Headline

Modalku Dukung Pertumbuhan UKM Lewat Kredit Online Tanpa Agunan

Modalku Dukung Pertumbuhan UKM Lewat Kredit Online Tanpa Agunan
Ketarangan Gambar :  (Foto dok. Instagram Modalku- ilustrasi membutuhkan modal/bisnisupdate.com)

Sebagai pionir layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial (Fintech) di Indonesia, Modalku berusaha menghadirkan inovasi untuk memberikan modal dan memudahkan ivestasi dana bagi masyarakat.

Terinspirasi dari kesuksesan di negara maju seperti Amerika, Inggris dan Cina, Modalku menyediakan platform untuk mendukung pertumbuhan UKM, serta mendirikan alternatif investasi yang menarik dan terpercaya untuk pemberi pinjaman.

“Dengan kecanggihan teknologi, modal usaha yang ada di indonesia kita alokasikan ke UKM dengan menjembatani investor yang ingin mencari alternative investasi secara aman dengan memberikan pinjaman modal kepada UKM yang membutuhkan modal,” ungkap CEO dan Co-founder Modalku, Reynold Wijaya.

Tak ayal, jika berkat inovasi dan kualitas produknya, Modalku meraih penghargaan Pertama di Indonesia yang diadakan oleh lembaga Tras N Co Research sebagai kredit online dengan klaim aplikais pinjaman usaha bagi UKM tanpa agunan pertama di Indonesia.

Keunggulan Modalku setelah merilis aplikasi mobile Modalku Dana adalah proses aplikasi online yang singkat, aplikasi dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10 menit. Selain waktu notifikasi pinjaman yang cepat, peminjam juga dapat mendaftar untuk pinjaman hingga Rp2 miliar dan tenor hingga 24 bulan.

Reynold mengakui, jika sejak didirikan Januari 2016, Modalku telah memfasilitasi pinjaman lebih dari Rp90 miliar kepada lebih dari 150 UKM, sekaligus menawarkan tingkat pengembalian di atas bunga deposito bank ataupun obligasi bagi para pemberi pinjaman.

Meskipun tanpa agunan, Modalku memiliki panduan teknis tersendiri dalam menyaring calon peminjam dana. baik dari personal character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Karakter ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay. Sedangkan sayarat lainnya yaitu cash flow perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut.

"Kami buat juga bisnis dengan transparasi supaya bisa memperoleh kepercayaan. Pemberi pinjaman bisa siapa saja, kami akan memperlihatkan penilaiannya, kami site visit ke UKM, dan ada tim collection," jelas Reynold.

Kini, di Indonesia modalku telah bekerja sama dengan Bank Sinarmas Indonesia, Bank DBS Singapur, dan salah satu bank di Malaysia. Namun, hal ini tidak memungki kedeannya Modalku akan menjalin kerjasama dengan bank lain. “Bukan masalah bank tapi valeu yg bisa kita garap sama-sama. Jadi bukan cari bank yang punya nama, tapi bank bisa diajak kerjasama!, “ tandasnya.

Modalku berkomitmen untuk menjadi pusat informasi di Indonesia, terutama untuk UKM, regulator, dan pemberi pinjaman. Funding Societies (Modalku di Indonesia) telah mendapatkan pendanaan dari firma venture capital tersohor, baik global maupun regional

Kedepannya Modalku berharap dapat memberikan dampak positif secara nasional. Faktanya, UMKM yang kuat menciptakan ekonomi yang kuat. Namun, banyak UMKM potensial di Indonesia yang sulit berkembang karena kekurangan modal usaha. Denagn itulah, Modalku membuka akses kredit bagi UMKM sangat penting bagi ekonomi nasional.

“Dengan dukungan teknologi, kami berharap dapat benar-benar membantu UKM-UKM. Mereka yang belum terjamah akses kredit bisa mendapatkan pendanaan dan berkembang. Ini juga akan membangun ekonomi Indonesia lebih kuat,” tutupnya.




X
Baca Juga