Setelah Banjir, Jalan Pantura Demak-Kudus Kembali Lancar, Siap Dilewati Para Pemudik

Rabu, 03 April 2024 – 15:36 WIB

Perbaikan jalur Pantura. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, DEMAK – Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) memastikan jalur Pantai Utara (Pantura) ruas Demak-Kudus setelah diterjang banjir telah dapat dilalui kembali.
Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Ahmad Luthfi mengatakan, jalur Pantura yang sebelumnya rusak parah tersebut telah mulus kembali. Dia menyebut, pemudik tak usah khawatir ketika akan melintasi jalan nasional tersebut. Pasalnya, pengerjaan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah rampung. “Kami bekerja sama dengan PUPR, jalan itu sudah mulus seperti sediakala. Jadi gunakan Pantura untuk wilayah Demak-Kudus,” kata Irjen Luthfi, seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi di Kodam IV Diponegoro, Kota Semarang, Rabu (3/4).
Selain persoalan jalan yang telah selesai diperbaiki, Irjen Luthfi mengatakan kondisi tanggul Sungai Wulan di Karanganyar, Kabupaten Demak yang sebelumnya jebol sudah kokoh. “Mudah-mudahan tidak hujan sehingga tidak terjadi banjir lagi. Tanggul sudah kuat, semuanya sudah jelas,” kata mantan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Surakarta tersebut.
Pihaknya juga meminta pemudik tidak hanya menyiapkan kendaraan untuk mudik, tetapi juga memperhatikan kondisi fisik sebelum dan selama perjalanan menuju kampung halaman. “Pemudik harus mempersiapkan kendaraan dan juga kondisi fisik, terutama di Jawa Tengah yang menjadi titik lelah dan jenuh, usahakan berkomunikasi dengan petugas kami di lapangan,” katanya.

Jalur Pantura Demak-Kudus tampak mulus dan aman bagi pemudik saat Lebaran 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

MEMBACA  Baznas siapkan bantuan senilai Rp2 miliar untuk Sudan