Masa Depan Elon Musk dan Tesla di Ujung Tanduk Minggu Ini Saat Pemegang Saham Memilih Paket Gaji Besar

DETROIT (AP) — Jika pemegang saham Tesla memberikan suara menentang pengembalian paket gaji $44,9 miliar Elon Musk pada hari Kamis, CEO tersebut bisa memenuhi ancamannya untuk membawa penelitian kecerdasan buatan ke salah satu perusahaan lainnya. Atau bahkan bisa pergi.

Jika mereka menyetujui paket kompensasi semua saham yang dibatalkan oleh seorang hakim Delaware pada bulan Januari, hampir dapat dipastikan bahwa dia akan tetap di perusahaan yang ia kembangkan menjadi pemimpin dunia dalam kendaraan listrik, beralih ke AI dan robotika termasuk kendaraan otonom, yang menurut Musk adalah masa depan Tesla.

Tetapi bahkan dengan persetujuan kembali di pertemuan tahunan pemegang saham hari Kamis ini, yang banyak analis katakan kemungkinan besar terjadi, akan ada ketidakpastian. Musk telah mengancam di X, platform media sosialnya, untuk mengembangkan AI di tempat lain jika dia tidak mendapatkan 25% saham di Tesla (Dia sekarang memiliki sekitar 13%). xAI Musk baru-baru ini menerima pendanaan $6 miliar untuk mengembangkan kecerdasan buatan.

Analis Wedbush Dan Ives mengatakan ia mengharapkan paket tersebut akan disetujui kembali secara luar biasa, mengakhiri banyak ketidakpastian dengan Musk. “Masalah ini telah menjadi beban bagi saham Tesla, dan ini akan penting untuk menghilangkan gangguan ini dari pandangan,” tulis Ives dalam catatan kepada para investor.

Saham Tesla Inc. telah turun lebih dari 30% tahun ini dengan perusahaan memperingatkan pertumbuhan penjualan “cukup rendah” tahun ini.

Juga dalam pemungutan suara pemegang saham adalah masalah terkait memindahkan kantor hukum pembuat kendaraan listrik tersebut dari Delaware ke Texas.

Pindah ini dirancang untuk melarikan diri dari pengawasan pengadilan Delaware dan mungkin keputusan dari Hakim Chancellor Kathaleen St. Jude McCormick yang membatalkan paket gaji Musk. Dalam pendapat Januari tentang gugatan pemegang saham, hakim menetapkan bahwa Musk mengendalikan dewan Tesla dan tidak berhak atas paket tersebut yang dulunya bernilai hampir $56 miliar.

MEMBACA  Yen Siap Memasuki Minggu Terbaik dalam Lebih dari Setahun; Dolar Menunggu Data Pekerjaan AS Oleh Reuters

Beberapa investor institusi besar telah menentang pembayaran sebesar itu, beberapa mengutip penurunan penjualan kendaraan, pemotongan harga, dan penurunan harga saham Tesla. Tapi lima pemegang saham institusi teratas Tesla, Vanguard, BlackRock, State Street, Geode Capital, dan Capital Research mengatakan bahwa mereka tidak mengumumkan suara mereka atau tidak akan berkomentar. Mereka mengendalikan sekitar 17% suara.

Erik Gordon, seorang profesor bisnis dan hukum di Universitas Michigan, mengatakan pemegang saham individu kemungkinan akan memberikan suara untuk paket tersebut, dan mereka memiliki lebih dari setengah saham Tesla.

Salah satu investor yang menentang paket tersebut adalah dana kekayaan berdaulat Norwegia yang dioperasikan oleh Norges Bank Investment Management. Bank tersebut mengatakan akhir pekan lalu bahwa mereka akan memberikan suara tidak pada hari Kamis.

Cerita berlanjut

“Meskipun kami menghargai nilai yang signifikan yang dihasilkan di bawah kepemimpinan Tuan Musk sejak tanggal hibah pada tahun 2018, kami tetap khawatir tentang ukuran total penghargaan, struktur yang diberikan pemicu kinerja, dilusi, dan kurangnya mitigasi risiko orang kunci,” kata Norges Bank Investment Management dalam pernyataan yang disiapkan.

Pada bulan Mei, dua firma penasihat pemegang saham besar, ISS dan Glass Lewis, merekomendasikan memberikan suara menentang paket tersebut.

Tapi Tesla dan Musk telah meluncurkan upaya lobbying sengit untuk mendapatkan paket tersebut disetujui, dalam posting di X, penampilan televisi, dan dalam pengajuan kuasa dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat.

“Hanya 2 hari lagi untuk melindungi & membantu meningkatkan nilai investasi Anda di $TSLA dengan memberikan suara FOR ratifikasi Penghargaan Kinerja CEO 2018,” tulis Tesla di X awal Selasa.

Ketua Tesla Robyn Denholm, dalam surat kepada para pemegang saham, menulis bahwa paket tersebut disetujui oleh 73% suara enam tahun yang lalu. “Karena Pengadilan Delaware meragukan keputusan Anda, Elon tidak dibayar atas kerja kerasnya selama enam tahun terakhir yang telah membantu menghasilkan pertumbuhan signifikan dan nilai bagi pemegang saham. Itu terasa bagi kami — dan banyak pemegang saham dari mana kami sudah mendengar — sebagai sesuatu yang tidak adil secara mendasar, dan tidak konsisten dengan keinginan pemegang saham yang memberikan suara untuk itu,” tulisnya.

MEMBACA  Pasar Saham Hari Ini: Indeks Dow Jones Naik; Saham Nvidia, Tesla Dijual

Tesla mengatakan penghargaan 2018 mendorong Musk untuk menciptakan lebih dari $735 miliar nilai untuk pemegang saham dalam enam tahun sejak disetujui.

Jika Tesla menyelesaikan pemungutan suara tentang memindahkan kantor hukum perusahaan ke Texas sebelum pemungutan suara tentang paket gaji Musk, dan berhasil mengajukan dokumen di Austin dan mendapatkan persetujuan untuk pindah, maka efek putusan pengadilan Delaware bisa dipertanyakan. Persetujuan kembali paket gaji kemudian akan dilakukan sebagai perusahaan Texas dan bisa jatuh ke bawah pengawasan pengadilan Texas.

Mengantisipasi langkah cepat oleh Tesla, pengacara pemegang saham yang mengajukan gugatan untuk mencegah kesepakatan gaji Musk, Richard Tornetta, mengajukan mosi di Delaware bulan lalu yang meminta penghentian Tesla mencoba memindah kasus tersebut. Tesla menjawab dalam surat kepada hakim bahwa tidak ada alasan untuk khawatir karena mereka tidak akan mencari pemindahan. Selain itu, Tesla masih akan menjadi perusahaan Delaware pada saat pemungutan suara pemegang saham minggu ini, mereka menulis.

Dalam perintah menolak mosi Tornetta, Chancellor McCormick menulis bahwa dia memahami surat-surat Tesla untuk berarti bahwa mereka tidak bermaksud untuk memindahkan kasus ke Texas. “Pernyataan para tergugat memberi saya kenyamanan yang besar,” tulisnya.

Eric Talley, seorang profesor hukum di Universitas Columbia, mengatakan pengacara kemungkinan tidak akan mencoba memindahkan kasus karena mata pencaharian mereka adalah menangani kasus bisnis di pengadilan Delaware.

Tapi juga mungkin bahwa Musk yang tidak terduga bisa mengganti pengacara.

Mccormick, kata Talley, memberitahu para pengacara “OK, saya akan percaya pada Anda, tapi saya akan sangat terganggu jika ini adalah hal besar untuk hal-hal yang telah Anda katakan Anda tidak akan lakukan.”

Talley, yang juga adalah pemegang saham Tesla dan mengatakan saat ini dia berencana memberikan suara menentang gaji Musk, mengharapkan Tesla untuk melanjutkan dengan mengajukan banding atas putusan McCormick ke Mahkamah Agung Delaware.

MEMBACA  Serial Prekuel Game of Thrones Lainnya Baru Saja Mengambil Langkah Besar ke Depan