Headline

Lewat After Sales Service Pertama di Indonesia ini, Astragraphia Terus Bangun Engagement Konsumen

Oleh :   Senin, 27 Februari 2017   Viewer bisnisupdate.com  247 Hits
Lewat After Sales Service Pertama di Indonesia ini, Astragraphia Terus Bangun Engagement Konsumen
Ketarangan Gambar :  (Gedung Astragraphia)

Konsumen adalah raja, hal tersebut merupakan statement yang tak terbantahkan lagi. Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada “sang raja,” banyak brand yang memberikan berbagai pelayanan terbaiknya agar konsumen mendapatkan experience yang lebih dan terus loyal terhadap brand tersebut. Satu dari sekian brand yang menerapkan pelayanan ekslusif bagi konsumennya adalah Astragraphia. Distributor Fuji Xerox di Indonesia ini memberikan kegiatan after sales service yang belum bisa dilakukan oleh kompetitornya, yakni 3 hours downtime.

3 hours downtime adalah kegiatan after sales service yang dikembangkan Astragraphia sejak tahun 2012 silam. Program tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen yang tengah mengalami masalah pada perangkat mesin fotokopinya.

Untuk mengaplikasikan program tersebut, konsumen hanya perlu menelepon Halo Astragraphia di nomor 1500345. Setelah melengkapi berbagai data yang diperlukan, teknisi akan langsung mendatangi dan memperbaiki mesin konsumen tersebut dalam kurun waktu maksimal tiga jam pasca telepon mereka diangkat.

Apabila dalam kurun waktu tiga jam terjadi kendala teknis, entah dari teknisi ataupun faktor eksternal lain seperti demo, banjir dan lain sebagainya, Astragraphia siap memberikan diskon 10 persen dari tagihan pemakaian di bulan tersebut.

Meskipun demikian, complain yang datang terhadap pelayanan tersebut tetap ada. Menurut Fitri Yuliani, Marketing Communication Manager Astragraphia, pihaknya kerap mendapat complain dari konsumen terkait program yang telah dilaksanakan sejak 5 tahun silam itu, “Biasanya konsumen mengeluhkan karena jadwal kami yang office hour. Kebanyakan dari mereka menelepon saat office hour hampir selesai. Untuk mengatasi permasalahan terebut, kita menyiapkan opsi untuk melakukan perbaikan pada keesokan harinya,” ujar Fitri.

Sampai hari ini, 32 cabang Astragraphia di seluruh Indonesia telah menerapkan program 3 Hours Downtime. Adapun wilayah persebarannya meliputi bagian Indonesia Barat dan Tengah. Untuk wilayah timur, Astragraphia 3 Hours Downtime baru tersedia di wilayah Makassar.

Brand yang pernah meraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 ini juga terus memacu diri untuk meningkatkan aktivasinya dunia digital, entah dari website maupun sosial media. Untuk urusan yang satu ini, pihak Astragraphia masih menggunakan vendor untuk mendapatkan efisiensi waktu.

Meskipun menggunakan vendor, Fitri mengungkapkan pihaknya masih memiliki peran dalam memberikan dan mengontrol konten yang akan disediakan. “Dalam sebulan sekali biasanya kita briefing dengan vendor untuk menterjemahkan apa yang kita inginkan. Tujuannya jelas, agar tak terjadi miss komunikasi antara kedua belah pihak,” tambah Fitri.

Adapun berbagai konten yang disuguhkan Astragraphia meliputi trivia yang berisi berbagai tips keseharian untuk konsumen, promo-promo perusahaan serta berbagai event yang akan tengah/ sedang dilangsungkan. Aktivasi tersebut dilakukan secara kontinyu setiap harinya.

Tak berhenti sampai disitu, perusahaan yang masih bernaung dibawah Astra ini juga terus melakukan aktualisasi di Dunia Digital. Seperti menyisipkan fitur Live Chat di website mereka, documentsolution.com , menampilkan live streaming untuk kegiatan yang tengah diselenggarakan melalui akun Facebook. Di tahun ini, Astragraphia juga mencanangkan akan mengaktifkan akun Instagram. Pasalnya, sosial media satu ini perkembangannya cukup signifikan dari waktu ke waktu.

Buah manis dari aktivasi di dunia digital pun diraih oleh perusahaan yang bermarkas di bilangan Jakarta Pusat ini. Interaksi konsumen, baik melalui Live Chat maupun menelepon lewat Hallo Astragraphia meningkat. Artinya, customer engagement sudah terbangun seiring berjalannya waktu.

Di tahun 2017 ini, Fitri mengungkapkan pihaknya akan terus bergerilia membangun brand di dunia digital untuk terus memperkuat posisi Fuji Xerox sebagai market leader di industri mesin cetak.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga