Kesejahteraan masyarakat harus diutamakan dalam pembangunan Nusantara: OIKN

Nusantara Capital Authority (OIKN) menyatakan bahwa kesejahteraan masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam pengembangan ibu kota baru Indonesia, Nusantara, di Kalimantan Timur.

“Kesejahteraan masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam pengembangan kota dan pengambilan keputusan,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono di sini pada hari Kamis.

Ia menekankan bahwa pengembangan Nusantara sebagai kota yang layak huni harus dimulai dengan memfokuskan pada manusia.

Kota-kota yang layak huni bertujuan untuk memberikan kualitas hidup yang tinggi, didukung oleh tata kelola yang kuat, akses yang adil terhadap layanan, dan infrastruktur berkualitas tinggi.

Karakteristik utama dari kota yang layak huni meliputi perencanaan perkotaan yang holistik, pembangunan yang berkelanjutan, dan inklusi sektor informal.

“Ini adalah hal-hal yang sedang dibangun di Nusantara,” tambahnya.

Pengembangan Nusantara bertujuan untuk menetapkan standar baru kualitas lingkungan dan membuat ibu kota baru menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan dicintai oleh penduduk dan pengunjung.

Dengan demikian, Nusantara telah dirancang sebagai kota hutan yang berkelanjutan dan kota yang layak huni dan dicintai. Salah satu komponen penting dari kota yang layak huni dan dicintai adalah hubungan masyarakat dengan budaya mereka.

“Di Nusantara, kami menghormati pentingnya budaya. Misalnya, kami terus menghormati dan melestarikan tradisi yang telah dijaga selama berabad-abad di daerah ini,” katanya.

Ibu kota baru akan menyediakan ruang khusus di mana seni dan budaya dapat berkembang dan diakses oleh semua orang. Salah satunya adalah Taman Pancasila, ruang terbuka publik untuk memupuk hubungan antara penduduk, termasuk melalui berbagai masakan Indonesia.

Sementara itu, untuk mempromosikan budaya, Pusat Kebudayaan Nusantara sedang dibangun untuk memamerkan tradisi lokal sambil mendorong perkembangan ekspresi artistik dan budaya.

MEMBACA  OJK Meminta Peminjam Online P2P Lending untuk Memfokuskan pada Pemberian Pembiayaan kepada UMKMTranslation: OJK Asks P2P Lending Pinjol to Focus on Providing Financing to MSMEs

“Menciptakan harmoni antara manusia, alam, dan budaya di daerah perkotaan memerlukan upaya deliberatif dan kolaboratif. Upaya-upaya ini sangat penting untuk mengembangkan kota-kota yang layak huni yang juga menyenangkan dan berkelanjutan,” kata Kepala OIKN.

Berita terkait: OIKN menyusun peta jalan pengembangan pendidikan

Berita terkait: Investor internasional dan domestik tertarik pada pengembangan mobil listrik IKN: OIKN

Berita terkait: IKN Nusantara, Brasília berkolaborasi untuk pertukaran pengetahuan

Translator: Aji Cakti, Raka Adji
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024