Headline

OBH Combi, Merek Obat Batuk Paling Populer di Dunia Digital

Oleh :   Selasa, 14 Juni 2016   Viewer bisnisupdate.com  455 Hits
OBH Combi, Merek Obat Batuk Paling Populer di Dunia Digital
Ketarangan Gambar :  (Salah satu produk kebanggaan OBH Combi Anak/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital sudah dirasakan sejak 7 tahun lalu oleh Manajemen OBH Combi. Karena melihat pola komunikasi yang cenderung transparan dan tanpa batas membuat konektivitas dengan konsumen semakin penting. “Kalau media sosial, khususnya facebook kami sudah ada sejak 6 atau 7 tahun lalu,” kata Weitarsa Hendarto, Vice President Consumer Healthcare & Wellness Combihpar.

Aktivitas digital pun semakin meningkat sejak 3 terakhir. “Digital Campaign kami jadikan sebagai sarana untuk mendengar suara konsumen, dan melihat seberapa antusias mereka terhadap produk serta marketing program kami, sehingga kami bisa melihat apakah program tersebut dapat lebih meng-enggage mereka atau tidak,” katanya.

Weitarsa mengatakan, OBH Combi baru membangun website pada tahun 2015. Sebab, imbuhnya, justru OBH Combi lebih dulu memanfaatkan sosial media sebagai sarana mendekati konsumen dan memaintain loyaitas mereka terhadap produk OBH Combi.

Selain itu, pihaknya juga cukup aktif melalukan campaign dengan tema-tema tertentu. Misalnya, program campaign love formula. “Kita mau memberikan pemahaman kepada kopnsumen jika orang sakit tidak hanya perlu obat saja, justru yang mereka butuhkan adalah perhatian dan kasih sayang dari orang-orang terdekatnya. Dengan berbentuk video yang kita sudah upload ke youtube, respon konsumen sangat baik. Campaign tersebut ditonton lebih dari 750 ribu orang. Dan tahun ini kita masih menggunakan campaign itu untuk mendukung program below the line kita, jadi kami mengintegrasikan antara off line dan online,” kata Weitarsa Hendarto.

Karena pola pemasaran yang digunakan adalah kombinasi dan integrasi antara offline dan online, maka, Weitarsa mengatakan tak serta merta meninggalkan pasar offline, masih ada berbagai tempat seperti perkantoran yang ada booth dan aktivitas offline lainnnya di sana.

Dunia digital sudah sedemikian pesat dan konsumen mayoritas sudah lari ke sana, ditambah dengan persaingan yang cukup ketat, membuat OBH Combi ingin menjaga reputasinya sebagai market leader dengan semakin fokus menggarap pemasaran di ranah digital atau online.

“Kita harus jeli melihat pergerseran konsumen, kami terus memantau bagaimana pergerakan konsumen yang semakin mengadopsi teknologi sebagai bagian hidupnya. Kita sebagai brand mau tak mau harus mengikuti tren tersebut dan akan lebih gencar mengakomodirnya,” katanya serius. Dan, imbuhnya, yang terpenting adalah bagaimana OBH Combi bisa terus berkomunikasi dan interaksi dengan konsumen. “Semakin dekat semakin baik, harapan kami agar mereka menjadi brand ambassador OBH Combi,” kata Weitarsa.

Di tambah dengan platform dunia digital merupakan pisau bermata dua. “Di sini pujian dan cacian akan cepat sampai. Saat mereka senang maupun tidak, tanggapan akan segera muncul ke permukaan. Dari situ kita harus mulai melakukan social listening agar mengakomodir hal-hal tersebut,” katanya berdasarkan pengalamannya berinteraksi dengan konsumen OBH Combi.

Selain itu, ia melanjutkan brand saat ini dituntut untuk fast respon, baik terhadap komentar positif apalagi untuk komentar negatif. “Perlu strategi yang pas untuk mengcounter setiap komentar negatif, dan selama ini OBH Combi selalu dipersepsi baik oleh konsumen, terbukti dengan tidak ada komplain dan komentar negatif di media sosial kami,” katanya.

Apalagi setelah berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2016, Wietarsa mengucapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut, dan tingginya popularitas OBH Combi di kategori Obat batuk. “Kami akan semakin fokus terhadap Digital Marketing strategy untuk memenangkan persaingan pasar dan mempertahankan prestasi sebagai merek obat batuk paling populer di internet,” ungkapnya bangga.

Untuk memaintain pasar loyalnya, OBH Combi memiliki community base seperti ibu dan aku (OBH COMBI Anak) yang sudah mencapai 1,3 jt like untuk OBH dewasa kita memiliki member sekitar ratusan ribu orang. “Untuk memaintain mereka, kami kerap melakukan setiap aktivitas seperti mengundang mereka untuk hadir di komunitas yang kita adakan. Bahkan tak jarang kegiatan customer gathering kami lakukan secara offline agar mereka saling kenal,” katanya. Selain itu, OBH Combi juga kerap memberikan diary konten yang menyesuaikan dengan agenda tertentu seperti Ramadhan, dan momen-momen lainnya.




X
Baca Juga