Business Knowledge

Memacu Spirit Inovasi Brand & Bisnis Melalui Penghargaan Pertama Di Indonesia

Oleh :   Senin, 05 Juni 2017   Viewer bisnisupdate.com  379 Hits
Memacu Spirit Inovasi Brand & Bisnis Melalui Penghargaan Pertama Di Indonesia
Ketarangan Gambar :  (Chairman Tras N Co Research, Tri Raharjo)

Melihat kompetisi bisnis yang semakin hyper kompetitif, diperlukan langkah terobosan yang dapat membuat bisnis lebih maju dan step a head dari kompetitor. Berbagai cara pun ditempuh untuk menjadi terdepan di kategori bisnis dan industrinya.

Banyak pelaku bisnis yang berinovasi dan berupaya untuk menjadi terdepan, pertama, dan satu-satunya di kategiri bisnisnya, dengan harapan market akan berpihak kepada produk atau jasa dan layanannya. Semua itu adalah faktor pemantik dari panasnya tensi kompetisi sebuah bisnis.

Prestasi atas inovasi dan invensi yang dilakukan pelaku bisnis seharusnya menjadi entry point untuk memenangkan persaingan, mengakuisisi konsumen baru, dan memperbesar market share di industri. Hal ini tak bisa dipungkiri dan sudah lumrah adanya.

Karena itu, Kami di Tras N Co Research melihat fenomena di atas merupakan sesuatu yang positif untuk kita tingkatkan lagi. Sehingga kompetisi menjadi semakin baik, tidak lagi hanya pada kondisi perang harga, tetapi sudah berperang pada tataran value added atau competitive advantage dari sebuah produk atau layanan. Sehingga emotional bonding konsumen akan didapat dan mereka pun memutuskan membeli produk kita bukan lagi pada functional benefit semata, tetapi sudah masuk di level emotional benefit dan prestige.

Atas kondisi tersebut, Tras N Co Research meluncurkan sebuah penghagaan untuk memotivasi dan memacu tumbuhnya spirit inovasi dan invensi pada pemilik atau pengelola bisnis yang ada di Indonesia. Pertama Di Indonesia, merupakan sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas sebuah prestasi inovasi dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk/jasa perusahaan dan menjadi pioner di kategori bisnisnya

PERTAMA DI INDONESIA, diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan Metodologi Penilaian yaitu: The First Aspect, Evidence Aspect & Validation Aspect.

Penghargaan Pertama Di Indonesia ini mengggunakan dua pendekatan. Pertama, berdasarkan riset atau survei. Kedua, berdasarkan pendaftaran atau aplikasi,merek atau perusahaan bisa melakukan pendaftaran dengan menandatangani form pernyataan dan melampirkan bukti-bukti yang mendukung klaimnya dengan lengkap. Kami akan mengecek kembali terkait dengan validitas sebuah data. Jika sudah lengkap dan kami verifikasi data tersebut, ternyata benar dan bisa dipertanggungjawaban, maka merek atau perusahaan tersebut layak diberikan Penghargaan Pertama Di Indonesia. Pada setiap kali survei, jumlah perusahaan yang tersurvei dan terpilih sebanyak 100 perusahaan.

Mengapa Penghargaan Pertama Di Indonesia Penting Diikuti?

Ketika sebuah perusahaan atau brand yang pertama hadir di Indonesia, baik sebagai inovasi atau invensi, mereka punya competitive advantage dan mereka mengklaim dirinya sebagai pionir atau yang pertama, the first di kategorinya bisnis dan industrinya. Yang lain adalah follower, dan yang mereka punya kemampuan mengeluarkan produk atau jasa dan layanan yang pertama pasti punya kans besar untuk jadi market leader dan mereka punya kesempatan untuk tumbuh lebih besar di kategori klaim yang dia pegang.

Dari sisi customer, costumer akan lebih mudah mengenali merek yang meraih Pertama Di Indonesia, dilihat dari logo di packagingnya, atau materi promosi di offline channel atau digital channel, logo tersebut merupakan sebuah marketing tools yang menarik untuk digunakan di semua promotion tools yang lain. Ketika logo tersebut disematkan, akan sangat mempermudah tingkat penjualan produk atau jasa di pasar.

Saya kira yang sudah dirasakan berdampak langsung adalah soal Public Relation effect, Pertama Di Indonesia mempunyai news value yang menarik di mata media. Publikasi Pertama Di Indonesia bisa menjadi daya ungkit untuk dorong brand awarness dan brand image di mata masyarakat karena punya news value tinggi. Itu yang mulai dirasakan oleh merek-merek peraih Pertama Di Indonesia. Secara PR Publikasi, dan brand image cukup membantu meningkatkan brand equity sebuah merek di Indonesia.

Tak salah jika inovasi sudah menjadi kebutuhan bagi banyak perusahaan saat ini. Dalam satu tahun mereka sudah membuat planning terkait dengan inovasi apa yang akan mereka keluarkan tahun depan, dan bisa meningkatkan daya beli terhadap produknya. Bagaimana inovasi dan invensi bisa me-lavarage volume transaksi perusahaannya secara tepat. Hal itu pula yang membuat banyak perusahaan menyisihkan bajet yang cukup besar untuk memperkuat kompetensi bisnisnya melalui inovasi dan invensi yang dilakukan. Maka, teruslah berinovasi agar brand atau perusahaan Anda jadi pemenang atau market leader di industrinya.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga