Headline

Kopi Celup Pertama di Indonesia ini Terus Menggali Potensi Pasar

Oleh :   Jumat, 24 Februari 2017   Viewer bisnisupdate.com  393 Hits
Kopi Celup Pertama di Indonesia ini Terus Menggali Potensi Pasar
Ketarangan Gambar :  (Daniel Pranoto, Head of Marketing PT David Roy Indonesia)

Jika kita mendengar kata celup, maka alam bawah sadar akan langsung mengasosiasikan hal tersebut untuk produk teh. Sudah bukan rahasia umum jika teh celup merupakan komoditi yang kerap dikonsumsi masyarakat dari beragam kelas sosial maupun rentang usia. Namun, pernahkah anda mendengar produk kopi celup?

Kopi Celup merupakan extension termutakhir dari brand Coffesso. Brand yang bernaung dibawah bendera PT David Roy Indonesia ini merupakan merek yang concen membuat beragam alat produksi kopi untuk keperluan resto maupun kafe seperti grinder, coffee port, expresso machine dan lain sebagainya. Mesin-mesin ini memang memudahkan para barista untuk menyajikan kopi terbaik kepada konsumennya.

Menurut Daniel Pranoto, Head of Marketing PT David Roy Indonesia, kopi celup Coffesso merupakan jawaban akan kebutuhan pasar akan kopi. Ia menuturkan, mindset masyarakat untuk menikmati kopi sudah berubah. Mereka tak perlu repot untuk pergi ke café demi menyeruput secangkir kopi. “Pola hidup masyarakat sudah berubah. Untuk itu kami menyoba menginisiasikan kopi yang bisa segera dinikmati dengan kemasan yang cukup praktis,” ujar Daniel.

Meskipun praktis dalam proses penyajiannya, Coffesso kopi celup boleh dibilang tetap menjaga ekslusivitas. Hal tersebut dapat dilihat dari pembungkus kopi yang terbuat dari bag yang memiliki serat tipis untuk menyaring ampas kopi. Bahkan, kopi yang digunakan seperti Robusta, Excelsa dan Liberica merupakan kopi-kopi terbaik di kelasnya. Selain itu, dari sisi distribusi produk, Coffesso kopi celup hanya bisa dijumpai di restoran, café dan hotel-hotel untuk mempertebal kesan premium. Mengapa demikian? Daniel mengaku, produk ini memang dikonsepkan untuk segmen B2B (Business to Business).

Semenjak diluncurkan pada November tahun lalu, respon masyarakat akan kopi celup ini bisa dibilang cukup baik. Pasalnya, belum ada produk sejenis di pasaran. Dengan keunggulan seperti itu, coffesso kopi celup berada di atas angin, “bahkan boleh dikatakan kita adalah pemain tunggal di pasar ini,” tambah Daniel.

Namun, sebaik-baiknya produk, jika promosi tak digencarkan dengan maksimal, hasil yang dicanangkan tak akan bisa maksimal. Menyadari hal itu, Daniel beserta tim marketing bergerilia untuk merambah pasar dengan menggiatkan distribusi ke berbagai agen, resto, café dan lainnya. Selain itu, mempromosikan merek dengan mengikuti berbagai ajang pameran yang mewadahi aktivitas bisnis perhotelan juga tak luput dari sasaran Coffesso.

“Dengan promosi di pameran, kami juga bisa langsung bersentuhan langsung dengan konsumen utnuk memperkenalkan produk. Awareness, edukasi serta customer experience bisa langsung terbangun dari sana,” kata Daniel.

Lakukan Aktivasi di Dunia Digital

Tak hanya promosi di pasar konvensioanal, Coffesso juga menggencarkan promosi lewat sosial media. Melalui platform satu ini, tim Coffesso bisa denan bebas memberikan informasi terkait produk tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Biaya yang dikeluarkan untuk mengelola aktivasi di dunia digital juga cukup rendah jika dibandingkan dengan beriklan di media konvensional.

Adapun berbagai aktivasi yang dilakukan adalah memberikan konten yang bersifat edukatif kepada konsumen, memberikan berbagai gimmick-gimmick seperti kuis dan lain sebagainya. “Ada dilema yang terjadi dalam membuat konten. Kita berusaha sebisa mungkin agar konten yang disajikan kepada followers tak terlalu hard selling. Oleh karena itu, kita membatasi tim untuk posting konten. Seminggu hanya boleh dua posting yang naik,” ujarnya.

Kedepannya, Daniel berharap Coffesso bisa mengekspansi pasar dan mendobrak gurita bisnis para produsen kopi yang telah malang melintang sebelumnya. Ia menuturkan, challenge terbesar dalam bisnis F&B cukup sederhana, yakni bagaimana konsumen bisa mencicipi produk yang ditawarkan oleh Coffesso. “Semua itu bisa dibilang proses, biar waktu yang menjawab,” tutur Daniel.

Ia beserta tim marketing juga siap untuk memperkuat produksi dan distribusi produk agar bisa mendapatkan kepuasan dari konsumen. Untuk yang satu ini, Daniel mengaku optimis Coffesso kopi celup bisa merengkuhnya di tahun 2017 ini.

Kita nantikan saja sepak terjang berikutnya dari Coffesso

Tags

 
 
 



X
Baca Juga