Headline

Mudahkan Layanan Pinjam Uang, UangTeman jadi Incaran!

Mudahkan Layanan Pinjam Uang, UangTeman jadi Incaran!
Ketarangan Gambar :  (Foto IG- layanan pinjam uang UangTeman versi Android/bisnsiupdate.com)

Berawal dari pengalaman seorang Aidil Zulkifli, CEO & Co-founder UangTeman untuk memberikan manffat lebih demi merubah kondisi ekonomi masyarakat Indonesia, maka didirikanlah suatu perusahaan startup yang bergerak dalam layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology) atau fintech.

Fintech dipilih lantaran Aidil sadar bahwa zaman akan terus bergerak semakin maju dan banyak orang akan membutuhkan teknologi. Dalam hal ini tentu yang akan mampu memberikan bantuan kepada banyak orang khususnya di negara-negara berkembang adalah teknologi dalam layanan keuangan.

“Melalui riset dan analisa yang sudah saya pelajari ternyata saya jatuh hati dengan Indonesia. Saya melihat dan bisa merasakan banyak sekali masyarakat di Indonesia yang hidup dalam ekonomi menengah ke bawah.

Aidil mengungkapkan, UangTeman merupakan layanan pinjam meminjam mikro online pertama di Indonesia yang dikhusukan pada pinjaman mikro dengan jangka waktu yang singkat antara 10 hari hingga 30 hari karena benar-benar yang dibutuhkan oleh masyarakat dan memudahkan mereka untuk melakukan pengembalian pinjamannya.

“Melalui UangTeman, saya memiliki visi yang besar bahwa masyarakat juga dapat menyadari layanan ini mampu memberikan harapan besar kepada mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rumah tangga, mampu menumbuhkan bisnis-bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia,” tuturnya.

UangTeman merupakan perusahaan fintech lending pertama yang meluncurkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS sekaligus. Selain itu, UangTeman juga didukung oleh tim Teknologi Informasi (IT) professional asal Indonesia yang ahli memverifikasi dan mengidentifikasi data-data pengguna sehingga dengan cepat serta akurat dapat memutuskan disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman nasabah.

“Tim IT kami terus konsisten dalam memverifikasi dan mengidentifikasi data-data pengguna sehingga dengan cepat serta akurat dapat memutuskan disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman nasabah. Hal ini, karena UangTeman menggunakan teknologi penilaian risiko yang otomatis dan real time berdasarkan credit scoring fraud algorithm yang mampu memberikan keputusan secara obyektif,” ungkapnya.

Mengenai target nasabah, pihaknya akan terus menyasar para pelaku usaha mikro yang membutuhkan dana talangan atau dana mendadak untuk modal usaha. Pada tahun 2017, pihaknya menargetkan total penyaluran pinjaman naik tiga hingga empat kali lipat dibandingkan realisasi di akhir Desember 2016, atau menjadi sebesar Rp 100 miliar.

Sejauh ini, dari analisa data internal perusahaan, terlihat 30% dana pinjaman yang diperoleh nasabah melalui UangTeman digunakan untuk sektor produktif. Sisanya untuk kesehatan dan pendidikan masing-masing sekitar 20%, dan 30% lainnya untuk konsumsi. Adapun target pinjaman sebesar Rp 100 miliar, akan ditopang oleh penambahan wilayah layanan baru UangTeman sepanjang tahun ini.

“Hingga 31 Desember 2017, jika tidak ada aral melintang, kami harapkan UangTeman dapat melayani di 15 wilayah atau kota baru, termasuk pada 1 Februari kemarin di Bali dan dilanjutkan pada 16 Februari di Makassar,” ujarnya.

Keunggulan UangTeman adalah, Berhubung jantung bisnis UangTeman terletak pada teknologi, maka dengan adanya aplikasi mobile untuk pengguna Android dan iOS, di tahun ini pihaknya menargetkan dapat menyalurkan pinjaman dana tunai masuk ke rekening tabungan nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak pengajuan aplikasi masuk. Saat ini, proses pencairan pinjaman dana tunai ke rekening nasabah di UangTeman dalam waktu dua hari kerja bagi peminjam pertama.

Beragam promosi juga kerap dilakukan untuk terus menambah minat masyarakat menjadi nasabah UangTeman. Salah satunya adalah memberikan promo spesial melalui diskon biaya layanan sebesar 50% di tiap kota baru yang kami layani dengan periode selama satu bulan penuh. Bahkan, kami pernah berikan biaya layanan 0%.

Tak ayal, berkat strategi layanan yang diberikan, respons pasar khususnya masyarakat pada Uang Teman terus mengalami peningkatan. Terlihat dari adanya pertumbuhan jumlah nasabah dimana sejak berdiri per April 2015 hingga 31 Desember 2016, jumlah nasabah UangTeman naik 300%, atau menjadi lebih dari 5 ribu nasabah dengan total transaksi mencapai sekitar 16 ribu. Artinya dari setiap satu orang nasabah yang meminjam kembali ke UangTeman setelah melakukan pelunasan ada sekitar tiga sampai empat kali.

Tercatat bahwa kini, marketshare UangTeman berdasarkan total loan booking mencapai 30% di industri fintech. “Sedangkan mengenai market size kami juga cukup tinggi, namun berapa besar total aset UangTeman sifatnya confidential dan belum dapat kami sampaikan,” ungkapnya.

Tak puasa dengan memberikan layanan baru di Bali dan Makassar, UangTeman juga menjadi perusahaan fintech lending pertama yang melayani nasabah di luar Pulau Jawa. Berikutnya, pihaknya juga akan membuka layanan baru di Pulau Sumatera, antara lain di Palembang dan Jami.

Pada Maret 2016, UangTeman meluncurkan aplikasi mobile versi Android dimana sebelumnya nasabah yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Magelang, Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, dan Makassar melalui dekstop di situs www.uangteman.com juga bisa dengan mengunduh aplikasi mobile UangTeman baik pengguna smartphone versi Android dan iOS.

Ke depan, adanya UangTeman diharapakan dapat melahirkan entrepreneur-entrepreneur hebat yang juga melahirkan usaha-usaha baru dan pada akhirnya semua masyarakat di Indonesia memiliki masa depan yang cerah serta ekonomi kita di negara ini pun bangkit dari krisis.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga