Business Knowledge

Kolaborasi Harus Dilakukan agar Sukses di Era Digital

Oleh :   Senin, 11 April 2016   Viewer bisnisupdate.com  270 Hits
Kolaborasi Harus Dilakukan agar Sukses di Era Digital
Ketarangan Gambar :  (CEO ActionCOACH Indonesia dan Founder/Owner KelolaDigital Inc. Ari Nugrahanto/Dokumen Pribadi)

Suatu kebiasaan kerap berubah mengikuti zaman. Begitu pula cara berpikir dan bertindak dalam mengembangkan bisnis, di setiap dekade pastilah berbeda-beda. Dan saat ini, kita bisa dikatakan sudah memasuki era teknologi digital. Bergerak dan berpikir dengan penetrasi yang cepat dan optimal sudah jadi tuntutan. Lalu, bagaimana dengan para pengusaha di Indonesia? Sudahkah pengusaha Indonesia dapat bergerak dan berpikir optimal sebagaimana seharusnya di era digital saat ini?

CEO ActionCOACH Indonesia dan Founder/Owner KelolaDigital Inc. Ari Nugrahanto menyampaikan pendapatnya tentang hal itu. Menurutnya, ada dua sisi menarik yang bisa dilihat di Indonesia: di sisi pertama ada pemilik bisnis yang sudah mau optimal, tetapi di sisi lain infrastruktur di Indonesia belum bisa dikatakan optimal. Namun, pria yang akrab disapa Coach Ari ini menuturkan optimismenya ke depan. “Saya optimis kalau ke depan Indonesia akan lebih baik dalam swasembada digital,” katanya.

Dan sebab kita sudah memasuki era digital, ditambah bergulirnya MEA (Masyarakat EKonomi ASEAN), maka Coach Ari mewanti-wanti agar para pengusaha atau entrepreneur Indonesia segera menghilangkan pola pikir yang membuat mereka justru stagnan, yakni semua dapat dikerjakan sendiri.

“Di era MEA ada satu kata kunci yang saya kasih, yaitu kolaborasi. Jadi jangan selalu bicara semua bisa saya kerjakan sendiri. Sudah saatnya kita berkolaborasi dengan semua kalangan yang mempunyai expertise yang kita butuhkan,” tukasnya.

“Contoh, saya punya Kelola Digital. Kenapa saya hadir? Karena saya melihat sudah saatnya pemilik bisnis itu tidak terjebak dalam segi teknis. Karena mereka juga harus menghabiskan waktu untuk memikirkan strategi digital,” sambung Coach Ari.

Dan hal yang paling mungkin terjadi menurut Coach Ari apabila pemilik bisnis terjebak dalam segi teknis maupun strategi adalah digital stuck. Artinya, semua aset digital yang dimiliki mereka hanya menjadi pajangan belaka.

“Makanya, kalai kita berpikir praktis, maka kita bisa berkolaborasi. Saya bisa bantu mereka untuk mengelola aset digital mereka. Paling gampang kami mengelola website dan media sosial mereka. Sehingga si pemilik bisnis bisa lebih berkonsentrasi dalam hal strategis. Sementara yang kami lakukan hal teknis,” jelas Coach Ari. Dengan begitu, tambahnya, mereka bisa lebih cepat maju.

Kolaborasi juga bisa dilakukan dengan membentuk atau mengikuti komunitas bagi sesama entrepreneur di Indonesia. Sudah saatnya para entrepreneur di Indonesia saling bersatu agar dapat saling berkolaborasi, bukan lagi saling berkompetisi.

“Intinya, tinggal bagaimana semua pemilik bisnis atau entrepreneur kita. Bagaimana kita bisa menjalani bisnis secara sustain, itu harus berkolaborasi. Itu kata kuncinya. Kalau kita sendiri maka tidak akan bisa (bersaing),” tandas pria yang baru saja dianugerahi Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2016 ini.

Rahardian Shandy




X
Baca Juga