Headline

Begini Cara Natur untuk Terus Eksis

Oleh :   Rabu, 18 Januari 2017   Viewer bisnisupdate.com  194 Hits
Begini Cara Natur untuk Terus Eksis
Ketarangan Gambar :  (Andi Haryadi, President Director PT. Gondowangi/Bisnisupdate.com)

Kehadiran Natur dalam industri Shampo pada pertengahan tahun 90an lalu bisa dibilang sebagai langkah yang cukup berani. Bagaimana tidak, saat sebagian besar produsen Shampoo menggunakan beragam bahan kimia sebagai komposisi utamanya, Natur justru menawarkan hal sebaliknya. Brand yang berdiri dibawah naungan PT. Gondowangi ini seakan hadir sebagai oase bagi siapapun yang menginginkan perawatan rambut secara alami.

Selain menawarkan komposisi alami, Natur juga membawa perbedaan lain. Mereka hadir dengan tagline mengatasi kerontokan rambut. Yang mana, di tahun 90an, masalah pada rambut hanya berkutat pada bagaimana cara menghilangkan ketombe. Karena apa yang mereka tawarkan termasuk hal yang baru, melakukan branding adalah cara agar produk mereka bisa dikenal oleh konsumen.

Terkait branding sendiri, Andi Haryadi, President Director PT. Gondowangi memiliki sekelumit cerita yang cukup unik. ‘Saat itu Natur baru berdiri terjun ke industry pada tahun 1997. Setahun kemudain,kita mulai menggencarkan promosi ke berbagai lini. Kebetulan pula, di tahun yang sama terjadi krisis moneter, yang mana hal tersebut membuat seluruh sector ekonomi mengencangkan ikat pinggang. Namun kita justru menggencarkan promosi yang cukup masif,” ujar Andi

Melalui promosi yang cukup berani itulah, nama Natur bisa cepat terkerek. Bahkan, sejak saat itu pula, Natur berhasil menjadi Top of Mind bagi konsumen yang ingin mendapatkan solusi atas kerontokan rambut mereka. Hal tersebut juga diakui melalui hasil riset oleh salah satu lembaga terkait pada tahun 2014 silam.

Saat ini, konsentrasi produk Natur tak hanya berfokus kepada Shampo saja. Mereka melebarkan market dengan menawarkan hair care solution. Produk mereka sendiri sudah mencapai 7 buah yang terdiri atas Shampo, kondisioner, hair tonic, hair mask, hair mist, hair nutrient, hair serum. Melalui berbagai varian ini, produk Natur bisa dengan mudah dijumpai di berbagai salon kecantikan. Hal ini bisa dibilang sebuah simbiosis yang cukup menguntungkan.

Meskipun keberadaan produk mereka di salon-salon kecantikan merupakan Nilai tambah, tetap saja target utama perusahaan yang sudah berdiri sejak 20 tahun silam ini bukanlah ke arah sana. Natur terus menggencarkan produk mereka ke berbagai wilayah Indonesia lewat jaringan distribusi yang cukup kuat. Untuk memaintain hal tersebut, mereka melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan distributor kenamaan. Melalui strategi tersebut, hampir semua produk Natur berada di seluruh wilayan Indonesia, meskipun baru mencapai daerah tingkat 1.

Maintain sosmed: Di luar pemasaran konvensional, Natur juga tak lupa untuk mengembangkan digital marketing yang mereka miliki. Menurut Andi, melakukan aktivasi lewat perangkat digital penting adanya. Karena konsumen sudah banyak mengarah kesana. Untuk itulah, per awal tahun 2016 kemarin, Natur mulai aktif menggencarkan campaign lewat dunia digital.

Apa saja yang mereka lakukan? Banyak hal. Salah satunya dengan memberikan tips bagaimana cara merawat rambut dengan seperti menyampo, menyisir rambut dan lain sebagainya. Mengapa? Menurut Andi, merawat rambut itu ada beberapa tata caranya. Namun karena kebiasaan, hal tersebut terabaikan. “Untuk itulah kami mencoba memperbaiki hal tersebut. Merawat rambut bukan masalah benar atau salah, tapi lebih kepada baik tau kurang baik, itu saja,” ujar Andi.

Ia juga menilai, memberikan edukasi seperti itu terhadap konsumen juga memberikan nilai tambah untuk brandnya. Selain memberikan edukasi, Natur juga kerap mengadakan gimmick seperti kuis berhadiah. Kedua hal tersebut, menurut Andi, dapat membuahkan engagement tersendiri.

Aktivasi Natur di sosial media juga berbuah manis tatkala mereka berhasil mendapatkan followes dengan jumlah yang cukup signifikan. Official Fan Page Facebook mereka sudah mencapai 49.000 lebih like dan 7000 lebih followers untuk instagram. Jumlah tersebut merupakan sebuah pencapaian yang sangat pesat mengingat mereka baru gencar memainkannya dalam kurun waktu setahun belakangan.

Kedepannya, Andi berharap brand besutannya dapat memberikan yang lebih baik lagi untuk konsumen, yakni dengan memeratakan peta distribusi agar produknya bisa mencakup seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Natur juga siap menggencarkan aktivasi di dunia figital lebih masif dari sebelumnya. Kita tunggu saja sepak terjang Natur berikutnya.




X
Baca Juga