Ketika Cristiano Ronaldo Dekat dengan Islam, Nomor 5 Mengejutkan Banget

Arab Saudi – Meskipun bukan seorang muslim, Cristiano Ronaldo beberapa kali menunjukkan kedekatan dengan Islam. Hal ini terlihat dari tindakan megabintang Al Nassr ini dalam berbagai kesempatan.

Presiden Senegal Terpilih Miliki 2 Istri, Salah Satunya Sempat Viral

Seperti mengucapkan Assalamualaikum, Insya Allah, dan juga selebrasi sujud syukur. Berikut 7 kedekatan Ronaldo dengan Islam dilansir dari berbagai sumber:

Kisah Mualaf Rasakan Ramadhan Pertama: Saya Lahir dari Ayah Yahudi

1. Tolak LGBT
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menolak menggunakan ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022 Qatar yang merupakan dukungan bagi Komunitas LGBT. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan ide Cristiano Ronaldo dan lebih memilih menghormati peraturan pemerintah Qatar dan FIFA, pasalnya di negara tersebut dihuni oleh mayoritas umat muslim.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Komunitas LGBT di Eropa semakin besar, banyak orang memberikan ruang kepada komunitas tersebut, baik di dunia sepakbola maupun di dunia politik. Namun hal tersebut banyak ditolak sebagian orang yang menyebut bahwa tindakan LGBT merupakan perilaku penyimpangan seksual. Seperti dilansir berbagai sumber, Sabtu 26 November 2022. Cristiano Ronaldo mengungkapkan bahwa peraturan serta tindakan yang dilakukan FIFA dan Pemerintah Qatar sudah tetap dan dirinya akan menghormati segala keputusan yang sudah ditetapkan.

2. Anti Minuman Beralkohol
Satu hal lain yang diharamkan dalam Islam dan dijauhi Ronaldo adalah minuman beralkohol. Rupanya, kematian ayahnya Jose Dinis Aveiro yang membuat CR7 menjauhi minuman keras. Ibu Ronaldo, Maria Dolores bercerita bahwa sang suami sangat keranjingan alkohol. Itu membuat Dinis meregang nyawa di usia 52 tahun.

Cristiano Ronaldo bersama ayahnya, Jose Dinis Aveiro.

“Dia (Dinis) mabuk hampir setiap hari. Saya tak pernah mengenal dia dengan baik. Saya ingin dia lebih banyak berada di sekitar kami,” kata Dolores dilansir Mirror. Sejak kematian ayahnya, Ronaldo pun bersumpah tak akan menenggak alkohol sepanjang hidupnya. Hal tersebut diungkapkan mantan rekan setim Ronaldo di Manchester United, Edwin van der Saar. “Dia menjadi semakin kuat dan cepat karena menginvestasikan waktunya dan energinya untuk berlatih. Dia juga tidak pernah merokok dan mengonsumsi minuman mengandung alkohol,” kata van der Saar dilansir Cadena Cope.

MEMBACA  Motor Gresini Menyamai Desmosedici GP24

3. Ucapkan Insya Allah dan Assalamualaikum

Khabib Nurmagomedov dan Cristiano Ronaldo

Mantan petarung UFC, Khabib Nurmagomedov adalah salah satu sosok yang membuat Ronaldo tertarik dengan Islam. Saat memperkuat Juventus, dia pernah mengucapkan ‘Insya Allah’ saat live di Instagram. Ucapan itu keluar dari mulut Ronaldo saat menjawab pertanyaan terkait laga UFC antara Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje. “Tentu saja, tentu saja. Khabib pasti menang! Saudaraku! Insya Allah!” jawabnya cepat. Selain itu, Ronaldo juga beberapa kali mengucapkan Assalamualaikum. Momen tersebut sempat terekam di akun Instagram Al Nassr.

4. Ingatkan Sholat

Momen ini terjadi belum lama saat Ronaldo membela Al Nassr. Dalam sebuah potongan video, Ronaldo mengingatkan rekan setimnya di Al Nassr untuk sholat. Hal itu dilakukan pemain 38 tahun ini dengan gerakan tangan. Setelah itu, Ronaldo mengangkat jempol sebagai respons atas sahutan lawan bicaranya. Aksi Ronaldo ini banyak mendapatkan pujian. Sebelumnya, Ronaldo tak segan menggunakan sorban dan jubah khas Arab Saudi. Hal tersebut terlihat dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram Al Nassr.

5. Hafal Al Fatihah

Cristiano Ronaldo (kanan) dan Mesut Oezil (tengah) merayakan gol Real Madrid

Bukan hanya Khabib yang membuat Ronaldo tertarik dengan Islam. Sebelumnya, saat memperkuat Madrid, CR7 dekat dengan Mesut Oezil yang juga beragama Islam. Saking seringnya mendengar bacaan Alquran yang dilantunkan Oezil, dia sampai hafal surat Al Fatihah. “Setiap Oezil membacanya, saya selalu merasa damai, dan hatiku pun menjadi sejuk. Saya sudah hafal surat Al Fatihah,” ucap Ronaldo.

6. Selebrasi Sujud Syukur

Selebrasi sujud syukur Cristiano Ronaldo identik dengan selebrasi ‘SIUU’ setelah mencetak gol. Namun, ternyata dia pernah melakukan selebrasi sujud syukur saat membela Al Nassr. Hal tersebut terjadi saat Ronaldo mencetak gol ketika menghadapi Al Shabab di Liga Arab Saudi pada Rabu dini hari WIB 24 Mei 2023. Ronaldo melakukan selebrasi sujud syukur yang langsung dikerubungi rekan-rekannya.

MEMBACA  Ulasan Lenovo Slim 7i: Laptop Ringkas, Kokoh, dan Terjangkau dengan Layar OLED.

7. Tidak Bertato dan Merokok

Cristiano Ronaldo bersih dari tato

Ada hal yang menarik saat Ronaldo bertelanjang dada. Tak ada satu pun tato yang melekat di tubuh peraih lima kali Ballon d’Or ini. Padahal, banyak pemain sepakbola dunia yang merajam tubuhnya dengan tato. Rupanya, ada alasan tersendiri yang membuat Ronaldo menjauhi tato. Pemain asal Portugal ini berjiwa sosial tinggi. Dia rutin mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan. Memang, tak ada larangan bagi yang bertato untuk mendonorkan darah. Namun, mereka tak bisa melakukannya dengan sering karena ada risiko infeksi. Pedoman saat ini adalah pendonor harus menunggu empat bulan untuk memberikan darah usai membuat tato baru. Ronaldo menghindari hal itu untuk menyumbangkan darah secara teratur. “Kita semua dapat memberikan perbedaan dengan mendonorkan darah. Setiap donasi dapat memberikan manfaat kepada hingga tiga orang dalam situasi darurat dan untuk perawatan medis jangka panjang,” kata Ronaldo. “Itulah sebabnya saya antusias akan pentingnya donor darah dan mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menjadi pendonor darah dan membantu menyelamatkan nyawa orang,” tegas mantan pemain Manchesteer United ini. Selain itu, Ronaldo memang lekat dengan gaya hidup sehat. Dia juga menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Halaman Selanjutnya

Seperti dilansir berbagai sumber, Sabtu 26 November 2022. Cristiano Ronaldo mengungkapkan bahwa peraturan serta tindakan yang dilakukan FIFA dan Pemerintah Qatar sudah tetap dan dirinya akan menghormati segala keputusan yang sudah ditetapkan.