LRT Jabodebek Memperpanjang Waktu Operasional, Menambah Perjalanan pada Malam Tahun Baru

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan kereta api milik negara PT KAI memutuskan untuk memperpanjang waktu operasional kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) hingga pukul 02.00 waktu setempat dan menambah 32 perjalanan pada malam Tahun Baru.

Manajer Hubungan Masyarakat LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, menjelaskan bahwa penyesuaian ini dilakukan sebagai respons terhadap peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan sistem kereta pada liburan Natal dan Tahun Baru.

“Selama liburan Natal, kami mencatat peningkatan jumlah penumpang harian LRT Jabodebek. Untuk alasan itu, kami memutuskan untuk melakukan penyesuaian pada jadwal dan waktu operasional hari ini,” ujar Bawono di Jakarta pada hari Minggu.

Ia menunjukkan bahwa selama liburan Natal, jumlah penumpang LRT melonjak 33 persen, dengan rata-rata jumlah penumpang harian mencapai 29.971 dalam periode 23-26 Desember.

Secara total, ia menambahkan, kereta LRT Jabodebek telah melayani sebanyak 119.883 orang selama liburan Natal.

Ia kemudian mengatakan bahwa penyesuaian yang dilakukan diprediksi akan meningkatkan jumlah penumpang LRT menjadi 50 ribu pada hari Minggu.

Menurutnya, PT Kai telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada malam Tahun Baru, seperti menambah jumlah personel.

“Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, KAI mengimbau kepada pelanggan LRT Jabodebek untuk terus mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku di setiap stasiun dan di dalam kereta,” katanya.

Ia kemudian mengimbau kepada orang-orang yang berencana bepergian dengan kereta pada malam Tahun Baru untuk tidak membawa benda yang mudah terbakar, seperti kembang api dan petasan.

“Personel kami akan menyita benda-benda tersebut jika mereka menemukan penumpang membawanya,” pungkasnya.

Berita terkait: Polisi mengambil tindakan untuk mencegah konvoi pada malam Tahun Baru
Berita terkait: Polisi Jakarta mendeploy 5.670 personel untuk amankan malam Tahun Baru
Berita terkait: TransJakarta akan beroperasi penuh 24 jam selama malam Tahun Baru

MEMBACA  Kalender Bali Minggu 3 Maret 2024: Ideal untuk Memancing, Hindari Berkunjung