Business Knowledge

Inilah Alasan Perusahaan Perlu Membuat Strategi Digital Marketing

Oleh :   Selasa, 01 November 2016   Viewer bisnisupdate.com  306 Hits
Inilah Alasan Perusahaan Perlu Membuat Strategi Digital Marketing
Ketarangan Gambar :  (Foto dok. Ciu Heny Meiria/bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Menghadapi era digitalisasi sangatlah perlu menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Menurut, pakar marketing global, Seth Godin, strategi digital marketing  merupakan  salah satu channel  dari  Marketing Strategy

Sebuah perusahaan harus mengubah strategi marketingnya tidak hanya berpaku lagi dengan cara konvensional tetapi wajib memanfaatkan media digital untuk memasarkan produknya agar bisa tetap bersaing dan eksis di pasaran lantaran masyarakat saat ini berkoneksi dengan internet dan sosial media.

Saat ini media digital menjadi salah satu media yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan juga dalam membina hubungan dengan targetnya atau konsumennya.

Berbagai media digital marketing yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial (twitter, FB, Path, Instagram dan lainnya), Youtube, Website dan lainnya.  Akan tetapi, perusahaan perlu mencermati bahwa dengan kemudahan menggunakan media digital dalam melakukan strategi marketing terutama promosi , maka ada banyak sekali jenis promosi melalui media digital dari seluruh dunia yang di-launch oleh perusahaan, baik kecil maupun besar sehingga membuat konsumen jadi bingung.

Setiap perusahaan dituntut untuk membuat strategi digital marketing. tentunya dengan tampilan inovatif dan kreatif. Semakin beda dan unik suatu strategi marketing, maka akan semakin memudahkan konsumen untuk mengingat perbedaan tersebut. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak kesulitan lagi saat mencari informasi dan transaksi via media digital, karena mereka telah mengingat perbedaan itu lebih dulu.

“Gunakanlah strategi digital marketing yang dinamis dimana artinya perusahaan harus konsisten melakukan inovasi strategi digital marketing yang berkelanjutan” ungkap Staf Profesional, Kepala Departemen Kelompok Keahlian Pemasaran, PPM Manajemen, Ciu Heny Meiria.

Martinus menambahkan, saat ini sudah tidak relevan jika perusahaan hanya menerapkan strategi marketing secara konvensional saja. Sebab, melalui digitalisasi, pesaing menawarkan jasa yang lebih unggul kepada konsumen sehingga memberikan mereka keuntungan baik dari sisi waktu, kemudahan dan kenyaman saat memesan jasa dan harga yang relatif murah saat membeli jasa tersebut.

Salah satu brand yang eksis hingga saat ini walaupun menghadapi gempuran yang sengit dari kompetitor adalah Aqua. Produk Aqua sudah ada sejak tahun 1973 dan hingga saat ini masih menjadi market leader untuk produk air mineral. Selain inovativ, Aqua juga menerapkan strategi digital marketing. Mereka memanfaatkan internet melalui media social maupun channel digital lainnya (FB, Instagram, Twitter) dalam melakukan promosi dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumennya.

 

 

 

Tags

 
 
 



X
Baca Juga