Business Knowledge

Saatnya Mendigitalisasi Bisnis Anda

Oleh :   Rabu, 13 September 2017   Viewer bisnisupdate.com  66 Hits
Saatnya Mendigitalisasi Bisnis Anda
Ketarangan Gambar :  (Logo CMBC)

Perkembangan dunia digital sudah semakin cepat. Bahkan, kita telat sedikit saja mengantisipasinya akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis kita. Lalu, apa dampaknya pada strategis yang harus kita jalankan? Bagaimana kita bisa tetap survive dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan sistem digital untuk mendukung efisiensi dan efektivitas bisnis sehingga terciptanya profitabilitas bisnis yang sesuai dengan keinginan kita.

Banyak aspek dalam dunia usaha yang perlu diperhatikan untuk mendongkrak tercapainya efektivitas dalam menghasilkan profit. Aspek-aspek tersebut tidak hanya tertumpu pada aspek marketing saja, tetapi juga meliputi aspek lain yang terkait untuk saling mendukung tercapainya efektivitas dalam menghasilkan laba yang maksimal bagi perusahaan.

Bagian marketing sering kali disebut sebagai ujung tombak dari perusahaan yang menopang kelangsungan hidup sebuahperusahaan. Namun, aspek lainnya jarang diperhatikan, disentuh, dan dioptimalkan peran dan eksistensi secara maksimal.

Hemat saya, sesuai dengan data dan pengalaman menangani berbagai klien dalam membantu menerapkan sistem dan pola kerja beberapa perusahaan, menyiratkan bahwa kelangsungan hidup sebuah perusahaan tidak selalu bergantung pada aspek marketing semata. Berbagai aspek lain yang terkait seperti Service, finance, operasional, dan R&D pun sangat mendukung bagian marketing dalam mencari omzet untuk perusahaan.

Bagian pembelian, misalnya juga turut mendukung untuk mendapatkan bahan baku maupun stok barang dengan harga minim dan terjangkau.Bagian gudang, juga sangat berperan dalam mengatur ketersediaan barang dalam pengadaan barang yang akan dijual, bagian keuangan pun ikut andil dalam mengatur pembayaran dan cashflow perusahaan.

Finance Departement akan selalu memikirkan kesehatan keuangan perusahaan agar dapat seimbang dalam segala sisi, dan juga sebagai aspek penilaian untuk pengambilan langkah maupun kebijakan yang bersifat strategis.

Keseluruhan aspek yang tadi saya sebutkan dapat turut didukung oleh suatu system yang saling terintegrasi, dengan tujuanuntuk memudahkan pekerjaan dan menyatukan seluruh bagian agar dapat efektif dalam mendukung jalannya sebuah bisnis atau usaha.

Ukuran efektivitas dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut : Data dan Laporan serta observasi Lapangan . Kedua bagian ini tidak terpisahkan, Jika ada bagian data yang tidak tidak sejalan dengan hasil di lapangan maupun sebaliknya, hasil di Lapangan tidak tercermin di Laporan dan data yang diberikan. Maka perusahaan sudah dibilang tidak efektif, tentu nya akan berdampak pada Perusahaan dalam menghasilkan laba.

Karena itu, menerapkan sistem informasi teknologi yang terintegrasi dalam mengelola perusahaan akan memudahkan setiap pengusaha atau manajemen dalam sebuah perusahaan tersebut untuk berlari secara optimal mengejar pertumbuhan pendapatan secara terstruktur dan sistematis.

Jika perusahaan Anda sudah tidak memiliki daya saing dan inovasi, serta banyak sekali hal-hal di lapangan yang sudah tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan, maka marilah para pengusaha dan pimpinan perusahaan untuk mulai menata kembali perusahaan dan meluruskan visi dan misi serta mengubah budaya perusahaan menjadi lebih smart dan dinamis. Segera ambil tindakan, dan lakukan langkah kecil transformasi yang sederhana dan mulai merubah mind set untuk terus berbenah demi membaiknya kondisi perusahaan. Selamat Mencoba!!!

Yulianawati Darsono, Managing Partner

CBMC – CENTER FOR BUSINESS AND MANAGEMENT CONSULTING

Jika ada Pertanyaan kirim email di bawah ini :

EMAIL : yulianawati.darsono@gmail.com

Tags

 
 
 



X
Baca Juga