hollywood Bowl, sebuah venue musik live di Los Angeles, California.

Sumber: Madeline Austin

Austin mengatakan keluarganya tidak sering bepergian, jadi rasanya “sangat istimewa” untuk melakukan perjalanan dengan ibunya.

“Dia berinvestasi dalam minat saya, dan perhatian penuh yang saya terima dari dia pada akhir pekan itu — terutama sebagai anak tengah yang terlupakan — benar-benar istimewa dan sesuatu yang akan saya ingat selamanya,” katanya.

Dia mengingat memegang tangan ibunya dan menonton geiser meletus. “Saya juga ingat meninggalkan taman dengan lelah dari berjalan, makan malam bersama, dan bisa memesan soda — yang biasanya tidak kami miliki di rumah!”

Austin, yang kini berusia 27 tahun, belum menjadi seorang orang tua, tetapi dia mengatakan bahwa dia akan melanjutkan tradisi itu dengan anak-anaknya sendiri suatu hari nanti.

“Itu adalah waktu yang sangat istimewa untuk terhubung satu lawan satu dengan anak Anda dengan cara yang tidak bisa Anda tiru di rumah.”