Aston Villa Melaju ke Liga Champions, Pernah Menang berkat Gol Mantan Pelatih Timnas Indonesia

Kamis, 16 Mei 2024 – 06:16 WIB

Inggris – Aston Villa sukses memastikan tiket ke Liga Champions musim depan. Hal tersebut setelah Manchester City menekuk Tottenham Hotspur 2-0 dalam lanjutan Premier League di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu dini hari WIB, 15 Mei 2024.

Baca Juga :

Aktor Darius Sinathrya Bangga Putra Keduanya Masuk Seleksi Timnas U-16

Hasil tersebut membuat Villa tak akan tergeser dari empat besar. Tim besutan Unai Emery mengumpulkan 68 poin dari 37 laga, sudah tak bisa dikejar Tottenham yang baru mengumpulkan 63 poin.

Villa pun kembali ke Liga Champions setelah menanti selama 41 tahun.

Baca Juga :

Cek Fakta: Guinea Didiskualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

Ternyata, Villa memiliki sejarah menjadi juara Liga Champions. Dan itu melibatkan eks pelatih Timnas Indonesia, Peter Withe.

Dilansir situs resmi UEFA, momen bersejarah itu terjadi di Feijenoord Stadion, 26 Mei 1982. Villa bertemu dengan raksasa Jerman Bayern Munich di laga final ajang yang dulunya bernama European Cup ini.

Baca Juga :

Respons Mengejutkan Shin Tae-yong Usai Indra Sjafri 5 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Peter Withe saat membela Aston Villa

Photo :

https://peterwitheofficial.com/

Di luar dugaan, Villa sukses keluar sebagai pemenang. Gol tunggal Peter Withe di menit 67 menjadi sejarah bagi The Villans. Itulah satu-satunya gelar Villa di Liga Champions.

Sebagai juara Liga Champions, Villa berhak tampil di Piala Super Eropa. Mereka sukses menekuk Barcelona 3-1 secara agregat dan keluar sebagai juara.

Kembali ke Withe, dia tergolong pemain haus gol saat memperkuat Villa. Total, 90 gol dicetaknya dari 200 pertandingan.

Peter Withe tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2004 hingga 2007. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Skuad Garuda menjadi runner up Piala AFF 2004.

MEMBACA  Timnas Indonesia Kalah 0-4 dari Libya, Pemain Naturalisasi Belum Membuktikan Diri.

Halaman Selanjutnya

Sebagai juara Liga Champions, Villa berhak tampil di Piala Super Eropa. Mereka sukses menekuk Barcelona 3-1 secara agregat dan keluar sebagai juara.