AS akan mengirimkan baterai peluru kendali pertahanan udara Patriot lain ke Ukraina

Unlock newsletter US Election Countdown secara gratis

Amerika Serikat akan memberikan sistem pertahanan udara Patriot tambahan kepada Ukraina untuk memperkuat pertahanan negara tersebut terhadap Rusia, bergabung dengan kontribusi dari empat anggota Nato lainnya saat aliansi menunjukkan dukungan berkelanjutan kepada Kyiv.

Biden mengumumkan sistem baru tersebut saat ia memulai puncak ke-75 aliansi, yang diadakan di Washington dan berlangsung pada saat ketidakpastian politik di AS dan tempat lain. Mantan presiden Donald Trump, yang unggul dalam sebagian besar jajak pendapat pemilihan AS, skeptis terhadap aliansi dan telah mengancam akan menarik dukungan Amerika dari Kyiv jika tidak bernegosiasi dengan Moskow.

Ukraina telah berulang kali memohon untuk mendapatkan kemampuan pertahanan udara tambahan untuk menolak serangan harian Rusia terhadap target sipil dan infrastruktur penting.

“Pesan kami kepada Moskow dan dunia jelas: dukungan kami terhadap Ukraina kuat dan teguh,” kata Biden, Perdana Menteri Belanda Dick Schoof, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis dalam pernyataan bersama pada hari Selasa.

Pengumuman ini juga datang sehari setelah rudal Rusia menghantam rumah sakit kanker anak-anak di Kyiv sebagai bagian dari serangan yang menewaskan setidaknya 41 warga sipil di seluruh negara.

Meskipun aliansi berharap dapat menunjukkan kekuatan dan kesatuan dalam pertemuan tahunan tersebut, pertanyaan tentang komitmen masa depan Washington terhadap Nato di bawah kemungkinan kepresidenan Trump serta pertanyaan tentang usia Biden telah menutupi tujuan tersebut.

Trump pada hari Selasa mengatakan AS memberikan terlalu banyak untuk pertahanan Ukraina dan bahwa Eropa harus membayar setidaknya $100 miliar untuk menyamakan kontribusi Washington. Sebenarnya, negara-negara Eropa sebagai kelompok telah memberikan kontribusi lebih dari yang diberikan Washington, menurut Institut Kiel untuk Ekonomi Dunia.

MEMBACA  Yen tetap membuat pasar gelisah menurut Reuters

Donasi Patriot AS diumumkan oleh Biden saat ia menunjuk ke sistem pertahanan udara lain yang sebelumnya diumumkan yang dikirim oleh anggota Nato.

Italia akan menyediakan sistem SAMP-T, Jerman dan Rumania masing-masing akan menyediakan sistem Patriot, dan Belanda akan menyediakan sistem Patriot yang terdiri dari komponen yang disumbangkan oleh negara lain.

“Lima sistem pertahanan udara strategis ini akan membantu melindungi kota-kota, warga sipil, dan tentara Ukraina, dan kami sedang berkoordinasi erat dengan pemerintah Ukraina agar sistem-sistem ini dapat digunakan dengan cepat,” kata kelima pemerintah dalam pernyataan bersama. “Kami sedang bekerja pada pengumuman lebih lanjut tahun ini tentang sistem pertahanan udara strategis tambahan untuk Ukraina.”

AS bulan lalu mengatakan akan menghentikan semua ekspor peluru Patriot lainnya untuk memastikan Ukraina dilengkapi dengan cukup.

Perang melawan Ukraina telah menyoroti keterbatasan kemampuan pertahanan udara barat, dan mendorong sejumlah inisiatif Eropa untuk mengembangkan dan memproduksi persenjataan baru.