Headline

Gaet Lebih Banyak Konsumen, SHARP Aktifkan Media Sosial

Oleh :   Rabu, 01 Februari 2017   Viewer bisnisupdate.com  166 Hits
Gaet Lebih Banyak Konsumen, SHARP Aktifkan Media Sosial
Ketarangan Gambar :  (Foto dok. BU- Gedung Sharp/bisnisupdate.com)

Tak ada yang meragukan eksistensi SHARP di ranah elektronik. Brand yang sudah berdiri sejak 104 tahun lalu ini memang terkenal dengan pelbagai perangkat elektronik yang siap memenuhi kebutuhan konsumen. Sejak dulu, brand yang berbasis di Jepang ini memang mengandalkan pasar konvensional untuk meraih konsumen, namun dalam beberapa waktu belakangan, SHARP mulai melakukan beragam aktivasi di dunia digital untuk meraih market yang lebih luas lagi.

“Arah konsumen memang sudah kesana. Saat ini, semua orang sudah menggunakan mobile phone untuk mengakses berbagai informasi melalui kanal digital. Untuk itu, kita mulai mencoba melakukan hal serupa agar lebih intens berkomunikasi dengan konsumen,” ujar Haruhiko Sano,  General Manager Brand Strategy Group PT SHARP Electronics Indonesia (SEID).

Dunia digital memang dapat memberikan engagement secara signifikan kepada konsumen. Komunikasi antar brand dan konsumen dapat berlangsung tanpa dijeda ruang dan waktu. Jika komunikasi dua arah sudah terjalin, bukan tidak mungkin sebuah brand mampu mendapatkan loyalitas dari konsumennya.

Selain itu, menggunakan media digital juga mampu menghemat cost jika dibandingan dengan melakukan beragam aktivasi di media konvensional seperti media cetak, televisi dan lainnya.

Sebagai langkah awal, SHARP mengaktifkan berbagai perangkat digital seperti website dan sosial media. Melalui dua medium tersebut, brand yang lekat dengan warna merah ini mulai membangun awareness dengan  menyisipkan berbagai konten, baik berupa informasi, promo trivia dan lain sebagainya melalui platform digital.

“Bahkan beberapa waktu yang lalu kita juga sempat membuat drama mini seri di dunia digital. Hal ini merupakan terobosan terbaru dari kami,” tambah Sano.

SHARP juga kerap memberikan gimmick untuk memeriahkan aktivasi mereka di dunia digital, seperti mengadakan kuis maupun photo contest. Khusus yang terakhir, konsumen bisa memberikan foto terbaik mereka kepada berbagai akun sosial media SHARP. Siapapun yang mendapat like terbanyak akan mendapatkan hadiah.

Tak berhenti sampai disana, SHARP juga sering memberikan brand activation, beberapa di antaranya dengan menggelar road show ke berbagai daerah dan menggelar berbagai event offline. Menurut Sano, hal tersebut sangat penting untuk membangun emotional bonding kepada konsumennya.

SEID, menurut dia, akan semakin fokus menggarap pasar televisi di Indonesia yang tingkat kepemilikannya masih kecilnamun memiliki peluang untuk tumbuh. Apalagi SHARP baaru menguasai 15 persen penjualan di segmen tersebut.

Untuk memperluas potensi pasar, SHARP tengah mencanangkan peluasan jaringan secara online. Bahkan melalui metode ini, SHARP optimis bisa merengkuh penjualan yang signifikan. Kita nantikan saja sepak terjang SHARP berikutnya.

 




X
Baca Juga