Jokowi dan Paus Fransiskus akan mengadakan pertemuan bilateral pada bulan September: Menteri

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Sekretariat Negara Vatikan saat ini sedang berkoordinasi untuk mengatur pertemuan bilateral yang direncanakan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus, demikian disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Beliau menyatakan bahwa pertemuan antara Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus dijadwalkan berlangsung pada bulan September tahun ini, dengan kepala negara Vatikan berencana untuk terbang ke Indonesia untuk kunjungan resmi.

“Itu akan menjadi kunjungan kenegaraan dan saat ini sedang dibahas antara kementerian luar negeri kedua negara,” ujar Pratikno pada hari Rabu.

Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada tanggal 3 September.

Beliau menjelaskan bahwa pemerintah telah menerima pemberitahuan dari pihak Vatikan mengenai rencana kunjungan Paus.

“Ini memang merupakan suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” kata Qoumas dalam sebuah pernyataan dari kantornya pada hari Minggu.

Beliau menambahkan bahwa Presiden Jokowi telah menunggu kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Qoumas mengingat bahwa beliau telah secara pribadi menyerahkan surat presiden kepada Fransiskus pada tanggal 8 Juni 2022, mengundangnya untuk mengunjungi Indonesia.

“Syukur Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya akan mengunjungi Indonesia. Saya yakin ini akan menjadi momen istimewa, terutama bagi umat Katolik,” ujar menteri tersebut.

Beliau berharap bahwa selama kunjungannya ke Indonesia, Fransiskus akan secara pribadi mengamati dan merasakan keragaman budaya dan harmoni beragama di antara berbagai kepercayaan di Indonesia.

“Indonesia dapat mempertahankan toleransi dan perdamaian di antara berbagai kepercayaan, termasuk kepercayaan lokal. Kami berharap Paus Fransiskus dapat secara pribadi mengamati keragaman di Indonesia,” ungkap Qoumas.

Menurut Vatikan, Fransiskus juga akan mengunjungi Timor-Leste, Papua Nugini, dan Singapura.

MEMBACA  Fakta-fakta 'Geng Tai' yang Dituduh Terlibat dalam Kasus Penindasan di SMA Binus Serpong

Berita terkait: Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada tanggal 3 September: Menteri Agama

Berita terkait: Nilai-nilai bersama memperkuat hubungan Indonesia-Vatikan: menteri

Penerjemah: Mentari D, Tegar Nurfitra
Editor: Anton Santoso
Hak cipta © ANTARA 2024