Business Knowledge

Sales Ngepet, Solusi Menjual yang Efektif, Efisien, dan Bernilai

Oleh :   Selasa, 16 Agustus 2016   Viewer bisnisupdate.com  1273 Hits
Sales Ngepet, Solusi Menjual yang Efektif, Efisien, dan Bernilai
Ketarangan Gambar :  (Ario rantau/bisnisupdate.com)

Sales merupakan pekerjaan dambaan bagi setiap orang yang menyukai tantangan. Masalahya, tidak banyak orang yang menyukai tantangan. Selain itu, sales adalah pekerjaan mulia, walaupun banyak yang merasa tidak ‘kuat’ dengan target yang dibebankan. Namun, bagi mereka yang ‘kuat’ secara mental, punya tekad yang kuat untuk merubah hidup, dan passion terhadap dunia menjual, maka sales adalah pekerjaan mulia, yang bisa menginspirasi, menggerakkan, dan merubah nasib banyak orang.

Ada beberapa tips untuk menjadi  sales yang sukses. Sesuai dengan apa yang dibahas dalam salah satu sub bab di buku saya yang berjudul “Sales Ngepet, Cara Kaya di Usia Muda”. Yang diterbitkan oleh Bisnis Update Publishing. Untuk menjadi sales yang sukses, seorang sales harus punya talenta sales dalam dirinya. Untuk mempunyai talenta sales, poin pertama yang wajib dimiliki oleh setiap sales adalah menyukai pekerjaan. Jika pekerjaan sales adalah mulia, maka mengapa kita gengsi untuk menjual lebih banyak kepada orang banyak.

Dan sales is a part of marketing, and marketing is not a sales. Sales adalah bagian dari marketing, dan marketing bukan melulu bicara sales. Inilah perbedaan yang sangat mencolok antara sales dan maketing. Maka jangan heran jika kemampuan menjual seorang sales lebih mumpuni ketimbang mereka yang ahli dalam bidang marketing. Marketing bicara soal konsep, sedangkan sales lebih menitikberatkan pada penjualan atau closing.

Seseorang yang menyukai pekerjaan sales akan bekerja lebih efektif. Punya motivasi yang besar untuk merubah dirinya menjadi pribadi pembelajar. Dan selalu menghargai setiap kesempatan yang menghampirinya dengan baik. Setiap penolakan dilaluinya dengan senyuman tulus, menjaga kenyamanan klien-kliennya dengan baik. Menjual adalah hobi memang tidak banyak dimiliki oleh orang, apalagi generasi muda Indonesia.

 Tren saat ini di berbagai kota besar, khususnya Jakarta, dari 10 lowongan pekerjaan yang tersedia, 8 sampai 9 adalah sales. Karena itu, jika Anda berasal dari keluarga pas-pasan, atau bagi yang ingin mengejar kekayaan dengan cepat, halal, dan berkah, menjadi sales adalah solusi. Tinggal perkuat motivasi Anda, dan teruslah mencintai pekerjaan sebagai sales. Maka kesuksesan berikutnya akan menghampiri Anda. Asal Anda yakin, semuanya pasti bisa.

Kedua, menjual nilai, bukan menjual produk. Sales yang hebat adalah sales yang mampu menjual nilai dan mengeksplorasi nilai-nilai yang lebih besar ketimbang produknya. Pengalaman saya di Progress Asia Group yang menjual voucher diskon wisata juga demikian.  Voucher yang berisi paket wisata dalam sebuah waterpark jauh dari nilai yang dibayarkan. Hal ini membuat konsumen untung dan merasa win atau menang bertransaksi dengan kita.

Sama halnya dengan brand-brand multinasional, Starbuck misalnya, yang menjual nilai dan atmosfir dengan sangat baik. Konsumen Starbuck membeli nilai, bukan produk kopi semata  yang mungkin bisa jadi lebih enak cita rasa kopi di tempat lain. Tetapi kemampuan Starbuck dalam mengedepankan nilai dari sebuah produk membuatnya bisa menjaring konsumen loyal lebih banyak. Inilah titik krusial yang seringkali tidak dimiliki oleh sales atau brand owners dalam menjual produknya.

Dalam bidang direct sales khususnya, kemampuan ini wajib dimiliki oleh setiap sales. Mengedepankan nilai dalam menjual memang tidak mudah. Butuh jam terbang, kemampuan analisa, dan kemauan untuk belajar lebih banyak untuk mengeksplorasi nilai produk. Karena jika nilai produk sudah mampu kita eksplorasi, maka disitulah kita mampu menarik keuntungan komersial menjadi lebih baik.    

Ketiga, jadilah sales ngepet.  Istilah ini memang saya mempopulerkan dan sudah saya tulis dalam sebuah buku yang bisa dibaca dan dipelajari oleh setiap sales. Saat ini buku tersebut tersebar di seluruh Toko Buku Gramedia. Sales Ngepet adalah pendekatan sales yang mengutamakan kegigihan, kejujuran, punya tekad  kuat untuk berubah dan maju.

Ngepet yang punya konotasi negatif saya ubah menjadi berkonotasi positif. Sales  yang sukses adalah sales yang punya jiwa dan pikiran positif, selalu menebar kebaikan, senyum tulus, dan mampu memberikan nilai terbaik bagi konsumennya. Hubungan baik, service yang excelence dalah seperangkat aksesoris bagi sales Ngepet untuk sukses dan  bisa menjual lebih banyak kepada orang banyak.

Menjadi Sales Ngepet adalah keharusan bagi setiap orang sales yang mau sukses dalam menjual, baik produk atau pun layanan.  

 Ario Rantau, CEO Progress Asia Group      

Tags

 
 
 



X
Baca Juga