Headline

Andalkan After Sales Service, Solid Terus Bangun Kepercayaan Konsumen

Oleh :   Rabu, 04 Januari 2017   Viewer bisnisupdate.com  411 Hits
Andalkan After Sales Service, Solid Terus Bangun Kepercayaan Konsumen
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Memberikan yang terbaik bagi konsumen adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh sebuah brand. Namun, jika memberikan edit value yang cukup signifikan bagi konsumen, hanya sedikit brand yang mampu melakukan hal tersebut. Solid adalah salah satunya, brand yang sudah eksis lebih dari lima puluh tahun ini kerap memberikan after sales service yang cukup membuat pelanggan puas. Seperti memberikan garansi 50 tahun sampai seumur hidup dan memberikan master key, satu kunci untuk banyak pintu kepada konsumen setianya.

Mengapa demikian? Ivan Widjaja, Retail Manager Solid mengungkapkan, pihaknya memang menginisiasi melakukan hal tersebut untuk membuat posisi brand step a head dibandingkan dengan kompetitor. Hal tersebut nyatanya juga memberikan direct impact bagi Solid sendiri. Banyak konsumen yang merasa terpuaskan dengan strategi yang diterapkan Solid tersebut.

“Kami melakukan garansi untuk setiap produk yang kami jual ke pasaran. Garansi tersebut berlaku untuk semua jenis kunci yang kami produksi, mulai dari harga terendah hingga yang tertinggi sekalipun,” ujar Ivan. Garansi yang diberikan solid juga berbuah manis dengan dinobatkannya brand mereka sebagai peraih Rekor Bisnis Indonesia (ReBI) sebagai perusahaan perlengkapan pintu dan jendela yang memberikan garansi terlama.

Tak berhenti sampai disana, pihaknya juga mengambil market menengah ke bawah sebagai segmentasi pasar yang dituju. Pasalnya, Solid sendiri memang lebih menjalankan marketing Below The Line (BTL). Artinya, mereka secara langsung harus bersentuhan langsung dengan konsumen. Tak dapat dipungkiri jika pasar middle memang cukup seksi untuk diselami brand apapun yang hendak memperkuat positioning brandnya.

“Dengan memainkan BTL, kita bisa langsung keep in touch dengna konsumen. Selain itu, produk kita memang langsung digunakan oleh konsumen. Mau mempromosikan seperti apapun, jika mereka tidak butuh kunci, mereka tidak akan beli,” tambah Ivan seraya tertawa.

Untuk memperkuat kegiatan BTL yang diusung brandnya, banyak hal yang Solid lakukan. Salah satunya dengan melakukan kegiatan interaktif, seperti kuis berhadiah dan berbagai gimmick yang mampu menarik perhatian konsumen.

Terkait inovasi, Solid tak banyak melakukannya. Menurut Ivan, produk yang jual brandnya memang masih konvensional. Sangat sedikit inovasi yang dilakukan oleh berbagai produsen kunci. “Saat ini memang sudah ada produsen yang menggunakan teknologi mutakhir untuk kunci seperti menggunakan digital lock lewat android, finger scan, iris scanner dan masih banyak lagi. Kita juga memilikinya dan sudah digunakan oleh kami pribadi. Kedepan, kami akan meluncurkan teknoloi kunci tersebut untuk umum. Untuk waktunya, kami masih merahasiakan hal tersebut,” imbuh Ivan.

Tak hanya berhasil mengakomodir sistem marketing, eksistensi Solid sebagai brand juga diakui oleh lembaga terkait. Di tahun 2016 lalu, Solid memenangkan penghargaan yang cukup prestis bagi setiap brand, yakni Top Brand Award. Awarding yang digagas oleh salah satu majalah bisnis Ibukota tersebut menobatkan Solid sebagai brand paling top untuk kategori kunci.

Kedepannya, Solid menargetkan untuk memperbaiki tone of value mereka yang sempat stagnan di tahun 2016 kemarin. “Kita optimis pertumbuhan akan bangkit di semester kedua tahun 2017,” tutur Ivan. Selain itu, Solid juga akan melebarkan sayap dengan menggunakan digital media untuk memperkuat awareness, engagement serta mempromosikan produk mereka kepada konsumen




X
Baca Juga