Business Knowledge

Menakar Pentingnya Hubungan Marketing Public Relation dan Konsumen

Oleh :   Jumat, 07 Juli 2017   Viewer bisnisupdate.com  206 Hits
Menakar Pentingnya Hubungan Marketing Public Relation dan Konsumen
Ketarangan Gambar :  (Owner LSPR Prita Kemal Gani)

Banyak orang berpendapat, hubungan Marketing Public Relation (MPR) dan konsumen hanya sebatas transaksi sebuah produk. Kenyataanya tak demikian. Untuk membuat konsumen memahami manfaat strategis, seorang MPR haruslah melakukan komunikasi yang intens dan berpengaruh terhadap konsumennya. Melalui komunikasi tersebut, konsumen akan emnyadari value added yang dihasilkan dari sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu, komunikasi juga memiliki arti penting untuk menjalin relasi dalam jangka panjang.

Dengan demikian, sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah produk haruslah memperhatikan kualitas barang yang mereka hasilkan. Karena jika tidak, komunikasi yang dijalankan seorang MPR akan terasa sia-sia. Oleh karena itu, konteks MPR dalam berkomunikasi dengan konsumen haruslah berlandaskan dengan kejujuran, akurat, serta yang terpenting, tak melanggar etika.

Terkait dengan poin di atas, berkembanglah kajian MPR. Kegiatan MPR merupakan suatu proses yang terdiri atas perencanaan, implementasi dan evaluasi program. Ketiga proses tersebut nantinya akan mengarahkan pembelian konsumen melalui komunikasi yang dipercaya serta mampu menarik minat khususnya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta kehendak dan perrhatian dalam mengembangkan produk.

Disini, seorang MPR dituntut harus mampu memberikan informasi kepada menajemen demi menghasilkan produk maupun jasa yang berkualitas serta tak melanggar etika bisnis. Dalam hal ini, seorang MPR haruslah mampu memberikan feedback maupun rekomendasi terhadap tim produksi atas produk yang dikehendakinya.

Teks: Prita Kemal Gani

Tags

 
 
 



X
Baca Juga