Tahun Baru Imlek: Pelabuhan Batam Menambahkan 14 Perjalanan untuk Liburan

Sejak hari ini (Sabtu), jumlah penumpang telah melebihi sembilan ribu. Hal ini berdasarkan data kedatangan. Batam (ANTARA) – Pelabuhan Internasional Batam Center di kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, menawarkan 14 perjalanan tambahan selama liburan Tahun Baru Imlek 2024.

Manajemen pelabuhan telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah perjalanan untuk menyesuaikan dengan peningkatan arus penumpang dari Singapura ke Batam, kata manajer operasional pelabuhan internasional, Nika Astaga, di Batam pada hari Sabtu.

“Peningkatan hanya terjadi pada kedatangan. Untuk keberangkatan, semuanya relatif normal,” katanya.

Biasanya, pelabuhan internasional menawarkan perjalanan dengan 83 kapal, tambah Astaga.

Sejak Jumat (9 Februari 2024), jumlah kedatangan penumpang di pelabuhan telah meningkat 100 persen dibandingkan dengan biasanya.

“Sejak hari ini (Sabtu), jumlah penumpang telah melebihi sembilan ribu. Hal ini berdasarkan data kedatangan. Pada hari-hari biasa, hanya sekitar empat ribu penumpang yang tiba di Batam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa arus kedatangan akan terus berlanjut pada malam hari, sambil menambahkan bahwa penumpang diharapkan mulai kembali dari Batam pada hari Senin (12 Februari).

“Saat ini, penumpang yang tiba mendominasi. Saya yakin mereka akan mulai berangkat (dari Batam) besok atau Senin. Puncak arus kembali kemungkinan akan terjadi pada hari Senin,” prediksinya.

Manajer tersebut menginformasikan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang masuk.

Dia juga mengatakan bahwa pelabuhan masih mengalami kesulitan dalam mengatasi antrian panjang selama liburan.

“Beberapa pemangku kepentingan belum sepenuhnya siap. Kami semua sadar bahwa jumlah penumpang akan meningkat pesat karena ini adalah liburan Tahun Baru Imlek. Namun, kami akan membuat evaluasi dari kekurangan ini agar masalah ini tidak terulang,” tambahnya.

MEMBACA  Presiden Nigeria, Tinubu Memilih Menantu Laki-laki untuk Memimpin Badan Perumahan

Berita terkait: Lalu lintas penumpang kereta Whoosh naik 50% pada Tahun Baru Imlek

Berita terkait: Tahun Baru Imlek adalah momentum untuk memperbaiki diri: Wakil Presiden Amin

Berita terkait: AP II mengharapkan peningkatan 7-10 persen dalam jumlah penumpang pesawat selama akhir pekan panjang

Penerjemah: Jessica A, Tegar Nurfitra
Editor: Azis Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2024