Business Knowledge

Satu Hal Rahasia yang Kebanyakan Anda Tidak ketahui Dibalik Suksesnya Suatu Brand

Satu Hal Rahasia yang Kebanyakan Anda Tidak ketahui Dibalik Suksesnya Suatu Brand
Ketarangan Gambar :  (Yusa Aziz, Chairman iCOACH/Bisnisupdate.com)

Oleh:Yusa Aziz

Banyak yang bertanya kepada saya, Coach Yusa Aziz, tentang bagaimana membangun Brand. Saya pernah mengadakan workshop tentang Brand ini, dan mungkin kalau schedule saya mengijinkan maka saya akan adakan sekali lagi workshop membangun Brand beserta studi kasusnya dan contoh-contoh brand yang berhasil.

Berikut beberapa tips umum dalam membangun Brand Anda:

  1. Pilih nama yang terdiri dari satu kata atau jikalau lebih dari satu kata, jadikan singkatan. Contoh: Federal Express menjadi FedEx, Bavarian Motor World menjadi BMW. Alasannya sederhana, lebih mudah diingat konsumen. Saya uji Anda, brand mana yang lebih banyak dingat, Toyota, Honda, BMW atau Range Rover?? Mercedez Benz belajar akan hal ini, itulah mengapa mereka menciptakan nama kecil atau panggilan, Mercy, untuk lebih mudah diingat.
  2. Siapa target market atau audience Anda? Sesuaikan dengan target market dan audience Anda!
  3. Pastikan Brand Anda menciptakan persepsi yang ingin Anda bangun. Setiap brand mempunyai logo dan motto khusus yang mengandung persepsi yang ingin dibangun.
  4. Browsing seluruh brand terkenal di dunia di semua jenis industri. Brand terkemuka dibangun berdasarkan konsistensi dan sudah lama. Tetapi itu persepsi umum. Yang tidak terpikirkan adalah Brand tersebut mempunyai jiwa dan berbicara langsung ke dalam Subconscious dan Personal Unconscious seseorang sehingga mempengaruhi dan menggeser perceived reality seseorang atau konsumen.

Nah, No 4 adalah satu hal yang jarang diketahui oleh umum bahkan oleh Praktisi Brand Builder sekalipun. Mengapa? Karena Brand tersebut dibuat dan dibangun berdasarkan Simbology yang terkandung dalam Dunia Collective Unconscious atau Archetypes atau Morphic Field yang langsung masuk dan diterima begitu saja, melewati dan menembus Critical Faculty dalam Brain Manusia.

Pelajari Brand-brand seperti Starbucks, McDonald dan bahkan Chase!

Starbucks terdiri dari dua kata: Star dan Bucks yang berarti bintang dan uang dollar. Warnanya pun hijau dan logonya pun adalah Mermaid bermahkotakan Bintang. Mermaid melambangkan kehidupan sekaligus lower being dari Venus, Goddess of Art & Fertility. Logonya pun berukuran dimensi Fibonacci atau Golden Ratio.

Lihat Chase dibawah ini.

Namanya saja sudah Chase yang berarti Mengejar dan logonya berbentuk uang Gobang berlubang ditengah yg didesain sedikit kotak. Ukurannya juga fibonacci atau Golden Ratio. Di Depan Bank tersebut terletak Patung Bull yg melambang lkam Taurus, zodiac yang melambangkan kemakmuran. Adanya perempuan yang dihampiri Cherubim alias Angel dibelakang Bull tersebut melambangkan fertility alias kesuburan.

Banyak yang tidak mengerti dan kebanyakan pebisnis membangun Brand hanya berdasarkan Conscious part atau Logic. Padahal yang berbicara banyak dan mempengaruhi manusia yang memandangnya adalah The Unconscious Part.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga