Headline

Fokus Tampilkan Inovasi di Ranah Digital, Bukalapak Gandeng 1 Juta UKM

Fokus Tampilkan Inovasi di Ranah Digital, Bukalapak Gandeng 1 Juta UKM
Ketarangan Gambar :  (Foto dok. Youtube- Illustrasi Bukalapak/bisnisupdate.com)

Salah satu e-commerce Indonesia, Bukalapak selalu fokus melakukan inovasi untuk mengembangkan UKM Indonesia agar tumbuh menjadi bisnis yang sukses. Tak ayal jika kini jumlah pelapak yang berkontribusi di Bukalapaksudah lebih dari 1.000.000 UKM.

Namun, untuk meraih hati customer, tentunya dibutuhkan strategi menarik agar Bukalapak tetap eksis ditengah persaingan era digital dan dapat memenuhi kepuasan customer dan dapat menguntungkan kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli.

Pihaknya mengakui jika strategi digital marketing adalah saluran yang efektif untuk merebut hati konsumen. “Seseorang menghabiskan beberapa jam mengakses internet melalui smartphone mereka, hal inilah yang menjadikan perlunya engagement dengan konsumen di saluran digital untuk meningkatkan dan menjaga awareness” ungkap Senior Brand & Comunication Manager Bukalapak, Oci Ambrosia.

Adapun, aktivitas digital yang selama ini dilakukan melalui EDM, sosial media dan blog. Melalui saluran-saluran tersebut pihaknya melakukan pemberitahuan soal promo yang berlangsung di Bukalapak, kuis, edukasi mengenai bagaimana menggunakan Bukalapak melalui sosial media, video dan blog, mengajak orang Indonesia juga untuk membuat ide kreatif seperti program Festival Iklan Bukalapak.

“Lewat program ini, kami mengajak insan kreatif Indonesia dimanapun mereka berada untuk bisa menjadi bagian dari Bukalapak, membantu merancang iklan kreatif Bukalapak agar masyarakat Indonesia mau berbelanja di UKM-UKM Bukalapak” ungkapnya.

Foto dok. Bisnisupdate.com- logo Bukalapak

Setiap aktifitas atau kampanye yang dilakukan, pihaknya selalu melakukan penetrasi menyeluruh atau 360 derajat supaya menyentuh semua target sasaran melalui berbagai channel dan penyesuaian konten. “Promosi yang kami lakukan melalui saluran digital marketing, ATL dan BTL, dan media. Promosi ini kami in line kan dari berbagai saluan yang ada, sehingga pesan promosi yang tersebar memiliki key message yang sama,” tuturnya.

Selain memaksimalkan dari strategi digital marketing, untuk memenangkan hati konsumen, inovasi dari berbagai lini haruslah dimaksimalkan. “Inovasi ini akan tetapi sesuai dengan brand DNA kami, sehingga kami menyajikan ke konsumen sesuai jalur yang ada akan tetapi dikemas secara inovatif dan kreatif,” tuturnya.

Oci mengungkapkan, inovasi yang dilakukan menyeluruh dari berbagai lini, mulai dari customer service, berupa layanan 24 jam terkait kebutuhan dan keluhan pengguna Bukalapak. Dari segi sales, pihaknya juga proaktif melakukan pendekatan dengan berbagai UKM yang tersebar di berbagai daerah untuk mengedukasi mereka bagaimana platform digital dapat menaikkan penjualan mereka.

Adapun, dari segi kenyamanan berbelanja Bukalapak menawarkan para pengguna Bukalapak keamanan dalam berbelanja seperti 100% uang kembali apabila terjadi masalah. “Dari segi produk yang kami tawarkan pun beragam. Dari segi marketing, kami berusaha membuat campaign-campaign unik, kreatif serta mengedukasi. Dari segi pelapak, kami berusaha mengeratkan satu sama lain melalui wadah komunitas pelapak, dimana para pelapak saling memberdayakan diri”, tandasnya.

Melalui berbagai inovasi, Bukalapak dapat berkembang hingga saat ini dan menjadi situs berbelanja online yang aman dan nyaman, baik bagi pembeli maupun penjual. Dengan ide dan kreativitasnya, Bukalapak berhasil meyakinkan masyarakat bahwa memiliki toko maupun berbelanja online memiliki banyak manfaat.




X
Baca Juga