NOC Indonesia memuji lifter Irawan karena tampil di Olimpiade untuk kelima kalinya.

Jakarta (ANTARA) – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memberikan apresiasi kepada atlet angkat besi Eko Yuli Irawan atas pencapaiannya yang luar biasa dengan berhasil lolos kualifikasi untuk Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris.

“Dia telah menciptakan prestasi sejarah baru dalam olahraga Indonesia dengan menjadi atlet pertama yang berkompetisi dalam lima Olimpiade berturut-turut,” kata Ketua KOI Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam siaran pers pada hari Rabu.

Irawan memastikan tempatnya untuk berkompetisi dalam Olimpiade 2024 setelah berhasil mengangkat beban snatch seberat 133 kg di Piala Dunia Angkat Besi Internasional di Phuket, Thailand, pada hari Selasa.

Namun, atlet berusia 34 tahun ini tidak berhasil menyelesaikan clean-and-jerk karena sedang dalam tahap pemulihan dari cedera lutut.

Olimpiade 2024 akan menjadi penampilan kelima berturut-turut Irawan sejak pertama kali tampil di Olimpiade 2008 di Beijing. Atlet ini telah meraih medali perak di Olimpiade 2016 dan 2020 serta medali perunggu di Olimpiade 2008 dan 2012.

Oktohari mengatakan bahwa KOI Indonesia senang Irawan kembali lolos untuk Olimpiade. Ia menyatakan bahwa konsistensi Irawan dalam memberikan penampilan terbaiknya seharusnya menjadi contoh bagi atlet Indonesia lainnya.

Ia memuji atlet angkat besi Indonesia yang selalu berpartisipasi dalam Olimpiade dan memberikan kontribusi medali bagi kontingen negara.

Ia juga mengajak dukungan dari masyarakat Indonesia untuk meraih medali emas di Olimpiade 2024.

“Kami berharap bisa mendapatkan medali emas pertama kami di Paris pada 2024,” ujar Oktohari.

Menurut KOI Indonesia, delapan atlet telah lolos untuk berpartisipasi dalam Olimpiade 2024. Mereka adalah Eko Yuli Irawan dari angkat besi, Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa dari panahan, serta Rifda Irfanaluthfi dari senam.

MEMBACA  Aldi Taher Tidak Mau Pusing Soal Jenis Kelamin Anak Keempat, Apapun Yang Datang Disyukuri

Sementara itu, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari panjat tebing, Fathur Gustafian dari menembak, dan Rio Waida dari selancar juga berhasil lolos untuk Olimpiade.

Berita terkait: Indonesia harapkan 6 atlet panjat tebing lolos ke Olimpiade

Berita terkait: KOI Indonesia melakukan eksplorasi ajang Olimpiade 2036

Penerjemah: Aloysius Lewokeda, Nabil Ihsan
Editor: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2024