Business Knowledge

Pentingnya Marketing Public Relations

Oleh :   Rabu, 31 Mei 2017   Viewer bisnisupdate.com  323 Hits
Pentingnya Marketing Public Relations
Ketarangan Gambar :  (Prita Kemal Gani /Bisnisupdate.com)

Banyak kajian menunjukkan MPR seakan menjadi solusi atas makin mahalnya biaya promosi dan kurangnya kemampuan persuasi. Selain itu, terbentuknya MPR dilatarbelakangi oleh perubahan pola perilaku konsumen serta loyalitas terhadap brand sejalan dengan semakin banyak pilihan produk.

Kegiatan MPR sendiri mulai dikenal pada 1930-an di Amerika. Edward Bernays, yang dikenal sebagai bapak PR modern, tercatat sebagai orang yang paling sukses menciptakan berbagai program MPR. Namun, konsep MPR justru dicetuskan pertama kali oleh Thomas L. Haris dalam bukunya, Marketer’s Guide to Public Relations. Dalam buku ini, Harris menegaskan, MPR merupakan proses perencanaan dan evaluasi program-program yang merasang pembelian dan kepuasaan konsumen. Kepuasan konsumen terjadi dengan adanya komunikasi dan penyebaran informasi melalui kesan-kesan yang mengubungkan telah sesuai kebutuhan, keinginan, dan kepentingan para konsumen.

Secara konseptual, MPR berperan dalam pencapaian tujuan-tujuan organisasi, seperti menumbuhkan awareness konsumen terhadap produk yang diluncurkan. Selain itu, MPR membangun kesadaran konsumen terhadap citra perusahaan dan manfaat (benefit) atas produk yang ditawarkan. MPR juga berperan mendorong antusiasme melalui suatu artikel sponsor tentang kegunaan dan manfaat suatu produk.

Kegiatan MPR ikut menekan biaya promosi iklan komersial, baik di media elektronik maupun cetak. MPR juga dapat meningkatkan pelayanan-pelayanan kepada konsumen, termasuk upaya mengatasi keluhan-keluhan demi tercapainya kepuasaan pelanggan. Tak jarang MPR turut membantu mengampanyekan peluncuran produk-produk baru, sekaligus merencakan perubahan posisi produk lama.

Dengan mengomunikasikan aktivitas dan program kerja terus menerus melalui MPR, akan tercapai publikasi positif di mata masyarakat dan publik. Dengan demikian, melalui kegiatan MPR juga dapat membina dan mempertahankan citra perusahaan, dan produknya.

Dalam kaitan dengan kegiatan pemasaran, aktivitas MPR mampu membangun daya tarik pasar sebelum munculnya periklanan di media. MPR juga dapat mendorong program komunikasi jika tidak ada iklan. Pemberitaan sebuah produk baru merupakan suatu peluang bagi para MPR untuk mendapatkan publisitas produk tersebut. Dengan demikian, MPR pada hakikatnya tidak mengesampingkan, justru mem[erkuat kegiatan pemasaran.

Keberhasilan pelaksanaan kegiatan MPR hanya dapat diperoleh melalui serangkaian tahapan, yaitu: penelitian, membentuk tujuan pemasaran, menetapkan khalayak sasaran, memilih pesan dan alat PR, mengimplementasikan rencana PR, serta mengevaluasi hasil. Seluruh tahapan ini menjadi rangkaian aktivitas yang perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga