Video Pendaki Jatuh Tergilincir Saat Hujan Lebat di Bukit Mongkrang Menjadi Viral

Selasa, 13 Februari 2024 – 14:13 WIB

VIVA Trending – Banyak cerita menarik dari para pendaki saat melakukan pendakian ke gunung atau bukit. Mulai dari kehilangan nyawa hingga luka-luka ringan, banyak pengalaman yang dialami oleh para pendaki saat melakukan pendakian.

Baca Juga:

Sandiaga Uno Buka Suara Atas Kejadian Speedboat Terbalik di Perairan Derawan

Salah satu pendaki mengalami kejadian serupa baru-baru ini. Baru-baru ini media sosial dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pendaki tergelincir saat berada di Bukit Mongkrang.

Dalam unggahan akun X @folkshitt terlihat beberapa pendaki terjebak di sebuah bukit. Dalam video yang beredar, terlihat cuaca ekstrem yang melanda para pendaki di Bukit Mongkrang.

Baca Juga:

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Bukit Mongkrang merupakan salah satu tempat wisata di Karanganyar. Dengan jalur pendakian yang mudah dan tidak rumit, bukit ini cocok bagi pendaki pemula. 

Baca Juga:

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

Namun sayangnya, dalam video tersebut terlihat cuaca buruk dan hujan deras yang membuat para pendaki di Bukit Mongkrang kesulitan melanjutkan pendakian.

Dikutip dari keterangan saksi @waaalangsangit, pada hari Sabtu, 10 Februari 2024, cuaca di Bukit Mongkrang, Jawa Tengah, sedang buruk dengan hujan deras, namun para pendaki tetap memaksakan diri untuk naik.

Dalam kejadian tersebut, jalur menjadi licin dan dua orang pendaki tergelincir sejauh 15 meter, namun selamat. Untuk sementara waktu, Bukit Mongkrang ditutup demi keselamatan para pendaki, mengingat cuaca ekstrem yang tidak memungkinkan untuk didaki.

Reaksi Warganet

Video yang memperlihatkan pendaki tergelincir langsung menjadi sorotan dan mendapat berbagai reaksi dari warganet di media sosial.

MEMBACA  Arda Guler Terlalu Cepat Bergabung dengan Real Madrid

“Mendaki gunung tanpa tujuan yang jelas, hanya untuk mencari kesenangan seperti sunrise, lebih banyak keburukannya,” tulis seorang warganet.

“Kehidupan kalian dipertaruhkan dengan resiko tersesat, kecelakaan, atau serangan hewan buas hanya untuk mendaki gunung, tidak sebanding dengan apa yang didapatkan,” kata lainnya.

“Bagaimana kondisi pendaki sekarang, min?” tanya pengguna lainnya.

“Saya juga pendaki, mungkin ini hanya kecelakaan, karena banyak faktor. Paling aman dan nyaman mendaki gunung adalah bulan April hingga akhir September, ketika musim hujan seperti sekarang sebaiknya tidak mendaki, karena risikonya lebih tinggi. Selain itu, perlengkapan yang digunakan juga harus yang baik,” kata pengguna lainnya.

“Sangat menyeramkan, meluncur bebas. Saya yang belum pernah mendaki kadang-kadang ingin mencobanya, seperti yang teman-teman ceritakan kepada saya, sangat menarik untuk para pecinta alam,” kata lainnya.

Halaman Selanjutnya

Dalam kejadian tersebut, jalur menjadi licin dan dua orang pendaki tergelincir sejauh 15 meter, namun selamat. Untuk sementara waktu, Bukit Mongkrang ditutup demi keselamatan para pendaki, mengingat cuaca ekstrem yang tidak memungkinkan untuk didaki.